Mengapa airbag pada mobil tidak mengembang saat terjadi kecelakaan?

Airbag
Mengenal Sistem Kerja Airbag

Fitur pengaman kantung udara merupakan peranti penting pada mobil saat ini. Kini di Indonesia mobil berharga mulai Rp 165 jutaan pun sudah mendapatkannya. Bagaimana sistem kerjanya dan apa yang menyebabkan airbag tidak mengembang?

Airbag yang selalu mengembang ketika mobil terjadi kecelakaan diakui mampu menghindari cedera serius pada si pengendara atau penumpang. Saat ini beberapa mobil dilengkapi dengan sistem kantung udara depan dan curtain shield (airbag samping di pilar). Tapi tahukah Anda jika peranti tersebut ternyata tidak selalu mengembang begitu mobil mengalami kecelakaan, alias perlu 'syarat dan ketentuan' yang menentukan kapan airbag itu harus mengembang. Jadi jangan kira airbag akan selalu mengembang.

Biasanya fitur tersebut memang akan mengembang jika mobil mengalami tabrakan dari depan. Soalnya sensor airbag yaitu akselerometer tepat berada di depan. Alat tersebut sangat sensitif dan bakal mengukur seberapa besar benturan dari depan. Namun sebaliknya jika mobil terjadi tabrak dari belakang, airbag tidak akan mengembang.

Selain itu yang membuat dual airbag tidak mengembang adalah ketika mobil terguling. Karena terguling besar kemungkinan dual airbag (kantung udara untuk di depan penumpang dan pengemudi) tidak akan mengembang karena sensor di depan tidak dapat melacak terjadinya kecelakaan.

Sementara itu airbag curtain shield dapat tidak mengembang jika kendaraan tertabrak dari samping pada sudut tertentu (seperti terjadi tabrakan di ban depan atau ban belakang). Faktor lainnya yang membuat airbag curtain shield tidak mengembung adalah tabrakan dari belakang, dan jika kendaraan terlibat kecelakaan keras pada kecepatan rendah. Sebab sensor curtain airbag (airbag samping) hanya membaca pergerakan pas di samping mobil dan bukan samping belakang mobil.

Untuk memastikan kerja airbag tetap sempurna, Anda harus menghubungi diler mobil terdekat. Pastikan jika fitur airbag Anda bekerja dengan baik. Dan jangan lupa tetap gunakan seat belt.

oto.detik.com

» Read More...

Jaguar E-Type, mobil klasik yang paling dicari di seluruh dunia

Jaguar E-Type Eagle Speedster
Jaguar E-Type Eagle Speedster Klasik nan Cantik

Ketika pertama kali diperkenalkan pada 1961, kehadiran Jaguar E-Type sangat mengguncang dunia. Dan bahkan hingga saat ini, ia tetap menjadi salah satu mobil yang paling dicari di seluruh dunia. Tampilannya yang cantik membuatnya selalu menjadi pusat perhatian.

Sejak tahun 1982, sebuah bengkel khusus Eagle Engineering di Inggris telah bekerja tanpa kenal lelah untuk merestorasi dan meng-update E-Type klasik agar berfungsi dengan baik dan bisa dijalankan di dunia modern. Proyek terbarunya adalah Eagle Speedster.

Eagle Speedster dibangun di atas basis bodi asli E-Type tahun 1963 dengan sebagian besar panel-panelnya diberi sentuhan ulang sehingga nampak lebih ramping. Setelah itu mereka menyisipkan mesin custom 6 silinder 4.7 liter bersama transmisi manual 5-speed yang sesuai plus suspensi dan rem baru.

Sejatinya Eagle Speedster ini merupakan pesanan satu-satunya untuk Dr Rick Velaj dari Connecticut. Begitu Speedster #001 diperkenalkan di Salon Prive 2009, membuat dunia langsung kepincut melihat sosoknya yang begitu cantik memukau.

