TURBO INTERCOOLER

APA ITU TURBO?
Turbocharger (turbo) adalah komponen tambahan untuk meningkatkan tenaga mesin tanpa memperbesar volume silinder (cc)mesin.Turbo memanfaatkan tenaga putaran yang dihasilkan oleh gas buang untuk mensuplai udara lebih banyak kedalam silinder

BAGAIMANA CARA KERJA TURBO?
Pada turbo terdapat sebatang sumbu yang pada tiap diujungnya terdapat kipas (pinwheel) yang keduanya terletak di ruang yang berbeda.Kipas pertama disebut turbin wheel di tempatkan pada saluran exhaust manifold yang akan berputar bilamana gas buang melaluinya.Pada putaran ini akan memutar keseluruhan batang sumbu berikut kipas kedua (disebut blower impeller) yang berada diujung lainnya.Blower impeller diletakkan pada saluran udara masuk ke mesin (inteke manifold) dimana ketika berputar akan mendorong udara masuk kedalam mesin.Turbo akan efektif saat exhaust manifold telah mencapai tekanan yang cukup untuk memutar turbine wheel

MENGAPA TURBO BERMANFAAT
Karena biasanya mesin yang harus bekerja menghisap udara.Dengan kata lain,pada saat intake valve terbuka,pergerakan turun piston akan menciptakan ruang vakum pada silinder sehingga udara luar terhisap kedalamnya.Dengan adanya turbo,tekanan udara pada inteke manìfold menjadi tinggi.Maka ketika intek manifold menjadi tinggi.maka ketika intek valve terbuka,udara akan masuk lebih banyak dan lebih cepat kedalan ruang bakar.Hal inilah yang akan membuat pembakaran lebih sempurna dan efisien

MENGAPA INTERCOOLER DIPERLUKAN?
Pada saat didorong masuk oleh turbo,tekanan udara akan meningkat,demikian pula dengan suhunya.utk mesin,pemanasan udara masuk ini berdampak buruk.Pertama,menaikan temperatur ruang bakar.Kedua,panas akan membuat udara memuai sehingga kerapatan udara berkurang.Disinilah intercooler dibutuhkan sebagai penyeimbang.intercooler ialah pelepas panas,semacam radiator namun bukan untuk mendinginkan engine coolant,melainkan mendinginkan udara masul yang melaluinya.Dengan menurunnya suhu yang masuk ke mesin ini ada dua manfaat yang di peroleh: temperatur ruang bakar yang rendah dan kerapatan udara yang meningkat,jadi volume udara dapat masuk lebih banyak kedalam silinder

MENGAPA WASTEGATE VALVE DIPERLUKAN?
Jika gas buang bertambah maka putaran turbine wheel menjadi lebih cepat,menyebabkan jumplah udara yang dihisap dan didorong oleh blower impeller kedalam intek manifold pun bertambah banyak,bahkan dapat berlebih.untuk mengantisipasi kerusakan yg diakibatkan dr hal ini sistim turbo memiliki wastegat valve













http://tofixishino.blogspot.com/2008/11/turbo-intercooler.html

Tentang Saya ( FREDI GOLAN, Senior BC )

Saya adalah salah seorang anggota kehormatan HINO team dan juga seorang Senior Business Consultant ( JURAGAN HINO )dari perusahaan authorized dealer besar HINO ini. Kami besar karena banyak para investor yang memberi kepercayaan kepada kami sebagai sahabat kerjanya.

Saya seorang lulusan sarjana manajemen dari universitas negeri dengan predikat yang boleh dikatakan sangat sangat baik. Namun saya sadar itu bukanlah sesuatu ukuran, namun saya harus mempertanggungjawabkannya dan harus terus mengembangkan pengetahuan yang sudah ada menjadi lebih memiliki taste dan value.

Memiliki pengalaman kerja mulai dari business consultant di perusahaan trading komoditi, salesman parfum, salesman sepeda motor hingga menjadi marketing konsultan di kontraktor alat2 berat perusahaan asing, merupakan hanya sesuatu bekal pengalaman yang masih perlu terus dieksplorasi secara terus menerus dan lebih serius.

Sekarang saya masih belajar memahami industri truk dan industrinya dengan segala dinamikanya. Industri truk sangat menarik untuk dimengerti dan tantangan untuk menyajikannya menjadi sebuah solusi bagi pemenuhan kebutuhan industri yang pasti pas bagi para investor khususnya. Peranan truk sebagai alat transpotasi adalah memegang peranan penting dalam memajukan pemerataan distribusi pembangunan ekonomi secara umumnya. Ada sebuah prediksi trend dari Pemberton, pada masa 2020 kedepan, Indonesia merupakan sebuah "tambang emas" bagi para investor manacanegara (sewaktu mengikuti dalam konferensi otomotif sedunia).

0 comments:

Post a Comment

Blog ini di jual senilai 300k.. minat hub 08562954111

Best Artikel

Blog Archive

Powered by Blogger.