Touring Tiger Pecahkan Rekor MURI

INILAH.COM, Jakarta- PT Astra Honda Motor (AHM) agen tunggal pemegang merek (atpm) sepeda motor Honda pekan lalu Sabtu (15/11), menggelar touring sang legendaris Honda Tiger bertajuk Honda Tiger Wing Day Touring 2008 - Road to Legend dengan Honda Tiger Club Indonesia (HTCI).
Komunitas Honda Tiger di Indonesia saat ini merupakan komunitas terbesar dengan anggota yang loyal, solid dan cukup disegani. Tercatat sudah lebih dari ±150 komunitas Honda Tiger dengan total sekitar 23.000 orang anggota di seluruh Indonesia, menjadikan Honda Tiger sebagai sepeda motor terpopuler di kelasnya dan menjadi impian masyarakat Indonesia dalam kurun waktu 15 tahun ini.

Sedangkan anggota Honda Tiger Club Indonesia (HTCI) sendiri, saat ini tercatat sebanyak ±100 klub Honda Tiger dengan total jumlah anggota lebih dari 10.000 orang yang tersebar di Indonesia.
Acara touring yang pertama kali diselenggarakan oleh HTCI dan bekerjasama dengan AHM ini dilepas oleh Marketing Director AHM Takashi Nakamura dan pejabat Muspida Tasikmalaya, diikuti oleh seluruh club Honda Tiger yang tergabung dalam Honda Tiger Club Indonesia (HTCI) yang datang dari berbagai daerah, mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Papua dengan jumlah peserta kurang lebih 2.000 unit sepeda motor Honda Tiger.
Pada kesempatan ini sekaligus akan dilakukan pemecahan Rekor MURI untuk kategori Orkestra Musik dari Suara Sepeda Motor pertama dan terbanyak yang diikuti oleh para peserta pengendara sepeda motor Honda Tiger anggota HTCI.
Acara yang merupakan ajang silahturahmi akbar ke-1 bagi anggota klub Honda Tiger yang tergabung dalam Honda Tiger Club Indonesia (HTCI) ini selain bertujuan untuk mempererat jaringan dengan masyarakat, ATPM dan instansi pemerintahan, juga diselenggarakan untuk memperkenalkan sosok baru Ultimate Male Bike, New Honda Tiger Revolution Cruiser 2008.
Dengan slogan “Legendary Ride, New Spirit”, New Honda Tiger Revolution Cruiser 2008 merupakan sepeda motor sport terobosan baru, mengaplikasikan konsep desain inovatif tren sepeda motor besar Eropa dengan performa penjelajah segala medan. Desain dan konsep ini menjadikan New Honda Tiger Revolution Cruiser trendsetter sepeda motor sport di kelasnya diciptakan bagi kalangan pemerhati trend dunia, suka tantangan dan berani tampil beda.
New Honda Tiger Revolution Cruiser 2008 yang memiliki kemampuan jelajah optimal di segala medan, serta didukung oleh mesin tangguh dan teruji dengan kapasitas 200 cc, 4 tak dan 6 speed dan dilengkapi dengan SASS (Secondary Air Supply System) yang memenuhi standard Euro 2 dan ramah lingkungan. [O1]

oleh Augusta B Sirait (INILAH.COM)

» Read More...

Otomotif Terimbas Krisis

INILAH.COM, Detroit – Kawasan Amerika Utara, yang juga mencakup Amerika Serikat, selama ini merupakan lahan yang menjanjikan dolar bagi para produsen otomotif, terutama dari Jepang dan Korea Selatan. Namun, pasar terbesar itu kini mulai redup dengan kian banyaknya mobil 'nongkrong' di ruang pajang. Apa yang sebenarnya terjadi?
Selama Februari, hampir semua produsen mobil mengalami penurunan penjualan. Banyak produk mereka tak dilirik konsumen dan hanya menghuni ruang pajang. Para tenaga pemasar tak lagi sibuk melayani konsumen yang ingin melakukan uji kendara (test drive). Mereka justru sibuk mencari strategi agar mobil-mobil itu segera bisa diboyong ke garasi para konsumen.

