Satu lagi motor sport yang akan keluar dalam pekan-pekan mendatang, BAJAJ XCD 125 DTS-SI (Digital Twin Spark - Swirl induction) yang mesinnya dirancang menyeluruh oleh bagian R and D bajaj Auto. Motor ini mengusung tema fitur seperti motor 150 CC, Performa motor 125 CC, dan Efesiensi BBM layaknya motor 100 CC. SUngguh tiga fitur yang sangat dibutuhkan, terutama saat krisis energi seperti saat ini. Mari kita membahas Tema EXCEED 125 ini.
Fitur Motor 150 CC
Motor ini memiliki beberapa fitur yang biasanya dibenamkan pada motor top end 150 CC seperti :
- Speedometer Digital
- Lampu stoplap dengan teknologi LED
- Headlamp dengan lampu dengan pengarah twin prismatic
- Sensor kecepatan ban yang non contack sehingga akan Less maintenance.
- Sistem listrik DC
- Pnutup Rantai ban dengan peredam suara
Performa Motor 125 CC
Torsi XCD 125 yang sebesar 10.85 Nm cukup besar dan didapat pada RPM yang rendah yakni 5000 RPM membuatnya Motor bertenaga dan memungkinkan kita jarang melakukan pemindahan gear bahkan saat pemakaian pada kecepatan rendah. Performa ini diklaim sesuai dengan pemakaian perkotaan yang LALIN nya lebih bersifat stop and go. Powernya sih biasa-biasa saja yakni 9,5 Daya Kuda pada 7000 RPM.
Efesian BBM layaknya Motor 100 CC
Teknologi Digital Twin Spark - Swirl induction merupakan pengembangan dari Teknologi DTS-I yang dicangkokkan pada kakak kandungnya Bajaj 180 dan 200 CC. DTS SI, dengan perbedaan terletak pada perubahan posisi terminal inlet dan outlet sehingga dihasilkan induksi perputaran (swirl induction) yang lebih besar yang diharapkan menghasilkan pekngkabutan campuran Udara-BM yang lebih efesien. Ditambah lagi sistem busi kembar dan mokroprosesor yang bekerja terus menerus megatur timing pembakaran berdasarkan kecepatan dan beban yang dirasakan sensor, sehingga menjadikan pembakaran yang Optimal dan ramah lingkungan. Klaim bajaj India motor ini memiliki efesiensi yang cukup mencengankan 109 kilometer per liter… what a bike
Spesifikasi Bajaj XCD 125 :
Engine/Tranmission
Type: Four-stroke, natural air-cooled
Jumlah silinder: 1
Bore: 54 mm
Stroke: 54.4 mm
Displacement: 124.58 cc
Compression: 9.5:1
Idling speed: 1400 rpm
Maximum power: 9.53 bhp @ 7000 rpm (Bajaj converts PS to bhp at 1:1)
Maximum torque: 1.1 kgm@5000 rpm
Ignition system: Microprocessor controlled, digital CDI with TRICS in Carburettor
Ignition timing: Variable timing with multiple maps
BBM : Bensin, 87 RON minimum
Spark plug: #2 Champion RG4HC
Lubrication: Wet sump, forced
Clutch: Tipe Basah, multi-disc type
Transmission: 4-speed (all-down) constant mesh
SASIS
Type: Single down tube with engine as stressed member. Square section tubes
SUSPENSI
Depan: Telescopic (125mm travel)
Belakang: Swing arm with 5-step adjustable shock with dual SNS spring (105 mm travel)
REM : 130 mm drum type
BAN : 2.75-17 (front), 3.00-17 (rear)
Dimensions
Panjang: 1980 mm
Lebar: 760 mm
Tingg: 1200 mm
Jarak sumbu ban: 1275 mm
Ground clearance: 170 mm
Radius putar: 1990 mm
Berat: 112 kg
Performance Max speed: 90 kph
Gambar2 : www.bajajauto.com, www.xbhp.com, Forum KHTI
sumber : ninja250r.wordpress.com
0 comments:
Post a Comment