SUZUKI SKYWAVE

Skywave 125Jawaban Suzuki terhadap Yamaha…???

Well… pasar skutik makin tambah puyeng… bin mumeeet… !!! Ditanya kenapa…??? Yah .. konsumen disodorkan dengan berbagai bentuk skutik… (mungkin campur deh.. skutik dan skubek.. pokoke.. sama-sama otomatisnya..)…!!! Belum habis yamaha mio soul baru dilaunching … langsung ada tantangan dari Suzuki.. yaitu Skywave..!!! Pasar sesak dengan berbagai pilihan.. sebelumnya ada Honda Vario, Yamaha Mio, Mio Soul, Suzuki Spin, plus tambah Skywave.. belum lagi model Kymco.. yang macem-macem aza model dan tipenya. :D

Strateginya pun sama… sama-sama ‘ganti casing’… mungkin produsen bilang.. bodo.. kompetitor gue ganti casing.. ngapain repot-repot …gue pake fitur-fitur baru.. kelamaan… bisa kalah duluan… (yah efek first mover….) Keliatan nggak mau kalah juga.. Yamaha belom banderol harga resmi…. suzuki pun sama juga… jadi mau ngeliat-ngeliatan.. kali aza bisa ambil keuntungan dari kesalahan langkah kompetitor dari sisi harga… :P Dua-duanya sama pake strategi bisnis…cost leadership dengan mengukur value dari motor… dan innovatif.. dalam artian.. banyak product tapi ganti casing aza… !!! Artinya secara engine sama .. untuk ngurangin fixed cost dari sisi bikin engine… (emang gampang bikin engine..kudu riset dulu… kudu gambar dulu…kudu bikin cetakannya… itu duit maaann)..

Dari sisi perbedaan dengan suzuki spin, yah beda di tangki bensin… sebelumnya 3.7 liters sekarang menjadi 4.7 liters.. (sama juga taktik tangki bensin… dari Yamaha)… Ban agak beda.. dari 14 inch di Suzuki Spin.. menjadi 16 inch di Skywave… Body tambah gambot aza… ban menjadi lebih gede.. dengan penerapan diameter 16 dibandingkan Suzuki Spin.. Berat kendaraan otomatiz tambah berat.. lebih berat 20 kg.. dari 93 kg di Suzuki Spin menjadi 113 kg…. yah sama juga dengan Yamaha Mio Soul… juga tambah beratz… efeknya gimana…??? Power-to-weight ratio nya menurun lah…. dalam artian performance dan tarikannya tambah bolot… !!! Yamaha gimana…??? Sami mawon di Yamaha Mio Soul.. juga bakalan turun… ngakalin nya gimana ??? Yah mainin udara… katanya dua-duanya pasokan udaranya lebih banyak dibandingkan model sebelumnya…!!! Model lampu menempel di body depan… dua-duanya sama… !!!

Demand terhadap motor skutik yang meningkat dari waktu ke waktu , menyebabkan produsen berlomba untuk mengambil opportunity agar menguasai market share..!!! Jadi pilihannya tergantung konsumen.. mau 113cc atau 125cc…??? Yang lain mirip-mirip lah…!!!

POSTED BY TRIATMONO

» Read More...

INFO OTOMOTIF

Ketika Suzuki Menghadapi Tantangan makin Berat

Ibarat adu tinju, Suzuki harus mengeluarkan segala jurus untuk membendung serangan Honda dan Yamaha.

Dalam dua tahun terakhir (2006-2007), persaingan industri kendaraan roda dua Indonesia, merupakan tahunnya Yamaha dan Honda. Sementara dua pabrikan lainnya asal Jepang Suzuki dan Kawasaki makin menurun bila dibandingkan dengan 10 tahun terakhir. {(Lihat Tabel)} Pada tahun 2004, Suzuki berhasil menjual sebanyak 844.235 unit. Kalah tipis dibandingkan Yamaha yang berhasil menjual produknya sebanyak 884.084 unit.

