Moto GP

GP 600 Cc Gantikan 250 Cc pada 2011

LE MANS - Perubahan besar akan terjadi dalam grand prix motor. Kelas 250 cc yang selama ini menggunakan mesin dua langkah (two stroke) akan digantikan dengan mesin empat langkah pada musim 2011.

Meski baru diimplementasikan tiga tahun mendatang, perubahan itu akan mulai disosialisasikan di sela-sela GP Prancis. Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, akan memberikan proposal perubahan tersebut kepada masing-masing tim pada Sabtu (17/5) besok pukul 12.15 waktu setempat. Sebagaimana dilaporkan Motorcycle News, kemungkinan besar kelas 250 cc bermesin dua langkah akan digantikan kelas 600 cc bermesin empat langkah.

Berikutnya, pembahasan lanjutan akan dilakukan pada GP Catalunya awal bulan depan. Dalam jeda itu, IRTA (asosiasi tim balap internasional) dan pabrikan diberi kesempatan menentukan sikap untuk dibawa dalam pertemuan kedua.

"Proposal tersebut akan diberikan oleh Dorna kepada Komisi Grand Prix. Berikutnya, IRTA dan asosiasi pabrikan akan melakukan voting dalam pertemuan berikutnya," papar bos IRTA Mike Trimby.

Jika disetujui, kebijakan baru itu bisa menjadi perubahan besar ketiga dalam tujuh tahun terakhir. Perubahan besar pertama adalah likuidasi mesin 500 cc dua langkah dari kelas utama yang digantikan mesin 999 cc empat langkah pada 2002.

Menurut Trimby, penerapan kebijakan baru tersebut bisa saja dipercepat. Jika penerimaan dari masing-masing tim baik, bisa saja diterapkan setahun lebih cepat. "Rancangan awal memang diterapkan pada 2011. Namun, hal itu bisa diterapkan pada 2010 jika diterima dengan baik," lanjutnya. (ady/ang)

sumber : Jawa Post Online

0 comments:

Post a Comment

Blog ini di jual senilai 300k.. minat hub 08562954111

Best Artikel

Blog Archive

Powered by Blogger.