Saya memiliki motor matik, dan saya rasa pengguna motor matik juga mengalami hal yang sama yaitu konsumsi BBM -nya dirasa cukup boros. Adakah tips tips agar motor saya makin irit BBM ?
Itulah salah satu dari puluhan pertanyaan yang masuk ke redaksi detikOto yang menanyakan soal konsumsi motor tanpa gigi ini. Memang sejak pertama kali kemunculannya, skuter bertransmisi otomatis alias skutik selalu dianggap lebih boros dari pada motor-motor bertransmisi manual seperti motor bebek atau sport.
Namun sebenarnya ada berbagai cara untuk membuat skutik kita makin efisien meminum bahan bakar. Misalnya saja dengan cara mempraktekkan cara berkendara yang benar.
“Faktor yang paling utama irit bbm atau borosnya sebuah motor itu paling besar ditentukan oleh pengendaranya sendiri,” ujar Nur Alamsyah dari Ahass Cinere di Astra Honda Training Centre (AHTC), Sunter, Jakarta.
Lebih lanjut mekanik muda yang masuk dalam sepuluh besar Honda Indonesian Technical Skill Contest 2010 ini menuturkan kalau perilaku berkendara harus dijaga bila ingin konsumsi BBM skutik makin irit bbm.
“Jangan langsung geber saja, tapi coba diurut pelan-pelan kalau di jalan dan jaga kecepatan konstan di 30-60 km/jam, itu kecepatan paling efektif membakar bensin,” imbuhnya.
Selain itu membuat sebuah skutik menjadi irit bbm bisa juga diakali dengan mengganti settingan pilot jet dan main jet yang ada di karburator. “Ganti keduanya sama ukuran yang lebih kecil, setting juga anginnya di settingan kering,” tandasnya.
Atau cara paling mudah adalah menggunakan bahan bakar beroktan tinggi. Sebab prinsip dasar membuat konsumsi bahan bakar jadi irit itu adalah dengan menjadikan pembakaran motor maksimal dan sempurna, maka itu pemakaian bahan bakar beroktan tinggi cukup direkomendasikan.
“Karena kalau oktannya rendah sementara kompresi motor besar maka akan terjadi pembakaran awal yang bikin pembakaran jadi malah tidak sempurna,” paparnya.
“Nah bila masalah-masalah teknis tadi sudah dilakukan, balik lagi ke orangnya, benar enggak cara bawa motor nya,” pungkas Alamsyah.
TRIK IRIT MOTOR METIC
Labels:
MOTOR OTOMOTIF
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment