IDLE DROP PROCEDURE (PROSEDUR PENURUNAN PUTARAN STASIONER)
Sebagai catatan bahwa:
- Air screw telah disetel awal di pabrik dan tidak diperlukan penyetelan kecuali apabila karburator dibongkar atau air screw diganti.
- Lakukan penyetelan dalam kondisi mesin sudah panas.
- Jalankan sepedamotor selama 10 menit atau secukupnya kemudian lakukan penyetelan.
- Gunakan tachometer dengan satuan skala 50 min-1 (rpm) atau lebih kecil yang dapat memperlihatkan dengan akurat perubahan sebesar 50 min-1 (rpm).
Berikut ini adalah tips panduan penyetelannya;
- Putar air screw (sekrup udara) searah jarum jam, sampai duduk dengan ringan. Kemudian putar kembali sesuai spesi?kasi.
PERHATIAN:
Jika air screw dikencangkan dengan keras terhadap dudukannya, dapat menyebabkan kerusakan pada dudukan air screw.
Ini adalah penyetelan awal sebelum penyetelan akhir air screw.
PEMBUKAAN AWAL: 1-5/8 putaran keluar
- Panaskan mesin sampai suhu operasi normal.
- Matikan mesin dan hubungkan tachometer, sesuai dengan petunjuk pabrik pembuatnya.
- Lepaskan selang vacuum dari PAIR control valve, kemudian hubungkan dengan vacuum pump. Tutup lubang hampa udara (vacuum port) pada inlet pipe (manipol).
- Terapkan nilai tekanan ke vakuman pada PAIR control valve vacuum hose lebih dari 66,7 kPa (500 mmHg)
- Hidupkan mesin dan setel putaran stasioner dengan throttle stop screw (sekrup penahan skep).
PUTARAN STASIONER SEMENTARA: 1.400 ± 100 min-1 (rpm)
- Putar air screw masuk atau keluar dengan pelan untuk mendapatkan putaran mesin tertinggi.
- Dengan ringan buka putaran gas tangan 2 atau 3 kali, kemudian setel putaran stasioner dengan throttle stop screw.
- Putar air screw keluar hingga putaran mesin menurun.
- Putar kembali air screw searah jarum jam untuk mendapatkan pembukaan akhir dari posisi optimal di langkah 9.
PEMBUKAAN AKHIR: 1-5/8 putaran keluar.
- Lepaskan tutup dari vacuum port. Kemudian lepaskan vacuum pump dan hubungkan selang vacuum PAIR control valve ke vacuum port.
- Setel kembali putaran stasioner dengan throttle stop screw (sekrup penahan skep).
PUTARAN STASIONER: 1.400 ± 100 min-1 (rpm)
Langkah terakhir adalah pasang kembali penutup sebelah kiri main pipe dan selesai
0 comments:
Post a Comment