CARA KERJA i- VTEC


Untuk mengenal i-VTEC lebih dalam, harus dipahami cara kerja VTEC. Teknologi ini dilahirkan Honda untuk memperoleh mesin yang mampu bekerja sip pada putaran bawah (rendah) dan oke pada putaran atas (tinggi). Dengan cara ini karakter mesin konvensional yang “kaku” bisa diatasi.

Sebelum generasi VTEC diciptakan Honda, sebuah mesin hanya bagus pada kondisi tertentu. Misalnya, mesin sangat responsif pada putaran tinggi, namun pada putaran putaran rendah, dipastikan payah. Saat diajak jalan santai, mesin “mbrebet”.

Komponen yang sangat menentukan karaktetristik mesin adalah katup. Utamanya pada mesin 4-tak (langkah) dengan piston bergerak bolak-balik. Rangkaian kerja dari keempat langkah itu adalah, isap, kompresi, usaha dan buang. Untuk mengatur siklus kerja tersebut, mesin harus dilengkapi dengan komponen yang disebut klep atau katup. Pada setiap silinder digunakan dua klep dengan tugas berbeda, yaitu klep isap dan buang.

Klep isap, bertugas mengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar ke dalam silinder atau ruang bakar. Sedangkan klep buang, mengatur aliran sisa pembakaran keluar dari mesin atau ke knalpot. Cara klep mengatur aliran tersebut adalah dengan bergerak atau naik dari dudukannya.

Saat naik atau terangkat, terbentuk celah yang digunakan campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder atau ruang bakar. Campuran tersebut masuk karena diisap oleh komponen bernama piston. Sedangkan untuk katup buang, celah tersebut digunakan oleh gas buang ke luar dari silinder atau menuju ke ruang bebas karena didorong oleh piston.

Waktu buka katup harus diatur sesuai dengan kondisi kerja mesin. Pastinya, katup isap mulai membuka saat mesin akan melakukan langkah isap. Begitu juga dengan langkah buang. Katup akan menutup menjelang akhir dari masing-masing langkah kerja. Lama katup membuka dan ketinggian terangkat dari dudukannya, sangat menentukan efisiensi dan performa mesin.

Pengerak Katup
Untuk mengaktifkan katup yang bergerak maju mundur, digunakan mekanisme yang disebut “kem” (cam). Nama lain dari komponen ini adalah “nok” atau bubungan. Bentuknya, bila dilihat dari sisi penampang, bulat dengan bagian tertentu menonjol, mencuat atau membentuk cuping. Bagian yang mencuat inilah sangat penting. Bentuk atau profilnya sangat menentukan tinggi angkat katup dan lamanya membuka katup. Di samping itu, profil kem juga menimbulkan efek fisika saat campuran udara dan bakar mengalir ke dalam mesin. Misalnya karena tiba-tiba kem mengangkat katup, maka campuran udara dah bakar yang mengalir ke dalam ruang bakar menimbulkan efek pusaran.

Kendati kem yang menentukan gerakan katup, namun kedua komponen tersebut tidak bisa berhubungan secara langsung. Masih ada mekanisme lain yang digunakan. Saat ini yang paling banyak adalah pelatuk katup yang disebut juga “rocker arm” dan mangkok (bucket). Khusus untuk mesin VTEC kebanyakan menggunakan mekanisme pelatuk. Hanya pada sepeda motor, Honda memasangkan VTEC dengan sistem bucket tappet.

Pelatuklah yang disodok oleh kem. Setelah itu baru diteruskan ke katup. Semua kem yang digunakan untuk menggerakkan katup berada dalam satu unit dan barisan yang disebut “camshaft”, nokken as atau poros bubungan. Pada masa kini, setiap mesin bisa saja menggunakan dua poros kem yang disebut DOHC (double overhead camshaft) dan satu saja, SOHC (single overhead camshaft).

Dasar VTEC adalah mesin yang menggunakan tiga kem dan tiga pelatuk katup untuk setiap silindern. Dua kem bagian luar digunakan pada putaran rendah. Begitu juga pelatuk, bagian tengah digunakan bekerja untuk putaran tinggi.

Saat bekerja pada putaran rendah, mesin VTEC menggunakan kem dengan angkatan kecil. Ketika mesin bekerja antara 4.000 – 6.000 rpm (tergantung model), kontrol elektronik mengaktifkan sistem hidraulik VTEC. Kem tengah bekerja dengan mendorong pelatuk tengah yang menyatu dengan dua pelatuk lainnya. Karena cuping kem tengah lebih tinggi dan sudutnya juga besar, katup dibuka lebih awal da menutup lebih lama. Di samping itu, dengan cuping yang tinggi, dorongannya terhadap pelatuk katup dan seterusnya katup, juga lebih besar. Hasilnya, jumlah campuran udara dan bensin yang sampai ke ruang bakar lebih banyak. Hasilnya, tenaga yang dihasil besar dan akan mendorong piston bergerak lebih cepat pula.

Mekanis dasar VTEC lain yang tidak kalah penting keberadaan dan fungsinya adalah pin yang digerakkan secara hidraulik. Pin ini berada di dalam pelatuk. Ketika didorong, pin menyebabkan pelatuk katup bekerja dengan gerakan yang sama. Bila pin bebas, pelatuk bergerak sendiri-sendiri.


CARA KERJA
Ketika mobil melaju pada putaran mesin tinggi, komputer mesin mengaktifkan solenoid untuk VTEC. Selanjutnya, oli mesin yang bertekanan tinggi mengalir ke sistem hidraulik pin pada pelatuk katup isap. Akibat dari pergeseran pin tersebut, ketiga pelatuk bekerja sebagai satu unit. Pada saat ini, pelatuk digerakkan oleh kem dengan cuping tinggi. Hasilnya mesin bekerja untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar pada putaran tinggi.

Ketika putaran mesin turun di bawah batas kerja VTEC, solenoid menutup aliran hidraulik atau oli yang menuju ke pin. Karena tidak ada tekanan, pin kembali ke posisi bebas semula. Pelatuk kembali bekerja secara sendiri-sendiri.

Untuk mengatur kerja VTEC, digunakan parameter, yaitu suhu mesin, tekanan oli dan kecepatan kendaraan. Dengan cara seperti itu, saat mobil diam namun gas digeber, VTEC tidak bekerja.
Sistem juga dilengkapi dengan pemantau. Fungsinya, bila terjadi gangguan, Engine Control Module (ECM) membuat kode dan menghidupkan lampu “check engine”.

Karena menggunakan oli, kerja VTEC bisa terganggu karena oli mesin kurang, kotor atau tekanan oli rendah karena adanya kebocoran pada sistem, misalnya O-ring yang rusak

Tahapan kerja VTEC

Mekanisme utama VTEC: pin pelatuk dan kem untuk putaran rendah dan tinggi

Sistem hidraulis dan kontrol VTEC

Posisi pin pengatur kerja i-VTEC saat putaran rendah. Satu katup tidak aktif

Kalau VTEC bekerja secara bertahap pada putaran mesin yang telah ditentukan. Untuk i-VTEC, pengaturan “timing” dan tinggi angkat katup berubah secara terus menerus atau mengarah ke perubahan progresif. Jadi, bila putaran mesin berubah, waktu buka dan tutup katup isap dan buang juga berganti.

Kondisi kerja seperti itulah yang membuat mesin bekerja lebih efisien. Mampu menghasilkan tenaga dan torsi dalam rentang lebih lebar.

Untuk i-VTEC, saat mobil melaju pada kecepatan lebih cepat, tinggi angkat katup juga semakin besar. Waktu buka lebih cepat dan menutup lebih lambat. Sebaliknya, bila mobil berjalan lambat, tinggi angkat katup mengecil. Waktu membukanya lebih lambat dan waktu menutup lebih cepat.

Malah pada putaran rendah, salah satu pelatuk katup di-non aktifkan. Dengan cara ini, jumlah bahan bakar yang dipasok ke ruang bakar bisa di kurangi atau menggunakan campuran kurus. Hasilnya, selain menurunkan emisi gas buang, juga mengirit konsumsi bahan bakar. Jadi, cara kerjanya beda-beda tipis dengan abangnya Si- VTEC!

Sangat menguntungkan, namun mekanisme mesin jadi tambah rumit!

i-VTEC makin banyak diaplikasi Honda pada mobil produk terakhir

Cara kerja i-VTEC: tinggi angkat katup bervariasai sesuai dengan putaran mesin

Posisi pin pada pelatuk katup saat mesin bekerja pada putaran tinggi

» Read More...

LOWONGAN KERJA

PT ASTRA OTOPART membuthkan tenaga baru posisi operator.

SYARAT

  1. Pria Umur Minimal 18 Tahun
  2. Lulusan SMK Semua jurusan
  3. Bebadan sehat ( tidak bertato, kaca mata, tindik dll)
PENDAFTARAN
  1. Pendaftaran sampai tanggal 23 Juni 2011
  2. Tempat Pendaftaran SMK MA'ARIF 1 KEBUMEN ( Jl Kusuma No 75 Kebumen)
SELEKSI
  1. Seleksi dilaksanakan tanggal 26 / 27 Juni 2011
  2. Tempat SMKN 1 Purworejo
PERSYARATAN UMUM SEPERTI LAINNYA

Demikian lowongan ini kami sampaikan, manfaatkan kesempatan ini, semog ajadi jalan sukses anda

CP : 081932262272

» Read More...

Sonic Rider Team


Sonic Rider Team (SRT) merupakan sekumpulan anak muda penggemar otomotif yang bermarkas di Desa Sidan Gianyar. Klub yang berdiri akhir 2010 silam ini memiliki anggota awal sekitar tiga puluhan orang pengendara sepeda motor, kini telah berkembang menjadi hampir delapan puluhan orang. Anggota Klub SRT mayoritas dari seputar Desa Sidan, disamping ada yang dari Kota Gianyar maupun dari Bangli. Mereka didominasi oleh kalangan mahasiswa dan pelajar. Motor tunggangan anggota klub inipun cukup beragam, mulai dari motor bebek, motor matik hingga motor berjenis sport. Kegiatan rutin klub ini, biasanya setiap hari sabtu dan minggu mereka kumpul di area Stage yang ada di Sidan. Sedangkan untuk kegiatan touring, daerah yang sudah pernah dijelajah yakni daerah Penelokan, Candi Dasa, dan daerah Plaga.



Untuk membangun image positif dan lebih mendekatkan diri pada masyarakat, rencananya Klub Sonic Rider Team juga akan menggelar kegiatan bakti sosial berupa kegiatan kerja bakti bersih-bersih lingkungan. Anggota klub ini juga menyatakan tidak pernah melakukan balapan liar di jalan raya. Untuk menyalurkan adrenaline dan menguji keberanian, mereka menyalurkannya dengan melakukan latihan freestyle. Disamping itu, klub ini juga mengikuti kontes modifikasi, seperti yang dilakukan pada kontes modifikasi TMS beberapa waktu lalu. Walau baru pertama kali ikut serta, salah satu motor milik anggota Klub SRT sukses merebut juara kedua di kelas sport modif.

» Read More...

Peluncuran Bajaj Pulsar 220 di Bali


PT Putra Prima Dewata sebagai main dealer Bajaj wilayah bali dan nusa tenggara, beberapa waktu lalu telah meluncurkan motor terbarunya yakni Bajaj Pulsar 220. Peluncuran motor Bajaj pulsar dua-dua kosong serta test ride motor ini berlangsung di salah satu mall di Denpasar. Peluncuran ini merupakan rangkaian peluncuran resmi Bajaj Pulsar 220 oleh PT Bajaj Auto Indonesia. Sebagai agen tunggal pemegang merk di indonesia, PT Bajaj Auto Indonesia telah menaikkan standar performance berkendara motor dengan performa paling tinggi di kelasnya.
Bajaj Pulsar 220 dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang performa seperti head lamp proyektor dengan model mata serigala, rem cakram pada roda depan dan belakang, ban tubeless bertapak lebar, garpu depan lebih tebal, clip on handel bar, serta kemewahan fasilitas lainnya.


Menggunakan mesin dengan temperatur based ignition mapping, berarti waktu pembakaran dioptimalkan untuk pembakaran mesin saat distart, sehingga semakin baik dan pemanasannya makin cepat, serta torsinya maksimal.
Menurut Vice President Director PT Bajaj Auto Indonesia Dinesh Kulkarni, pengembangan produk ini telah dilakukan dengan berkelanjutan, sehingga mampu memberikan produk dengan nilai seni tinggi, didukung performa dan teknologi tak tertandingi.
Diluncurkannya Bajaj Pulsar 220 yang baru, akan memperkuat kehadiran brand Bajaj di indonesia, di tengah kondisi serta pertumbuhan pasar sepeda motor yang terus merangkak naik.
Bergaya sporty, fitur lengkap serta harga Rp 19,7 juta on the road di Denpasar, Pulsar 220 merupakan paket yang sangat menantang kalangan biker yang suka dengan motor berperforma tinggi. Dengan perakitan di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Bajaj pulsar 220 tampil dengan lima pilihan warna, yakni merah, hitam, orange, biru dan silver.

» Read More...

Scoopy Modification Contest


Untuk memperkenalkan produk New Honda Scoopy, Astra Motor menggelar touring dan kontes modifikasi bertajuk “Let’s Get Scoopy Fever”. Acara ini juga untuk memperkenalkan warna-warna terbaru dari Honda Scoopy, dengan kombinasi warna sugar blue, retro pink, candy red melengkapi warna vintage violet dan classic white yang sudah lebih dulu beredar.
Scoopy Modification Contest yang diikuti sekitar 50 peserta, tak hanya berasal dari klub dan perseorangan, namun juga dari perwakilan dealer-dealer Honda yang ada di bali. Kelas-kelas yang dilombakan yakni kelas fashion advance, dan scoopy classic retro. Untuk kelas extreme tidak jadi dilombakan karena nihil peserta.






Para peserta kontes modifikasi ini cukup kreatif dalam mendandani motor kesayangannya. Tak ayal, motor yang sudah didesain dengan desain retro classic ini kian menawan setelah mendapat sentuhan modifikasi, baik dengan tambahan aksesoris maupun dengan sedikit sepuhan motif airbrush dan chrome. Pemenang dalam kontes modifikasi ini berhak atas sejumlah hadiah menarik yang disiapkan panitia.



» Read More...

Kontes Mekanik Antar Siswa SMK Se-Bali


Perkembangan pesat dalam dunia otomotif saat ini harus bisa diimbangi oleh siswa otomotif, dengan memaksimalkan program pendidikan sistem ganda, yang bekerja sama dengan dunia usaha. Sebagai salah satu main dealer pemegang merek Suzuki roda dua yang ada di Bali, PT CSBI berkomitmen membantu dunia pendidikan agar menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan siap bekerja. Untuk itu jumat 29 April lalu, PT CSBI menggelar kompetisi siswa SMK otomotif roda dua se-Bali tahun 2011, memperebutkan piala Disdikpora dan Suzuki.


Menurut manager training roda dua PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Joseph Antony, kegiatan ini merupakan kegiatan positif bagi pelajar, dan hanya Bali yang punya kompetisi antar pelajar SMK ini. Selain hadiah, uang piala dan piagam, panitia juga memberikan hadiah tambahan, juara satu, dua dan tiga serta pendamping juara satu akan diberangkatkan ke Jakarta untuk mengunjungi pabrik dan mengikuti training.
Sementara itu, Ida Bagus Teja Kencana selaku ketua panitia lomba mengatakan, kegiatan yang diikuti dua puluh dua SMK ini bertujuan mengukur pengetahuan dan skill yang dimiliki siswa SMK dan membuka wawasan siswa tentang perkembangan dunia industri saat ini. Materi lomba antara lain tes teori, tes pengukuran, tes praktek assembling part on vehicle Suzuki Shogun Axelo 125 cc, dan sikap mental serta cara kerja.
Setelah melalui persaingan yang ketat, kompetisi ini akhirnya dimenangkan I Nyoman Lusidana dari SMK Negeri 3 Tabanan dengan nilai 264. Dengan hasil ini SMKN 3 Tabanan berhak memboyong piala bergilir Disdikpora–Suzuki dan sebuah sepeda motor Suzuki Titan. Juara kedua diraih I Gede Ricky Rianto dari SMKN 1 Kuta Selatan Badung dengan nilai 258,5 dan juara ketiga diraih Kadek Aryotimor Bramesty dari SMKN 1 Denpasar dengan nilai 258.


Eka_DOT

» Read More...

Feature New Jupiter MX



Sumber : www.yamaha-motor.co.id

Secara garis besar tidak banyak perubahannya, tapi Yamaha secara signifikan menambah rem belakangnya yg tadinya pake canvas biasa menjadi Cakram, suatu kemajuan yang patut diacungin jempol, karena Yamaha mendengarkan suara pelanggan





Tipe Mesin : 4 Langkah, 4 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
Diameter Langkah : 54,0 x 58,7 mm
Volume Silinder :134,4 cc
Susunan Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Perbandingan Kompresi : 10,9 : 1

Power Max : Manual Clutch: 9.21kW / 8500rpm | ATCW: 8.93kW / 8500rpm
Torsi Max : Manual Clutch: 12,14 Nm / 6000 rpm | ATCW: 11.79 / 6000rpm

Sistem Pelumasan : Basah

Oli Mesin : Total 1.150 Liter | Berkala 0.94 Liter

Transmisi : Manual Clutch: Return, 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5) | ATCW: Rotary 4 Kecepatan (N-1-2-3-4-N)

Kopling : Basah, Kopling manual, Multiplat | ATCW: Basah, Kopling sentrifugal, Multiplat

Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter


Feature terbaru :
- Ada bagasi
- Rem Belakang Cakram (khusus kopling manual)
- Transmisi 5 Kecepatan (khusus kopling manual), perpindahan giginya mirip motorsport


saran saya, kalau Anda suka motor bebek yang performanya bagus, tarikannya kenceng, bisa lari cepat wus, wus Pilih motor ini

» Read More...

Blog ini di jual senilai 300k.. minat hub 08562954111

Best Artikel

Blog Archive

Powered by Blogger.