Kesuraman tak hanya menggelayuti pabrikan-pabrikan AS, tapi juga menyasar produsen raksasa Jepang sekelas Toyota. Jika sampai Toyota juga terimbas kemerosotan penjualan, berarti masalahnya sangat pelik.Kondisi ini juga tak hanya dialami industri otomotif, tapi juga pasar-pasar industri lainnya. Ini semua karena krisis kredit perumahan berisiko tinggi (subprime mortgage) yang menghancurkan industri perbankan dan keuangan di perekonomian terbesar sejagad itu.

Dengan ketatnya kredit, konsumen tak berani lagi menyambangi ruang pamer mobil. Mereka hanya bisa ngiler melihat mobil-mobil baru dari balik kaca show room.Pabrikan mobil terbesar dunia, General Motors (GM), selama Februari hanya mampu menjual 268.737 unit kendaraan. Ini berarti turun 12,9% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Nasib yang sama juga dialami Toyota, Ford, dan Chrysler.
Tapi yang aneh, kelesuan penjualan mobil ternyata tak menyambangi dua pabrikan besar Jepang, Honda dan Nissan. Produsen nomor dua dan tiga Jepang ini mengklaim meraih peningkatan penjualan dibanding Februari 2007.

Pusat Data Berita Otomotif melaporkan, pasar mobil baru di AS masih mengalami tekanan awal tahun ini. Dibanding pencapaian penjualan Februari tahun lalu, pasar AS yang sepanjang bulan lalu mencatat volume penjualan 1,17 juta unit, atau rontok 6,3%. Bahkan jumlah akumulasi penjualan Januari dan Februari 2008 yang hanya mencatat angka 2,22 juta unit ikut turun 5,4% dibanding periode yang sama 2007.

"Februari menjadi masa yang berat bagi seluruh industri di Amerika Serikat,” ucap Wakil Presiden Penjualan, Pelayanan, dan Pemasaran GM, Mark LaNave.

Di antara pabrikan yang tertekan selama Februari tahun ini adalah Toyota, yang penjualannya merosot 2,8% dibanding bulan yang sama tahun lalu. Toyota yang pada Februari 2008 menjual 187.330 unit, bulan lalu hanya melego 182.169 unit (turun 5.161 unit).
Setali tiga uang dengan Toyota adalah Chrysler. Pabrikan yang kini giat mengincar mitra dari India itu menderita penurunan 14% dibanding Februari 2007. Bulan lalu Chrysler hanya melego 150.093 unit, sementara Januari 174.506 unit.Pabrikan nomor dua terbesar di AS, Ford, juga bernasib sial. Di tengah
isu tenaga kerja yang masih akan terus mengganggu, Ford mengalami penurunan penjualan 6,7% pada Februari lalu dibanding 2007, atau hanya terjual 196.060 unit. Menurut Ford, ini dampak dari pengurangan jumlah armada sebesar 20% oleh perusahaan penyewaan kendaraan.

Kendati menderita penurunan, namun penjualan Ford bulan lalu mencatat sejarah tersendiri di AS. Untuk pertama kali sejak Juni 2007 penjualan Ford berada di atas Toyota, atau kedua setelah GM. Ini berkat larisnya sedan hatchback Focus yang mengalami pertumbuhan 10,6% dibanding bulan yang sama 2007.

Honda memiliki nasib berbeda. Dalam dua bulan pertama 2008, pabrikan raksasa Jepang yang banyak menghasilkan mobil tak haus bensin ini mencatat kenaikan penjualan 1,5% dari periode yang sama 2007. Pada Februari 2008, Honda meraih penjualan 115.397 unit. Ini naik 4,9% dari bulan yang sama tahun lalu, yang melego 110.026 unit.

Kendati terjadi penurunan penjualan 0,8% pada divisi mobil mewah mereka, Acura, Honda mampu menaikkan penjualan 1,9% untuk kategori truk ringan. Perusahaan yang dipimpin Takeo Fukui ini juga pantas berterimakasih pada Fit/Jazz, Pilot, dan CR-V, yang berkontribusi besar pada peningkatan penjualan.