Baru-baru ini, Eagle merilis foto-foto baru Speedster kreasi baru mereka dengan latar belakang perbukitan di kawasan Selatan Prancis. Ia dilabur cat berwarna Hitam Cognac. Ini adalah Eagle Speedster kedua di dunia yang katanya memiliki banderol harga sekitar US$500.000 (sekitar Rp4,7 miliar) untuk bisa memilikinya.

www.mediaindonesia.com

» Read More...

Mengapa produsen mobil Ford batal bangun pabrik di Indonesia?

Pabrik Mobil Ford
Ini Alasan Ford (Dulu) Batal Bikin Pabrik di Indonesia

Salah satu produsen mobil top Amerika Serikat, Ford ternyata pernah berniat membangun pabrik di Indonesia di era tahun 90-an. Namun karena proses penyusunan kebijakan industri otomotif oleh pemerintah pada waktu itu membuat rencana pembangunan pabrik pabrik Ford di Indonesia gagal. Hal tersebut diungkapkan oleh Managing Director PT Ford Motor Indonesia Bagus Susanto di sela-sela test drive All New Focus di Krabi, Thailand, Selasa (10/7/2012). "Ford Motor Co pernah ingin membangun pabrik di Indonesia pada 1996. Tapi karena suatu kebijakan pemerintah yang saat itu memilih mobil Timor, maka kita (Ford) tidak jadi," kata Bagus.

Padahal saat itu lanjut Bagus, Ford benar-benar tertarik membangun pabrik di Indonesia. Ford menilai hanya ada 2 negara di ASEAN yang berpotensi untuk menanamkan investasi yaitu Thailand dan Indonesia. "Sejak 1996 sudah ada rencana bangun pabrik di Indonesia. Ford merencanakan mendirikan pabrik di 2 negara di ASEAN waktu tahun 1996 yaitu Thailand dan Indonesia. Tapi karena ada Timor, Ford tidak jadi. Pemerintah keukeuh masukin Timor, itu policy mereka dan akhirnya Timor mati," ujarnya.

Waktu pun berjalan, dan Ford pun tak ingin masih ada yang mengganjal laju percepatan industri otomotifnya di ASEAN. Maka dari itu Ford pun berinvestasi dan mendirikan pabrik Filipina. "Dan pada akhirnya Ford bangun pabrik di Filipina. Tapi mau tutup akhir 2012 karena segala komponen didatangkan dari Thailand dan itu berat. Sampai sekarang pun belum tahu mau pindah kemana," papar Bagus.

Lalu sejak gagalnya Ford saat itu, produsen asal AS itu pun kini belum lagi tertarik mencoba bangun pabrik di Indonesia. Pemerintah Indonesia pun hingga tidak pernah mengajak Ford agar menanamkan investasinya dengan membangun pabrik di Indonesia.

Ketika disinggung tentang kedatangan President Ford ASEAN Peter Fleet ke Indonesia pada akhir 2011, Bagus menjelaskan itu bukan membahas pembangunan pabrik di Indonesia. Dia hanya membicarakan 8 model global dalam 5 tahun mendatang untuk pasar mobil Indonesia. "Tidak sampai kesitu, hanya bicara soal 8 model terbaru dalam 5 tahun ke depan," tutupnya.

oto.detik.com

» Read More...

3 model skuter Honda dikembangkan jadi lebih bertenaga dan hemat BBM

Honda Aviator
Generasi Baru Skuter Honda Bakal Lebih Irit

Memimpin pasar skuter di India, tak membuat Honda Motor & Scooter India yang merupakan agen resmi pemegang merek Honda di negeri Hidustan itu langsung berpuas diri.

Kerasnya persaingan dari kompetitor membuat produsen berlambang sayap ini, terus melakukan inovasi dalam mengembangkan produknya. Salah satunya menyiapkan generasi baru skuter di 2014 mendatang.

Dilansir Motorbeam, Senin 9 Juli 2012, di India, Honda memiliki tiga jagoan skuter, yakni Activa, Dio dan Aviator. Ketiganya bakal diperbaharui dari berbagai sektor, terutama di platform yang ditujukan untuk meningkatkan dinamika skuter tersebut.

Perubahan juga dilakukan sektor jantung pacu yang diklaimnya akan jauh lebih bertenaga dan irit bahan bakar. Fiturnya pun ditingkatkan untuk tetap mempertahankan image skuter Honda yang selalu ada di segmen menengah ke atas.

Honda juga tengah mengembangkan skuter berkapasitas 125 cc yang diambil dari platform Aviator. Skuter ini disiapkan untuk bersaing dengan Suzuki, Vespa dan Mahindra yang juga memiliki pangsa pasar yang besar di India.

otomotif.news.viva.co.id

» Read More...

Yamaha Jupiter Z1, pakai mesin injeksi dan tampilan berbeda

Yamaha Jupiter Z1
Fitur Baru Yamaha Jupiter Z Injeksi

Makin tergerusnya pasar motor bebek nasional tidak menyurutkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk menghadirkan varian bebek anyar berteknologi injeksi, Jupiter Z1. Tak cuma dilengkapi mesin injeksi, motor yang akan diperkenalkan pada Selasa 9 Juli 2012 di sirkuit sentul, Jawa Barat, ini juga memiliki tampilan baru yang lebih menawan.

Yamaha Jupiter Z1 mengaplikasikan sistem injeksi, namun ditengarai agak berbeda dari YMJET-FI yang ada pada Mio J dan Soul GT. Mesin Jupiter Z1 tetap menggunakan piston tempa (forged piston), namun kepala silindernya tidak ber-Diasil (Die Aluminum Silicon).

Selain mesin, perubahan juga terjadi pada bodi depan dan leg shield (sayap samping) yang sedikit lebih mirip Jupiter MX. Desain lampu sein juga dibuat lebih ramping, kemudian panel speedometer diberi sentuhan aura baru agar terlihat sporty.

Jupiter Z1 hadir dengan striping sporty dan memliki lima pilihan warna, yakni hitam, biru, merah, hijau dan putih. Mengenai harga, Jupiter Z1 diprediksi akan mengalami sedikit kenaikan dari model sebelumnya, yang berada diharga Rp14 jutaan. Kemungkinan harga dari Jupiter Z1 berkisar Rp15 jutaan.

Saat ini, Jupiter Z memberikan kontribusi terbesar nomor dua dalam hal penjualan di kelas bebek Yamaha. Selama April 2012 lalu, motor yang kerap dipakai untuk ajang balap ini terjual sebanyak 12.969 unit.

Yamaha Jupiter pertama muncul tahun 2000, dengan mengandalkan mesin 110 cc. Tiga tahun kemudian, Yamaha melakukan penyegaran desain dan penambahan kode "Z" di nama belakangnya. Selanjutnya pada 2009, lahirlah generasi ketiga Jupiter Z dengan konsep baru yang mengusung mesin 115 cc.

Penerapan atau migrasi ke teknologi injeksi memang menjadi suatu keharusan dari setiap produsen sepeda motor Indonesia. Sebab, Indonesia akan menerapkan emisi gas buang euro 3 pada 2014.

otomotif.news.viva.co.id

» Read More...

Mobil Ford Focus terbaru akan segera meluncur di Indonesia

Ford All New Focus 2012
Ini Dia Tampang Paling Anyar Ford Focus

Model terbaru Ford Focus akan segera mengaspal di Indonesia dalam waktu dekat. Dari sisi tampilan, All New Focus sangat jauh berbeda dengan Focus saat ini. Mulai dari headlamp, grille, semua berubah.

Focus terbaru ini tidak hanya bermodal tampang, berbagai fitur cerdas juga bakal tersemat seperti parking assist, voice command serta fitur pintar Microsoft Sync/Ford Sync (fitur yang dapat membaca SMS) dan fitur lainnya. Tapi PT Ford Motor Indonesia (FMI) tidak serta merta mencangkokkan segala fitur pada All New Focus untuk pasar Indonesia. FMI akan memilah-milah fitur mana yang pantas untuk konsumennya.

Dan saat ini FMI tengah melakukan studi terkait fitur-fitur pada All New Focus yang akan segera dipasarkan di Indonesia. "Kita sedang pelajari fitur mana yang cocok untuk konsumen kita. Soalnya ada model Focus sedan dan hatchback. Sampai saat ini belum diputuskan, nanti setelah Thailand baru kita," papar Chief Sales Operation, Gumgum Prijadi.

Bila dilihat peta penjualan mobil di Indonesia, para penggila otomotif di dalam negeri umumnya mencari mobil terbaik kaya fitur. Nah, PT FMI pun mengetahui hal tersebut, karenanya FMI pun tidak ingin dianggap gagal dalam penyediaan kendaraan.

Terlebih lanjut Gumgum pasar sedan di Indonesia relatif kecil. Ia pun menilai penjualan All New Focus akan digenjot lewat model hatchback. "Kita harus melihat berbagai macam kondisi. Untuk sedan saja di Indonesia relatif kecil, paling rata-rata hanya 500 unit saja. Paling model hatchback," pungkas Gumgum.

Seperti apa ketangguhan yang dimiliki sedan Ford Focus paling anyar ini? Tunggu saja!

oto.detik.com

» Read More...

Agar sepeda motor matik bisa hemat BBM

Honda PCX 125
Mau Irit Motor Matiknya, Ikuti Petunjuk Ini

Sepeda motor matik terkenal karena tinggal membentot grip gas. Namun, anggapan boros juga tidak lekang di benak sebagian pemiliknya. Untuk itu, Handy Hariko selaku Senior Manager Tech Training Dept PT Astra Honda Motor punya trik-trik sederhana untuk mengatasinya.

1. Jangan panaskan mesin lama-lama
Memanaskan mesin sebenarnya sama saja membuang bahan bakar dalam kondisi kendaraan tidak digunakan. Tiga menit sudah cukup. Bahkan Handy berujar bahwa mesin zaman sekarang sebenarnya tidak perlu dipanas-panaskan. "Tujuan memanaskan mesin itu zaman dulu untuk mengalirkan oli karena bentuk mesin tegak. Sekarang mesin sudah rebah, dan oli ukuran sekarang rata-rata 10/30 sehingga kita jangan khawatir akan mengental jika tidak dipakai," urainya.

2. Ikuti irama mesin, jangan gas tiba-tiba
Ini biasanya terjadi karena kita tidak sabar. Rasanya, misalnya, ingin lekas-lekas menggeber gas selepas lampu merah. Padahal, akan lebih hemat jika tuas digas seirama atau perlahan-lahan sesuai tarikan mesin.

3. Perawatan mesin
Ini mengapa bengkel resmi menetapkan batas khusus kapan pengguna, khususnya sepeda motor matik, harus servis rutin (2.000 cc-2.500 cc). Jika kerja karburator, oli, dan lainnya baik, maka tarikan pada mesin pun tidak berat sehingga pengguna tidak merasa sepeda motornya kurang tenaga. Alih-alih memilih memuntir tuas gas lebih jauh dan alhasil muntahan bensin lebih banyak.

4. Rajin periksa tekanan angin ban
Jika ban kurang angin, otomatis gerak motor jadi lebih berat. Ini sama halnya dengan mesin yang tidak terawat dan membuat pengendara senewen ingin terus gas penuh karena merasa tenaga mesin kurang mantap.

otomotif.kompas.com

» Read More...

Blog ini di jual senilai 300k.. minat hub 08562954111

Best Artikel

Blog Archive

Powered by Blogger.