Pada tahun 2005, Suzuki masih bersaing ketat dengan Yamaha untuk memperebutkan pangsa pasar sepeda motor nasional, yang secara keseluruhan mencapai 5,074 juta unit. Keduanya bersaing ketat mempertahankan posisi kedua. Suzuki menjual sebanyak 1.092 juta unit (22 persen). Sementara Yamaha berhasil mengungguli Suzuki dengan menjual sebanyak 1.236 unit (23 persen).

Tahun 2006, pangsa pasar Suzuki makin menurun. Di tahun 2006 ini, Yamaha jauh meninggalkan Suzuki dengan total penjualan berselisih lebih dari dari separo penjualan Yamaha. Saat itu, Yamaha menjual sebanyak 1.458.561 unit (34 persen), sementara Suzuki hanya 568.041 unit (16,5 persen). Beberapa produk yang diluncurkan Suzuki seperti Suzuki Shogun 125SP, Suzuki Arashi 125, Suzuki Thunder 125 (Sport) dan Spin 125cc (Matik), tampaknya kurang menarik minat konsumen Indonesia. Bahkan, Suzuki Arashi 125 yang 'digadang-gadang' bakal menjadi badai bagi pabrikan lainnya (Arashi berasal dari bahasa Jepang yang berarti badai), ternyata angka penjualannya tidak sesuai harapan.

Menjelang HUT RI ke-62 lalu, Soebronto Laras, Presiden Direktur PT Indomobil Suzuki International (ISI) ATPM Suzuki di Indonesia-kembali meluncurkan varian terbaru Shogun, yaitu New Shogun 125 cc. Shogun pernah menjadi andalan Suzuki pada awal tahun 2000-an dengan jargon iklannya yang terkenal, 'Shogun dilawan!'

Mampukah New Shogun 125 melawan Honda Supra X 125, Yamaha MX 135LC, Kawasaki Kaze ZX 130 cc atau Kaze 120 cc? Apakah produk Suzuki terbaru di kelas matik, Skywave 125 cc mampu menghadang pesaingnya seperti Yamaha Mio, Mio Soul dan Nouvo, serta Honda Vario dan Kymco Free LX?

Tentu kita harus menunggu bukti.
Soberonto berharap, produk-produk baru Suzuki ini bisa mengatasi ketertinggalan yang cukup tajam dari kompetitornya itu. Namun, dengan selisih angka yang cukup jauh, Suzuki harus mengerahkan segala kemampuannya untuk mampu merebut pangsa pasarnya yang telah hilang.

Ibarat tinju, sepanjang tahun 2007 ini Suzuki harus berjibaku menghadapi para pesaingnya. Sejak Januari hingga Juli 2007, penjualan Suzuki hanya mencapai 323.604 unit, atau hanya sekitar 13 persen dari total penjualan sepeda motor yang mencapai 2.481.380 unit. Sepanjang Januari-Juli 2007, Honda masih unggul atas Yamaha dengan total penjualan sebesar 1.066.592 unit (43 persen), sedangkan Yamaha menjual sebanyak 1.047.367 unit (42 persen). Sementara itu, Kawasaki hanya mampu menjual sebanyak 21.612 unit.

Jika berkaca dari data penjualan yang ada, pasar sepeda motor yang sesungguhnya tergerus, bukanlah melulu pasar Honda, melainkan pasar Suzuki juga. Pangsa pasar Honda yang selama ini selalu berada pada kisaran 52-53 persen, masih menunjukkan angka yang relatif lebih lebih baik dan berada pada kisaran 43-45 persen. Sementara, pasar Suzuki setiap bulan terus berkurang.

