Tama EV bisa disebut sebagai pionir mobil listrik di Jepang. Mobil listrik Tama EV ini hadir pada tahun 1947. Kelahirannya lebih dikarenakan aksi pembatasan pasokan BBM oleh pihak sekutu kepada Jepang sebagai negara yang kalah perang. Dengan munculnya kendaraan listrik saat ini banyak dibicarakan, orang mungkin berpikir bahwa pembuat mobil listrik baru dimulai satu dekade lalu. Mungkin Anda harus berpikir lagi. Generasi awal dari Nissan Leaf, Tama EV, yang produsen mobil telah dipulihkan. Dibuat pada tahun 1947 atau hanya beberapa tahun setelah Jepang dikalahkan oleh pasukan Sekutu di Perang Dunia II, Tama EV adalah hasil dari keputusasaan masyarakat untuk menciptakan sebuah kendaraan yang tidak bergantung pada bensin. Selama waktu itu, pasukan Sekutu yang mengendalikan industri otomotif serta suplai bensin. Jadi insinyur di Nissan Motor dan Pangeran Bermotor (sebelumnya dikenal sebagai Tachikawa Airplane) memutuskan untuk mengembangkan sebuah kendaraan tertentu yang sesuai dengan situasi saat itu. Mereka melihat listrik yang melimpah terutama di pegunungan di mana pembangkit listrik dan pembangkit listrik hidro-listrik yang beroperasi. Mereka akhirnya memutuskan untuk mengembangkan sebuah kendaraan yang berjalan pada listrik - yang mengakibatkan penciptaan Tama EV.
|
Tama EV 1947. Majalah Otomotif Online | Tama EV, Mobil Listrik Era Perang Dunia II. |
Tama EV 1947. |
Tama EV 1947 Nenek Moyang Nissan Leaf Pada 1947 muncul Nissan
Tama EV (electric vehicle) yang lahir akibat tentara sekutu berupaya membatasi pasokan bensin ke negeri Matahari Terbit tersebut sebagai konsekuensi negara yang kalah perang. Ini adalah mobil dua pintu bertenaga baterai lead-acid yang dikembangkan pada pasca perang oleh insinyur pesawat terbang dari perusahaan Tachikawa Airplane Company. Perusahaan tersebut akhirnya berganti nama menjadi Tokyo Electric Motorcar Co.
Perusahaan tersebut kembali berubah menjadi Prince Motor Company dan kemudian bergabung dengan Nissan, yang membuat mobil listrik Tama, walaupun tidak terlalu kuat, benar-benar menjadi bagian dari warisan kendaraan listrik Nissan.
Saat pengujian oleh Kementerian Trasportasi Jepang,
Tama EV berhasil menjelajah sejauh 96,3 km untuk sekali 'charge' dengan kecepatan maksimal 35,4 km/jam menggunakan motor bertegangan 36 Volt. Salah satu yang diwariskan oleh Tama adalah kap mesin bukaan depan seperti mulut buaya yang tidak umum pada saat itu, namun saat ini di anut oleh hampir semua jenis mobil.
www.metrotvnews.com
0 comments:
Post a Comment