MENGGUNAKAN AVO METER


AVO meter adalah alat ukur yang digunakan pada elektronika. AVO kepanjangannya adalah Ampere , Volet, Ohm. karena satu alat bisa digunakan untuk mengukur / memerika lebih dari satu satuan ukur maka banyak orang yang menyebutnya dengan MULTIMERER
Namun seiring perkembangan ,Otomotif sekarang banyak dilengkapi dengan komponen komponen yang menggunakan / memanfaatkan komponen elektronika. sehingga AVO meter menjadi bagian dari alat ukur yang harus dikuasai mekanik Otomotif.
Untuk membantu pemahaman tentang cara penggunaan AVO meter,para pemakai harus mengenal terlebih dahulu jenis-jenis AVO meter dan bagaimana cara menggunakannya agar tidak terjadi salah pakai dan akan merusak AVO meter tersebut.



Berdasarkan prinsip kerjanya ada dua jenis AVO meter yaitu:
1. AVO meter Digital
2. AVO meter Analog/Moving coil


Kedua jenis ini tentu saja berbeda satu dengan lainnya,tetapi ada beberapa kesamaan dalam hal operasionalnya,misal sumber tenaga yang dibutuhkan berupa baterai DC dan Probe/kabel penyidik warna merah dan hitam.


Pada AVO meter Digital hasil Pengukuran dapat terbaca langsung berupa angka-angka (Digit) sedangkan AVO meter analog tampilannya menggunakan pergerakan jarum untuk menunjukan skala,sehingga untuk memperoleh hasil ukur,harus dibaca berdasarkan Range atau divinisi,AVO meter analog lebih umum digunakan karena harganya lebih murah dari pada AVO meter Digital,namun ada juga mereka yang memilih AVO meter analog karena kegemaran belaka.

MENGGUNAKAN AVO METER ANALOG

Cara mengukur tegangan DC
  • Letakan selektor switch (saklar pemilih) pada posisi tegangan DC
  • Pilih batas ukur (2.5,10,50,250,1000)dimana harus dipilih batas yang sama atau lebih besar dari tegangan yang akan diukur,misalkan tegangan yang akan diukur 12v maka batas ukur yang harus dipilih adalah 50.
  • Tidak boleh memilih batas ukur yang lebih kecil,karena jarum penunjuk akan bergerak melewati batas maksimum dan dapat merusak moving Coil.
  • Sambungkan kabel probe pada sumber tegangan,kabel merah disambungkan pada bagian positif dan kabel hitam disambungkan pada bagian negative,cara pemasangan seperti itu disebut hubungan paralel,Apabila pemasangan kabel polaritasnya terbalik,maka jarum meter akan bergerak kekiri.
  • Baca papan skala sesuai dengan dimana jarum penunjuk berhenti,cara yang paling tepat membaca adalah secara tegak lurus agar tidak terjadi kesalahan baca.
Cara mengukur tegangan AC
  • Letakan selektor switch (saklar pemilih) pada posisi tegangan AC
  • Pilih batas ukur (10,50,250,1000) batas ukur yang dipilih harus yang sama atau lebih besar dari tegangan yang akan diukur,misalkan tegangan yang akan diukur 220v maka batas ukur yang harus dipilih adalah 250,tidak boleh memilih batas yang lebih kecil karena jarum penunjuk akan bergerak melewati batas maksimum dan akan merusak moving Coil.
  • Sambungkan kabel probe pada sumber tegangan secara paralel,untuk tegangan AC kabel merah dan hitam dapat bebas disambungkan pada sumber tegangan karena tegangan AC tidak mempunyai Polaritas (+/-).
  • Baca papan skala sesuai dengan dimana jarum penunjuk berhenti,cara yang paling tepat membaca adalah secara tegak lurus agar tidak terjadi kesalahan baca.

Cara mengukur arus DC

Cara mengukur arus agak berbeda dengan mengukur tegangan,dimana rangkaian untuk mengukur arus dipasang dengan cara serie dengan beban,beban dapat berupa resistor,lampu atau lainnya.


  • Atur selektor switch (saklar pemilih) pada posis Arus DC
  • Atur posisi selektor pada batas ukur yang lebih tinggi dari arus yang akan diukur,batas ukur dapat dipilih yang paling tinggi agar tidak merusak AVO meter,pengaruh pemilihan batas ukur yang terlalu jauh dari arus yang akan diukur hanya mengakibatkan pembacaan yang kurang akurat.
  • Hubungkan kabel secara serie dengan beban,beban dapat di serie pada kabel negative atau pada kabel positive,Apabila pemasangan kabel polaritasnya terbalik,maka jarum meter akan bergerak ke kiri.
  • Baca penunjukan arus pada papan skala arus DC sesuai posisi jarum.


Cara mengukur Resistansi

Gunanya mengukur resisitansi adalah untuk mengetahui kondisi suatu komponen dalam keadaan rusak atau baik,serta untuk menentukan berapakah nilai resistansinya,Misalkan sebuah resistor mempunyai kode warna coklat,hitam,merah dan toleransinya adalah emas,Artinya resistor tersebut mempunyai nilai 1000 ohm dengan toleransi 5%,maksudnya resistor tersebut masih dikatakan baik bila setelah diukur nilainya masih diantara kurang atau lebih 5% dari 1000,atau antara 950 sampai 1050 ohm.
  • Atur selektor switch pada posisi ohm
  • pilih batas ukur (range) apakah: x1,x10,x100,atau x1K (sesuaikan dengan nilai resistor)
  • Terlebih dahulu hubung singkat kabel penyidik agar jarum meter bergerak kearah kanan dan dapat diatur supaya menunjukan pada skala maksimum dengan memutar tombol Zero adjust,maksudnya agar pembacaan meter dapat/sesuai dengan skala dan range yang dipakai.
  • mulailah mengukur resistor dengan menghubungkan kabel penyidik pada kedua kaki resistor secara paralel,dengan mengabaikan warna kabel....
  • Baca papan skala sesuai dimana jarum meter berhenti,dan kalikan pembacaan dengan batas ukur,Misalnya jarum menunjukkan pada skala 10 dan batas ukur menggunakan x100 maka nilai resistor tersebut adalah 1000 ohm

» Read More...

Modifikasi Suzuki Satria 2004 Euro Tracker


Siapa bilang modifikator bali tidak bisa membuat motor yang berkualitas? Buktinya motor yang satu ini bisa dibilang sangat layak untuk bersaing di kancah nasional sekalipun. Motor yang berbasis suzuki satria dua ribu empat ini milik nang pacung, seorang mania modifikasi yang tergabung dalam klub g-p-s racing bali. Biar tampil beda, nang pacung memodifikasi konsep euro fighter dengan ubahan pada sektor under cariege mengacu pada konsep bobber yang macho, sehingga menghasilkan konsep euro tracker.


Untuk mewujudkan konsepnya ini, sejumlah sektor pun dirombak total. Rangka asli didesain ulang, kemudian dipasangi body baru yang terbuat dari bahan serat fiber, dengan garis body bersudut tiga dimensi. Untuk penggerak roda belakang menggunakan belt drive mechanisme menggantikan sistem rantai konvensional. Timing belt menggunakan belt lebar lima senti meter layaknya motor besar.
Untuk detail kaki-kaki, ban depan-belakang menggunakan ban besar shinko, velg belakang mobil xenia berdiameter empat belas inchi. Untuk swing arm belakang—arm asli ditekuk kemudian dikondom dengan fiber. Monoshock belakang menggunakan kitaco. Bagian ruji menggunakan model big spoke, dimana menggunakan tiga puluh enam jeruji rapat berdiameter besar, berpenampang baut dua belas. Fork depan menggunakan model upside down variasi. Piringan cakram dipilih keluaran p-s-m, dua di bagian depan dan satu di roda belakang. Master rem menggunakan nissin, kaliper depan k-t-c radial mount dan kaliper belakang racing.
Aksesori lainnya, setang top secret dipadukan dengan handle nissin. Sektor lampu, head lamp menggunakan suzuki satria f-u yang ditutup kedok fiber ala robot. Untuk stop lamp menggunakan kosso. Disamping itu motor ini juga dipasangi side lamp dari fog lamp variasi mobil.
Pijakan kaki atau footstep menggunakan foot step standar t-s, sektor delta box dan knalpot variasi dipermanis dengan sepuhan cat wringkle yang biasanya dipergunakan pada motor besar. Sektor mesin juga terlihat rapi dengan penambahan sebuah filter udara kosso.

Untuk mewujudkan sebuah motor yang perfeksionis, nang pacung asal banjar tengah, tegal dharmasaba menyerahkan penggarapan motornya ini pada empat modifikator yang berbeda. Untuk pengerjaan kaki-kaki dikerjakan oleh gung dharma dari triceratops custom, pengerjaan braket cakram depan dan pegangan cover body dipercayakan pada koyo s-h-m dari klub jumiwa. Sementara untuk pengerjaan printstripes diserahkan pada bagoes customise, perakitan dan pengecatan diserahkan pada nang andy dari g-p-s paint work yang beralamat di jalan perang lukluk darmasaba. Total pengerjaan modifikasi ini memakan waktu empat bulan. Selain meraih predikat the best black bike, motor ini juga meraih predikat the killer look dalam ajang kontes black motodify dua ribu sebelas.




» Read More...

SOP Bengkel Motor

Bila Anda ingin memiliki bengkel motor yang profesional tentu Anda ingin membangun sistemnya. Bagaimanakah sistem Bengkel dan SOP Bengkel Motor tepatnya. Berikut alur System Operation Procedure yang umum di bengkel-bengkel profesional

1. Booking
Apabila bengkel Anda sudah terlalu rame, Anda bisa menerapkan sistem Booking. Sehingga pelanggan yang booking bisa kita alokasikan waktu dan pit/stall yang tepat. Bisa juga kita memberikan diskon tambahan bagi pelanggan yang sudah booking terlebih dahulu. Manfaat bagi Bengkel adalah mempermudah alokasi teknisi dan Pit/Stall. Pelanggan booking diterima 1 hari sebelum waktu kedatangannya ke Bengkel



2. Reception/Penerimaan
Pada saat proses penerimaan hal yang harus dilakukan adalah
- Petugas reception mengecek kendaraan dan keluhan dari pelanggan, mencatat KM, dan kondisi kendaraan
- Petugas memasukkannya ke dalam sistem komputer (apabila sudah menggunakan sistem) memanggil data nomor plat/nopol didalam sistem komputer dan melihat history service dari kendaraan ini, menginputkan keluhan dan perbaikan, mencetak Perintah Kerja Bengkel yang akan diserahkan ke Supervisor Mekanik / Mekanik

3. Proses Pengerjaan
Jika sudah menggunakan sistem komputer, maka proses mulai pengerjaan harus di catat / clock on, dan proses berhenti pekerjaan harus di catat/clock of
Hal ini digunakan untuk mengetahui perfomance mekanik dan membandingkan kualitas mekanik serta pekerjaan



4. Proses Pengeluaran Part
Pengeluaran Part didasarkan atas Unit kendaraan yang dikerjakan, keynya adalah Perintah Kerja Bengkel

5. Final Cek
Pengecekan Final dilakukan oleh QC, apakah keluhan dan kerusakan ataupun service berkala sudah dilakukan dengan baik. Kendaraan dapat dites oleh QC

6. Pembayaran
Setelah dicek maka bagian QC memberikan Surat Perintah Kerja Bengkel yang sudah selesai ke Pelanggan dan pelanggan diarahkan ke Kasir. Secara sistem komputer akan terlihat jumlah pemakaian Part dan Jasa yang digunakan. Sehingga dapat langsung mengeluarkan kwitansi.

Bersambung....

» Read More...

Teknologi Injeksi

JAKARTA-Yamaha Semakin di Depan dalam penggunaan teknologi Fuel Injection (FI). Teknologi tersebut semakin menyempurnakan produk Yamaha dengan didukung kesiapan para mekanik yang telah dibekali pengetahuan tentang penanganan produk FI.

Yamaha menghadirkan keajaiban teknologi FI yang sangat unggul dalam kualitas dan pemanfaatan penggunaannya. Yamaha menyebut teknologi FI dengan Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) yang memiliki keuntungan akselerasi dan tenaga mesin sangat baik, konsumsi bahan bakar lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan.




Teknologi FI Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat di atas 30 persen, serta emisi dan polusi rendah. Dengan sistem injeksi, bahan bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin sehingga menghemat bahan bakar. FI juga ramah lingkungan sesuai standar euro3 yang akan mulai diaplikasikan di Juli 2013 menurut AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia).

Cara kerja FI sama seperti sistem tubuh manusia. Pada sistem FI terdapat ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja seperti otak pada manusia. ECU meneruskan sinyal yang dikirim sensor-sensor. Pada akhirnya ECU memerintahkan injector untuk menyemprotkan bensin pada mesin. Kerja ECU layaknya otak yang saat mendapatkan sinyal dari sensor-sensor, lantas memerintahkan bagian tubuh untuk menjalankan fungsinya. Selain sensor-sensor, komponen penting lainnya pada ECU adalah fuel pump yang berfungsi mensuplai bahan bakar dari tangki ke injektor dan menjaga tekanan bahan bakar agar sesuai persyaratan.

Lebih sempurnanya lagi, mesin injeksi Yamaha pada V-Ixion dapat diterapkan dalam balapan seperti yang dilakukan pada Yamaha Riding Academy (YRA). Vixion mudah diseting, tidak perlu banyak modifikasi, cukup adjust (diatur atau disetel) ECU (Electronic Control Unit) untuk mendapatkan power menjadi sebuah motor kompetisi. Tinggal diganti bagian muffler (knalpot) yang berkarakter racing (balap). Selain FI, Vixion juga memiliki teknologi forged piston dan diasil cylinder yang merupakan teknologi balap Yamaha.

Teknologi FI telah diterapkan Yamaha pada V-Ixion. Motor sport nomor satu di pasar Tanah Air yang diluncurkan pada 2007 itu terbukti keunggulannya sehingga selalu dicintai konsumen. Penjualan V-Xion telah mencapai 766.978 unit terhitung sejak pertama kali diluncurkan di 2007 hingga November 2011. Atau sama dengan 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan kompetitor. Bukti lainnya Yamaha terdepan untuk teknologi injeksi juga hadir melalui Jambore Nasional (Jamnas) Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) di area Waduk Gadjah Mungkur, Wonogiri, 18-20 November 2011. Jamnas bersejarah itu ditandai dengan lahirnya rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) baru yaitu YVCI sebagai klub motor injeksi dengan chapter (cabang atau perwakilan terbanyak) yang datang berkumpul di sebuah acara, yaitu sebanyak 201 chapter.

Yamaha sendiri menargetkan semua motor produksinya disempurnakan dengan FI. Menuju ke arah sana, Yamaha telah mempersiapkan diri dengan memperkuat barisan mekanik yang telah dilatih dan mendapatkan pengetahuan tentang FI sehingga dapat menangani produk FI dengan baik di dealer maupun bengkel-bengkel Yamaha. ”Sejak 2007 Yamaha telah merancang FI dan saat ini how to maintance dan meningkatkan value-nya agar lebih baik dan meng-Indonesia. Yamaha sudah sangat siap untuk era mesin injeksi dengan dukungan penuh dari para mekanik yang telah dipersiapkan lama dan dibekali pengetahuan tentang FI,” papar Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

Kesiapan Mekanik, Diler dan Bengkel Yamaha

Salah satu cara Yamaha mempersiapkan mekanik menuju era injeksi adalah dengan menggelar Indonesia Technician Grand Prix (ITGP). Di ajang itu para mekanik Yamaha se-Indonesia bertarung memperebutkan hadiah utama mengikuti kontes teknisi tingkat dunia atau World Technician Grand Prix di Jepang. Tahun ini adalah tahun ke-11 pelaksanaan ITGP dan telah digelar di Bandung, akhir November lalu.

Selain itu, Yamaha juga rutin memperkenalkan dan mensosialisasikan FI dengan mendidik siswa-siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan menjadi salah satu tonggak pendukung kesuksesan era mesin injeksi. Kerjasama dengan berbagai SMK dijalin melalui seminar teknologi dan produk di SMK, donasi mesin dan motor untuk praktek, training untuk guru-guru SMK hingga kontes antar SMK yang digelar dalam rangkaian event ITGP. Untuk internal Yamaha sendiri, latihan dan pendidikan tentang FI lebih diperdalam lagi melalui Yamaha Technical Academy (YTA).

dikutip dari : yamaha-motor.co.id

Tidak kalah seru Honda pun sudah menggunakan teknologi Injeksi, Supra X 125 PGM F1 contohnya. Dengan penggunaan bahan bakar cukup irit dan tenaga yang gesit. Persaingan antara Yamaha dan Honda yang diuntungkan adalah konsumen di tanah air. Semakin banyak pilihan semakin enak. Kita tinggal memilih sesuai selera. Jangan terlalu fanatik terhadap suatu produk. Karena kalau sudah terlalu fanatik kita tidak bisa menilai produk secara Objektif. Sehingga Produk yang kita sukai selalu diunggul-unggulkan, padahal semua Produk mempunyai plus dan minusnya masing-masing.

Produk yang tidak ada saingan membuat Perusahaan terlalu Pede dan seenaknya, sehingga kadang pelayanan kepada konsumen menjadi jelek. Memang perlu ada kompetitor, agar terjadi persaingan dalam hal yang positip. Contoh produk yang dimonopoli oleh satu perusahaan sampai saat ini adalah Listrik yang dikelola oleh PLN. Mau PLN bagus, mau PLN buruk konsumen tidak bisa berpindah ke lainnya he3.

Jadi kemana-mana nih ngebahasnya. Menurut Bengkel Motor, Kedepannya Teknologi Injeksi bakalan dipakai di motor-motor lain. Coba saja lihat 10 tahun kedepan...

» Read More...

Safari Jeep Club Tirtayatra dan Baksos ke Pulau Menjangan


Safari Jeep Club merupakan sebuah klub otomotif di Bali yang beranggotakan kalangan pecinta kegiatan petualangan di alam bebas dengan menggunakan mobil berpenggerak empat roda dari segala jenis merk pabrikan. Klub ini didirikan 2 tahun silam, tepatnya 7 Nopember 2009. Saat ini anggota SJC telah berjumlah 73 orang dari berbagai kalangan di Bali.
Tujuan pendirian SJC, selain sebagai wadah bagi pecinta dan penggiat 4X4 di Bali, juga mengemban misi sosial dan peduli terhadap lingkungan. Serangkaian HUT nya yang kedua, klub SJC menggelar sejumlah kegiatan. Salah satunya telah dilaksanakan 29-30 Oktober 2011 lalu, yakni “Menjangan Island Society Camp”.



Kegiatan Menjangan Island Society Camp ini diikuti tak kurang dari 22 mobil anggota Safari Jeep Club. Peserta mengambil start di Pura Jagatnatha Denpasar. Kemudian menuju Tabanan. Di Tabanan. Rombongan melakukan bakti sosial dengan menyerahkan sejumlah bantuan di panti asuhan di SLB Pesiapan. Selanjutnya rombongan juga melakukan kegiatan penyerahan bantuan di sebuah yayasan di Melaya.

Di Pulau menjangan. Rombongan Safari Jeep Club kembali melakukan kegiatan bakti sosial yakni mengumpulkan sampah plastik yang ada di sekitar lokasi kegiatan. Selanjutnya rombongan off-roader ini melakukan kegiatan tirtha yatra berupa persembahyangan di Pura Prapat Agung Segara Rupek, Segara Madu dan di Pura Menjangan.
Puncak perayaan hari jadi Safari Jeep Club akan dilaksanakan dalam sebuah acara bertajuk SJC 2nd Anniversarry Off Road Camp 2011. Rencananya kegiatan ini akan berlangsung 12-13 Nopember mendatang bertempat di Bali Outbound Farm (BOF). Baturiti–Bedugul. Acara ulang tahun safari jeep club akan diisi dengan kegiatan Family Camping bagi anggota SJC/ SJC member 4x4 Off Road Competition (Night Off Road) dan juga Bali Club 4x4 Off Road Competition.


by : eka_btv




» Read More...

Striping Baru Scorpio Z 2011



sumber gambar : yamaha.co.id

Scorpio Z 2011 merupakan salah satu motor andalan yamaha. Belakangan ini memang Yamaha menguasai pangsa pasar motorsport, setelah mengalami pembaharuan bentuk Scorpio tampil lebih gagah dan lebih garang. Seolah-olah kekar dan jantan.

Kini bentuk body Scorpio pantatnya sudah bohay dan layak masuk kedalam jajaran motorsport yang mumpuni




Baru-baru ini Yamaha telah membubuhi Scorpio dengan striping Anyar, terinspirasi dari magma yang meleleh. Warna striping Scorpio ini menyatu dengan bentuk tubuhnya yang garang tapi dinamis. Scorpio Z 2011 yang baru ini juga dilengkapi dengan Automatic Head Light On (AHO), dengan AHO lampu motor secara otomatis menyala dikala dihidupkan. Karena dibeberapa daerah sudah mensyaratkan untuk menghidupkan lampu utama disiang hari.

» Read More...

Safety Riding

Jumlah pemakai sepeda motor di Indonesia semakin membludak. Di Jakarta saja hampir terlihat jalanan dipenuhi oleh sepeda motor yang lalu lalang. Dengan semakin canggihnya teknologi sekarang ini, Produsen meningkatkan kemampuan akselerasi sepeda motor, sehingga motor dapat nyalip dengan lincahnya. Tapi ada juga pengendara motor yang ugal-ugalan, jalan dengan kecepatan tinggi dan nyalip sana nyalip sini.



Seorang pengendara sepeda motor berani menyalip karena sudah memperikirakan bahwa yang disalip tersebut kecepatannya lebih rendah dan tak akan menambah kecepatannya secara tiba-tiba pada saat disalip atau belok mendadak. Tetapi jika pengendara yang disalip menambah kecepatan secara tiba-tiba atau belok mendadak ke arah yang menghalangi posisi untuk menyalip maka akan sangat bahaya sekali. Kalau tidak waspada dan penyalip tidak segera mengerem kendaraannya maka bisa terjadi tenggoran atau benturan, resikonya jatuh, luka, kecelakaan,cacat bahkan meninggal dunia.
Untuk mengatasi hal tersebut pengendara motor harus berhati-hati dalam menyalip, dan tidak usah ugal-ugalan
Hal yang mendorong pengendara motor ugal-ugalan dan kebut-kebutan dijalanan umum
1. Ingin dianggap hebat
2. Memburu waktu
3. Panas disalip pengendara lain
Resiko
1. Kecelakaan
2. Cacat seumur hidup,
3. Meninggal dunia
Manfaat kebut-kebutan
Tidak ada
Manfaat tidak seimbang dengan resiko yang ada, mengapa masih ugal-ugalan?? Jangan main-main dengan nyawa Anda
Jika orang bisnis modal 10jt, kerugian maksimal adalah 10juta, keuntungan yang didapat bisa 10juta, bisa 20juta bahkan bisa sampai milyaran
Wajar orang yang cerdas berani berbisnis karena manfaat dan resikonya seimbang
Jika untuk mengorbankan 1jta saja Anda tidak berani untuk berbisnis mengapa Anda pertaruhkan nyawa Anda sedangkan untungnya tidak ada???
Inilah trik safety riding yang lain agar Resiko di jalanan bisa dikurangi
1. Memakai Helm yang aman
2. Cek sepeda motor Anda apakah rem dan gasnya normal
3. Jaga jarak. Jaga jarak idealnya adalah 3 detik, maksudnya jika kecepatan Anda 60 KM/J
maka jarak amannya
3 x 60000m/3600detik = 50 meter
4. Hati-hati jika menyalip dan selalu lihat kondisi jalan
5. Lihat spion jika ingin belok
6. Jangan mengendarai motor pada saat ngantuk, mabuk atau pusing
7. Jangan menelepon atau sms jika sedang berkendara
8. Patuhi rambu lalu lintas
9. Isi angin sesuai dengan standar, kalau ban agak kempes segera ke Bengkel Motor atau ke tempat tambal ban untuk isi angin
10. Jika ban sudah gundul agar segera diganti, karena membahayakan dan licin
11. Service lah sepeda motor anda ke Bengkel motor secara berkala 3 bulan sekali, Ganti oli sesuai dengan jenis oli nya (biasanya maksimal pemakaian kilo meter oli ada pada label kaleng oli)
Berdoalah sebelum mengendarai motor, dan jaga emosi jika di jalan
OK, kalau ada yang menambahi silakan!!

» Read More...

Blog ini di jual senilai 300k.. minat hub 08562954111

Best Artikel

Blog Archive

Powered by Blogger.