Masyarakat Indonesia selama ini terlalu dibuai dan dimanjakan dengan iming-iming irit bahan bakar dan harga ringan. Bukankah, iklan promo Yamaha seperti diungkapkan Deddy Mizwar, irit bahan bakar yang selama ini didengung-dengungkan itu, tidak lebih dari beberapa tetes saja? Masyarakat juga tidak mau 'dibodohi' lagi dengan baju baru namun pada bagian kualitas bahannya sama seperti yang dulu. Masyarakat tidak mau lagi kalau memakai pembungkus baru, namun bagian dalamnya masih barang lama.

Pertanyaannya, apakah masih mau bertahan dengan produk lama, namun dengan bungkus baru? Jika ya, bersiaplah disalip pabrikan lainnya yang terus mengembangkan teknologi terbarunya. Dan kita tunggu saja, pertarungan selanjutnya. syahruddin el-fikri

( )

» Read More...

international indonesia supercross championship 2007

CROSSER CILIK BALI BERHASIL NAIK PODIUM

DENPASAR,
Senin,3 September 2007


Kadek Rubin Macre (17), crosser Bali gagal naik podium. Sebaliknya, Ade Surya Wibisana, berhasil naik podium. Hanya berbeda kelas saja. Rubin turun di kelas paling bergengsi 125 cc dan belum mampu meladeni Deni Orlando atau Zulfikar. Sedang, Ade Surya Wibisana (12), turun di kelas 65 cc.

Pada kejuaraan balap motor berjuluk Final Internasional Indonesia Supercross Championship 2007 di Sirkuit Tulikup Gianyar Sabtu-Minggu (1-2/9) itu, Rubin tidak bisa berkutik. "Persaingan di kejurnas memang masih berat, dan masih perlu latihan ekstra. Sirkuit kering dan berdebu. Sehingga saya harus berhati-hati dan kosentrasi. Sebab kalau tidak, sedikit lengah, maka akan terulang kejadian di kejurnas Jakarta 2006 lalu. Selain itu, sirkuit berlobang, karena terlalu banyak race. Dan yang terpenting, harus tetap optimis juara di kejuaraan selanjutnya," kata Kadek Rubin Macre, saat ditemui NusaBali, usai perlombaan, Minggu (2/9). Crosser Bali bersaing di kelas 125 cc di tingat nasional, Kadek Rubin Macre. Di kelas 85 cc Satria Pinandika, Daniel Alif Hansfrod, Brody Made Kariarta, dan Gerry Senna. Sementara itu, di kelas 65 cc Ade Surya Wibisana, Ketut Ferdika Ferry dan di kelas 50 cc Peewee Diva Ismaya, dan Alfin Marcello. Sayang, crosser Bali di kelas bergensi tingkat nasional belum menunjukkan kelasnya. Hasil kejuaraan kemarin, di kelas 125 cc Kadek Rubin Macre berada pada finis ke-12. Pada kelas 85 cc Garry Senna finis ke-6, Daniel Alif Hansfrod finis ke-8, dan Gerry Senna finis ke-11. Sedangkan pada kelas 65 cc Ade Surya Wibisana finis ke-1 dan Ketut Ferdika Ferry finis ke-5. Bali sebagai tuan rumah terobati dengan berhasilnya crosser usia belia. Ade Surya Wibisana (12) yang turun di kelas 65 cc berhasil merebut podium. "Sebenarnya di lap-lap pertama hingga ketiga sempat tegang. Tetapi, pelan-pelan saya kondisikan seperti latihan tiap hari, karena setiap hari latihan di sirkuit ini. Jadi tampil semaksimal mungkin, dan jangan sampai terjatuh saja. dan tetap menjaga jarak," kata Ade Ade Surya Wibisana. Sementara itu, Dr. Bagus Darmayasa (45), Ketua Pengprov IMI Bali membenarkan, bagi crosser Bali memang masih perlu latihan lagi. Pasalnya, di Bali perkembangan motor cross masih minim. Dengan adanya even seperti ini memotivasi crosser Bali untuk lebih bersaing di tingkat nasional dan Internasional. Sedangkan sirkuit Tulikup, bagi Bali merupakan kemajuan motorcross. Dan sebagai tempat pariwisata, selain keindahan alam juga adanya wisata otomotif. "Pembalap lokal memang try out mereka di ajang paling bergengsi di tanah air. Kejurnas tahun depan bisa jadi crosser Bali bakal semakin tangguh. Karena bibit di Bali sudah kelihatan. Di kelas 85 cc, misalnya crosser sudah mampu di posisi sedang. Selain itu, sebagai tolak ukur crosser di level nasional. Sehingga nanti bisa memotivasi peningkatan prestasi. Selain itu juga untuk menarik kegiatan otomotif di Bali. Sehingga lima tahun lagi diharapkan muncul pembalap-pembalab Bali yang bisa bersaing di level nasional dan internasional," kata Ir. Ketut Panca Wirawan, 38, Kabid Olahraga IMI Bali. Insiden kecelakaan terjadi saat final kelas 125 cc. Croser dari Jawa Timur Tri Priyo Nugroho kelas 125 cc terjatuh pada lap ke-17, terjungkal setelah lonjakan dan tikungan, dan dia tidak bisa melanjutkan perlombaan. Kejurnas Final Internasional Indonesia Supercross Championship 2007 kemarin, sebagai juara nasional di kelas 125 cc Deni Orlando dari Jawa Tengah, posisi kedua Zulfikar dari Aceh Darussalam. Sedangkan juara Internasional Troy Carrol dari Australia, posisi kedua Thanarat Penjan dari Thailand. "Saya sebenarnya sempat kecelakaan dan bertabrakan dengan Zulfikar. Tetapi, motor saya masih hidup, langsung saya tancap dan tetap kosentrasi. Akhirnya, saya bisa juara," kata Deni Orlando, usai perlombaan.

sumber NusaBali

» Read More...

mio soul

'Mio Soul', Yamaha Mio Edisi Spesial Pria
Kapanlagi.com - Produsen sepeda motor matik asal Jepang, Yamaha, yang memproduksi Mio untuk segmen perempuan mulai membidik sepeda motor matik untuk laki-laki dengan merek Mio Soul.

"Dalam perkembangan permintaan Mio saat ini tidak hanya didominasi kalangan perempuan tapi juga laki-laki. Presentasenya sudah 50:50," kata Wakil Presdir PT Yamaha Motor Indonesia (YMI) Dyonisius Beti pada peluncuran Mio Soul, di Jakarta, Rabu malam (15/08).

Ia mengatakan pada awal peluncuran Mio di Indonesia tahun 2003, sekitar 90% penjualan Mio didominasi konsumen perempuan, namun dalam perkembangannya ternyata Mio juga disukai kalangan pria.

"Karena itu, kami mengembangkan Mio untuk segmen laki-laki dengan body (badan) lebih besar dan sporty," ujarnya.

Dyonisius menargetkan penjualan Mio Soul mampu menembus angka sekitar 20 ribu unit per bulan.

Sejak Mio diluncurkan sampai sekarang, komunitas sepeda motor tersebut sudah mencapai sekitar 700 ribu unit, sehingga YMI berencana mengembangkan bisnis aksesoris untuk sepeda motor matik tersebut.

Presdir YMI Yoshiteru Takahashi mengatakan pihaknya akan mengembangkan bisnis aksesoris sepeda motor di Indonesia karena tren permintaannya terus meningkat.

"Setiap tahun penjualan aksesoris naik sekitar 5-6%, karena itu kami akan serius menggarap bisnis ini dengan memasarkan 50 jenis aksesoris untuk Mio pada November nanti (2007)," katanya.

Untuk itu, YMI menggandeng 4-5 vendor aksesoris sepeda motor dari Indonesia dan dua vendor dari Thailand untuk aksesoris yang membutuhkan teknologi tinggi.

"Pada tahap awal komposisi aksesoris sepeda motor yang akan dipasarkan di Indonesia sekitar 50% impor dan 50% lokal. Tapi ke depan akan kami tingkatkan pasokan aksesoris dari vendor lokal menjadi 70%," ujar Takahashi.

Ia optimis bisnis aksesoris sepeda motor akan berkembang, sama dengan negara lainnya seperti Thailand, Jepang, dan Amerika Serikat.

"Konsumen di Indonesia sekarang juga banyak menonjolkan jati dirinya lewat motor, sehingga permintaan aksesoris tumbuh," katanya. Setelah aksesoris Mio, YMI juga berencana mengembangkan aksesoris ke jenis sepeda motor lain baik Jupiter MX maupun Vixion. (*/rit)/ sumber www.kapanlagi.com

» Read More...

Sepeda Motor Baru

Penjualan Sepeda Motor Meningkat
Pabrikan Bersaing Munculkan Model Baru


Sepeda motor tipe terbaru diperkirakan akan muncul pada pameran sepeda motor "The 2nd Jakarta Motorcycle Show" yang berlangsung 4-12 September mendatang di Jakarta. Pada pameran itu tampil berbagai merek paling beken asal Jepang yang mendominasi pasar yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki, juga beragam merek motor produksi RRC dan Taiwan.

Berdasarkan informasi para eksekutif pabrikan terkemuka asal Jepang kepada "otokir", diperoleh bocoran bahwa model baru atau "face lift" berbagai model/tipe yang sudah eksis akan dipajang pada kesempatan itu.

Dari 4 pabrikan terkemuka itu, Honda bisa disebut yang paling "pelit" untuk urusan meluncurkan model baru karena permintaan pasar untuk berbagai tipe yang diproduksi saat ini tetap tinggi. Dalam benak pikiran para ahli strategi pemasaran motor berlambang sayap ini, tidak perlu meluncurkan model baru. Alasannya, model lama pun sudah laku keras. Bahkan konsumen harus antre untuk mendapatkan model tertentu.

Contohnya untuk model sport Honda Tiger, sejak dipasarkan di Indonesia tepatnya 10 tahun lalu (1994), hingga kini nyaris tak pernah berubah kecuali hanya mengalami "face lift" (make up baru).

Untuk model bebek, juga tak ada perubahan drastis, kecuali pemunculan model baru Honda bebek Karisma 125 cc yang diluncurkan 2002. Itu pun diadopsi dari produk Thai Honda Motor, yaitu Honda "Wave". Hanya untuk konsumen Indonesia tetap ketinggalan karena motor jenis ini di Thailand sudah diluncurkan dengan sistem "injector" (pengganti karburator). Itu menjadikan "Wave" sebagai motor terkecil di dunia yang memakai sistem injection.

Menurut sebuah sumber, pada pameran motor di Jakarta itu, PT Astra-Honda akan memamerkan Honda Karisma yang memakai injector. Namun belum diketahui, apakah konsumen sudah bisa memesannya atau belum. Model lainnya Honda CBR 160R yang penampilannya mirip Honda RC211V (990 cc) di arena MotoGP, tapi kapasitasnya mini hanya 1/4-nya.

Sementara pesaing utama lainnya yaitu Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) akan meluncurkan model yang sudah ada tapi dengan varian lain seperti Yamaha Mio sport dan Nouvo sport. Model lainnya Scorpio dengan warna strip baru.

Menurut Mr. Ishiguro, salah satu petinggi dari R & D Yamaha yang bertugas di YMKI, Yamaha kini tengah berupaya meraih pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia khususnya jenis bebek generasi baru seperti Nouvo dan Mio. Jenis motor bebek itu mempergunakan sistem trasmisi CVT (continues variable transmission) yang tadinya hanya dipakai pada jenis skutmatik (skuter otomatis).

Terbukti skutmatik yang rodanya kecil (seperti skuter) kurang di sukai konsumen Indonesia karena kondisi jalannya kurang baik.