Kinerja apik juga dialami Nissan, yang tahun ini menargetkan masuk tiga besar penjualan di dunia. Dibanding Februari tahun lalu, perolehan penjualannya tercatat 86.219 unit selama bulan kedua tahun ini, atau naik 1,2%.

Adalah SUV Murano terbaru yang mendominasi catatan prestasi Nissan bulan lalu. Nissan mengatakan telah menjual 10.074 unit Murano sepanjang bulan lalu. Sementara sedan Versa, Altima, dan Maxima, mengalami pertumbuhan penjualan 15,4%.Para pemain di 'papan tengah', seperti Mazda dan Suzuki, juga meraih peningkatan penjualan sepanjang Februari dibanding tahun lalu. Suzuki mencatat peningkatan 2,5%, sementara Mazda 6,7%.
Dengan belum jelasnya masa depan perekonomian AS, yang juga terimbas oleh tingginya harga minyak dan lemahnya mata uang dolar AS, kemungkinan besar para pemasar mobil masih akan gigit jari menunggu konsumen yang tak kunjung datang. [P1]

sumber : INILAH.COM

» Read More...

Solusi Bila Motor Mogok di Jalan

Pertama, lakukan pengecekan terhadap aliran bahan bakar. Periksalah indikator bahan bakar, apakah panel pada huruf F (Full/ Penuh) atau E (Empty/ Kosong).Pada beberapa motor yang memakai kran bensin, coba perhatikan apakah berada di posisi ON, OFF atau Ress. Bila posisi On tiba-tiba mogok, maka masih ada cadangan bensin di dalam tangki bahan bakar. Disarankan, para biker segera memutar kran pada posisi Ress. Biasanya pada motor sejenis Honda Tiger, masih menyisakan 2 - 3 liter bensin. Lumayan kan untuk mencari pom bensin terdekat. Apabila kran sudah di posisi RESS tetapi mesin motor kemudian mati, bisa dipastikan bahwa sudah tidak ada lagi bahan bakar di dalam tangki. Bila bahan bakar masih ada dan mesin masih juga tidak mau hidup, ada baiknya kita periksa selang bensin yang menuju ke karburator. Sebab, seringkali alirannya tersumbat karena tangki bensin kotor.


Kedua, kalau bahan bakar tidak bermasalah, coba periksa sistem pengapiannya. Seringkali Busi menjadi prioritas utama penyebab mesin ngadat. Caranya, lepas busi dari rumahnya yang terdapat pada silinder head dengan menggunakan kunci busi.Bila terdapat kerak hitam pada kepala busi, itu tandanya akibat pembakaran yang kurang sempurna. Bisa juga karena setelan angin kurang pas. Cara mengatasinya, bersihkanlah kepala busi dengan ampelas halus yang memiliki kekasaran kurang lebih 400-600. Jika perlu bersihkan bagian dalamnya dengan menggunakan peniti. Cek kondisi elektrikal busi dengan memasukkan kembali ke dalam kop. Lalu tempelkan busi ke body mesin sambil di stater.Lihatlah dengan seksama, apakah percikan api normal atau telalu kecil. Atau bahkan malah tidak ada. Bila percikannya terlalu kecil, cobalah ganti dengan busi cadangan. Sebelum busi dipasang kembali, buang gas bensin pada silinder head dengan cara menutup lubang busi dengan kain lalu coba di stater.Lakukan 3 sampai 4 kali stater. Pasang kembali busi pada rumahnya lalu coba hidupkan mesinnya. Di samping delapan langkah sederhana untuk mengatasi motor mogok di atas, alat pendukung juga harus tersedia seperti kunci busi, kunci pas, obeng, ampelas halus, peniti, dan jangan lupa selalu sedia busi cadangan. Tapi bila semua itu sudah dilakukan mesin tetap tak mau hidup, maka segera saja cari bengkel terdekat.


Sumber: http://www.suzuki-thunder.net

» Read More...

Jadwal MotoGP 2009

PARIS, KAMIS - Walau seri 2008 MotoGP baru saja berakhir, namun kalender / jadwal MotoGP 2009 sudah diumumkan meski kemungkinan nantinya ada perubahan. Dan apa salahnya kita lebih tahu duluan dan siap-siap untuk lebih memperhatikan gosip para penunggang akan berpindah.
Berdasarkan jadwal sementara yang dikeluarkan pada Kamis (30/10), ada nama baru yang masuk di dalam kalender tersebut, yakni Sirkuit Lake Balaton di Hongaria. Trek yang menghabiskan dana 80 juta euro (sekitar Rp 1,119 triliun) itu akan menggantikan GP China. Dan para pembalap akan berlaga di sana pada bulan September 2009.

Sirkuit baru di Hongaria itu berlokasi dekat Savoly, 180 kilometer dari Budapest (ibukota Hongaria). Letaknya dekat dengan Danau Balaton yang merupakan tempat untuk rekreasi. (MG/LOU)

Berikut kalender MotoGP musim 2009:

Tanggal Negara

12 April Losail, Qatar (balapan malam)
26 April Motegi, Jepang
3 Mei Jerez, Spanyol
17 Mei Le Mans, Perancis
31 Mei Mugello, Italia
14 Juni Barcelona, Catalunya
27 Juni Assen, Belanda
5 Juli Laguan Seca, Amerika Serikat (hanya MotoGP)
19 Juli Sachsenring, Jerman
26 Juli Donington Park, Inggris Raya
16 Agustus Brno, Republik Ceko
30 Agustus Indianapolis, Amerika Serikat
6 September Misano, San Marino
20 September Lake Balaton, Hongaria
4 Oktober Estoril, Portugal
18 Oktober Phillip Island, Australia
25 Oktober Sepang, Malaysia
8 November Valencia, Spanyol


» Read More...

Tune up mesin 2 tak

Ada beberapa teknik tune up mesin 2 tak, yang paling lazim adalah memporting ulang design port.
Memporting ulang itu juga banyak halnya diantaranya adalah:
1 Merubah tinggi port
2 Mengarahkan kembali jendela port
3 Menghaluskan saluran2 port
4 Memperbesar ukuran port
Tentunya point2 tersebut diatas harus dilakukan dengan perhitungan yang tepat agar hasilnya maksimal.

Kali ini kita hanya akan membahas mengenai merubah tinggi port

Merubah tinggi port berarti durasi buka & tutup port pun akan berubah. Menentukan angka dari tinggi port ini tentunya harus menggunakan hitungan2 tertentu.
Jika seorang mekanik pernah melakukan perubahan tinggi port pada sebuah silinder blok dan ternyata hasilnya baik ini bisa menjadi acuan untuk mekanik lainnya jika ingin melakukan rubahan pada blok lainnya walaupun memiliki spek yang berbeda.
Caranya adalah mengkonversi ukuran dari mm menjadi derajat putar kruk as.

Contoh :
HRC Thailand menentukan tinggi porting terbaik pada silinder blok NSR SP adalah sbg berikut :
1 Lb Bilas : 42mm
2 Lb Transfer primer & sekunder : 42mm
3 Lb Buang : 26mm
(Catatan :Deck Height NSR adalah 0 mm yang berarti Bibir piston NSR saat berada di TMA adalah sebidang dengan bibir silinder blok atau 0 mm)

Maka jika kita ingin merubah port silinder blok Yamaha RX King harus menggunakan angka berapa di tiap2 portnya jika ingin mengacu pada hitungannya HRC??

Tentunya salah jika kita langsung menggunakan angka2 diatas untuk diaplikasi di blok RX King.
Kita harus mengkonversi dahulu dengan satuan derajat, setelah didapat maka dikonversi kembali ke satuan mm dengan ditambah (Deck Height)

Lalu bagaimana mengkonversi dari mm ke derajat?
Yang pertama kita harus ketahui dulu data2 sebagai berikut :
1 Stroke NSR & stroke RX King
2 Panjang Stang piston NSR & RX King

Jika data2 tersebut sudah diketahui maka kita bisa menggambar diatas kertas sesuai data2 tersebut atau jika ingin lebih akurat bisa dengan menggunakan software Auto Cad.
Misal menentuakn derajat buka lubang buang pada blok yang ingin ditiru (Blok NSR):
1 Buat lingkaran dengan diameter seukuran stroke NSR dan gambarkan titik pusatnya dalam koordinat axis X & Y. pada titik paling atas lingkaran beri tanda 0 derajat kruk as (ini melambangkan derajat putar kruk as)
2 Gambar garis vertikal berukuran panjang stroke + panjang stang seher dengan posisi garis melalui titik pusat lingkaran dan ujung paling bawah garis bertemu dengan ujung paling bawah lingkaran. (Ini melambangkan titik pusat dari rangkaian silinder+piston+kruk as)
3 Buat titik 0mm pada ujung atas garis tersebut (anggaplah titik 0 tersebut adalah posisi piston saat TMA)
4 Buat lagi titik (Tandai dengan huruf B)pada garis vertikal tadi seukuran tinggi lb buang (pada contoh diatas adalah 26mm) Berarti jarak dari titik 0 ke titik B adalah 26mm.
5 Gunakan jangka buat agar jarak bukaan jangka seukuran dengan panjang stang seher NSR (ini melambangkan panjang stang seher)
6 Jarum jangka di posisikan di titik B dan mata pinsil jangka di coretkan ke lingkaran yang mampu dijangkau dengan jangka (ini melambangkan posisi stang seher pada rangkaian)
7 Ukur berapa derajat dari posisi 0 derajat kruk as terhadap titik pada point 6 tadi dengan bususr derajat.
8 Angka derajat buka lubang buang telah didapat.

Lakukan langkah2 diatas untuk menghitung derajat buka lubang bilas dan transfer.
Setelah semua didapati sekarang tinggal menghitung berapa mm tinggi lubang2 tersebut pada blok rubahan (Blok RX King).

Langkah2nya adalah :
1 Buat lingkaran dengan diameter seukuran stroke RX King dan gambarkan titik pusatnya dalam koordinat axis X & Y. pada titik paling atas lingkaran beri tanda 0 derajat kruk as (ini melambangkan derajat putar kruk as)
2 Gambar garis vertikal berukuran panjang stroke + panjang stang seher dengan posisi garis melalui titik pusat lingkaran dan ujung paling bawah garis bertemu dengan ujung paling bawah lingkaran. (Ini melambangkan titik pusat dari rangkaian silinder+piston+kruk as)
3 Buat titik 0mm pada ujung atas garis tersebut (anggaplah titik 0 tersebut adalah posisi piston saat TMA)
4 Ukur dengan busur derajat angka yang didapati dari point no 8 diatas dan tandai pada lingkaran dan beri tanda B.
5 Gunakan jangka buat agar jarak bukaan jangka seukuran dengan panjang stang seher Rx King (ini melambangkan panjang stang seher)
6 Jarum jangka di posisikan di titik B dan mata pinsil jangka di coretkan ke garis vertikal diatas lingkaran yang mampu dijangkau dengan jangka (ini melambangkan posisi stang seher pada rangkaian)
7 Ukur jarak dari titik 0mm terhadap titik yang baru didapat dari point no 6.
8 Jarak tinggi lubang buang RX King telah didapat.

Lakukan langkah2 diatas untuk menghitung jarak lubang bilas dan transfer.
Setelah semua angka didapat kita harus mengetahui Deck height RX king tersebut, setalah didapat maka ukuran2 jarak port yang sudah didapat masing2 ditambah Deck height nya.

Sementara jika ingin melebarkan lubang buang maximal adalah 70% dari diameter piston
kecuali jika design lubang buangnya memiliki tiang penyangga seperti NSR SP maka bisa dibuat lebih lebar lagi.
Contoh : Diameter piston NSR adalah 59mm maka lebar lb buang maximal adalah 59x 70% = 41.3mm dibulatkan menjadi 42 mm, jika lebih dari 42mm maka khawatir ring piston bagian lb buang akan cenderung menekan berlebihan ke dinding silinder, shg silinder akan mudah aus.

sumber : http://bengkel-motor-online.blogspot.com

» Read More...

Busi basah kenapa?

Busi selalu basah, sudah diganti tetapi setelah dipakai baru beberapa hari atau bahkan beberapa jam sudah basah motor macet sehingga busi harus dibersihkan dulu atau diganti.
Hal itu dapat terjadi karena beberapa sebab :
1. Bahan bakar yang kotor
Artinya bensin yang digunakan mungkin bercampur dengan oli atau minyak, atau mungkin mengisi bahan bakar disembarangan tempat, yang tidak menjamin kemurnian bahan bakar / bensin.
2. Karburator Kotor
Karburator kotor juga dapat menyebabkan busi cepat kotor, solusinya segera service motor Anda dibengkel langganan
3. Oli bocor
Kebocoran Oli bisa saja masuk ketempat saluran bensin sehingga pembakaran tidak sempurna dan menyebabkan busi kotor dan motor menjadi mogok.
4. Kondisi mesin
Busi basah terus juga bisa disebabkan oleh seher yang harus diganti atau bagian mesin ada yang rusak. Solusinya lakukan service besar.

» Read More...

Cek Kondisi Mesin Lewat Busi

Jika ingin mengetahui kondisi mesin motor sebaiknya cek businya. Caranya dengan membuka busi lalu melihat kondisi ujungnya.Normal, biasanya warna abu-abu merata atau merah bata dari ujung elektroda hingga selongsong busi. Jika ada warna abu-abu muda, maka settingan karburator terlalu irit bensin. Apabila ada warna gelap atau hitam pekat maka menandakan setingan karburator terlalu boros bensin.Basah, biasanya ujung busi basah, basahnya ini basah oli bukan bensin. Karena ada yang bocor di mesin anda, bisa dari ring piston goyang, bos klep bocor atau oli mesin terlalu banyak hingga seal klep kalah atau bocor. Oli ini ikut terbakar di ruang pembakaran mesin dan meninggalkan sisa basah oli. Biasanya pada motor 2-tak disebabkan karena terlalu banyaknya campuran oli samping.Tertutup Kerak, hal ini disebabkan karena kualitas bahan bakar yang anda gunakan buruk atau jelek, ada campuran kotoran atau sudut pengapian yang terlalu maju dan bisa jadi anda salah pilih jenis busi.Rata dengan keramik, ini menandakan bahwa businya sudah kebanyakan diamplas jadi sudah abis. Jadi sebaiknya anda beli yang baru karena jika anda biarkan saja maka akan merusak mesin motor anda.Cacat atau Rusak, artinya bensin yang anda gunakan jelek sehingga terjadi gejala detonasi (nglitik) atau jarak elektroda busi terlalu jauh. Jadi sebaiknya saat anda ingin membeli bensin, anda harus pilih-pilih. Cobalah sesekali anda cek kondisi bensin yang anda beli.Penuh Bulu Putih, hal ini menandakan bahwa ada cairan radiator yang bocor dan ikut terbakar dalam ruang pembakaran mesin.Meleleh, biasanya hal ini menandakan bahwa busi menyala sebelum waktunya disebabkan nilai oktan bensin yang terlalu jelek atau rendah dan derajat pengapian terlalu maju atau mesin terlalu panas.Mengkilap, busi basah karena sisa bensin yang tidak ikut terbakar, bukan oli. Ini artinya settingan karburator kurang pas, terlalu boros. Atau bisa juga salah pilih jenis busi, kurang dingin.Jadi harus check ulang mesin motor anda, jika terdapat kerusakan sebaiknya langsung dibetulkan. Jangan menunggu waktu lagi karena motor yang rusak maka akan boros bensin.
(Sumber : Bengkelmotor.com)

» Read More...

Blog ini di jual senilai 300k.. minat hub 08562954111

Best Artikel

Blog Archive

Powered by Blogger.