Jenis Nouvo dan Mio kini amat laris penjualannya sementara skutmatik yang diproduksi Kymco penjualannya masih di bawah.

Untuk jenis sport Yamaha mengaku belum akan meluncurkan model baru dari jenis 4 tak. Pabrikan itu cukup puas dengan Scorpio-nya. "Kami konsentrasikan untuk sepeda motor bebek seperti Vega, Jupiter (4 tak) saja, sedangkan jenis 2-tak hanya F1Z ," ujar Ishiguro.

Kawasaki Motor Indonesia yang menduduki urutan ke-4 untuk pasar motor, menurut kabar akan meluncurkan model baru dengan merombak besar besaran pada penampilan model bebek Kaze-R yang telah beredar sejak 1995.

Penampilan baru Kaze-R diharapkan akan membuat konsumen motor lebih berminat membelinya, karena selain kapasitas mesinnya ditingkatkan dari 111 cc menjadi 125 cc juga ada berbagai fitur baru.

Bagi yang ingin harganya lebih ekonomis tersedia Kawasaki Blitz Joy juga dengan kapasitas mesin 125cc. Untuk jenis sport ada Ninja 150 (2 tak) dan motor jenis chopper yaitu Eliminator.

Untuk jenis build up akan hadir pula pabrikan dari Eropa seperti Ducati dengan model barunya 999R, Aprilia dengan RS 125 dan RS 250. Begitu pula Cagiva dengan V-Raptor 1000, Mito 125 dan Stella 125. Sedangkan Harley Davidson (AS) mungkin akan menampilkan Road King Classic, Electra Glide, dan V"ROD-A serta B. (ovi/bk) **

» Read More...

inonvasi teknologi audi

Industri Otomotif: Audi Hadirkan Inovasi Teknologi
Posted by: dede

Berita Tahun ini Audi kembali menghadirkan inovasi baru berupa teknologi pengendalian suara yang akan memberikan kenyamanan maksimum dalam berkedaraan. Teknologi ini bekerja meminimalkan efek suara yang ditimbulkan oleh gerakan mobil.




Teknologi ini bekerja untuk berbagai tipe jalan, kecepatan dan temperature yang berbeda, sekaligus efek suara dari gerakan pintu, tempat duduk maupun glove compartments.

Selain inovasi teknologi, Audi juga menjalin kerja sama dengan mendirikan sekolah mengemudi. Sekolah yang diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja tersebut terletak di arena bermain Legoland Deutschland, Gunzburg di Bavaria. Karena itu diberi nama Audi Legoland.

Dengan quartal pertama tahun ini, Audi A4 tercatat meraih angka penjualan tertinggi. Itu ditandai dengan terjualnyaAudi A4 3.0 Multitronic kedua juta di Ingolstadt, Jerman. Selain itu Audi A4 Cabriolet terpilih sebagai Best Car of 2002 oleh suau majalah auto motor dan olah raga di Jerman.

SUARA PEMBARUAN

» Read More...

Ford Harley-Davidson F-150

Kreasi Dua Raksasa Otomotif

RAKSASA otomotif Amerika, Ford dan Harley-Davidson, bersatu dan menggebrak. Masing-masing tersohor selalu consist dengan style dan kekuatannya. Ford dengan konsep truck-nya, menggandeng Harley-Davidson dengan ketenaran mesin berkapasitas besar.

Perkawinan itu membuahkan pick up Ford Harley-Davidson F-150. Kesan garang dicitrakan Harley-Davidson, berpadu style elegant dari Ford terlihat tegas.

Tidak tanggung-tanggung, pick up ini dibekali kekuatan 450 tk. Ford Harley-Davidson TM F-150 itu, muncul dengan kemewahan warna Ebony Black atau Dark Amethyst.

Siluet gemerlap dari krom andalan Harley-Davidson, menambah kesan mewah dan kokoh pada body kit pick-up itu. Sedangkan sektor kaki, terdapat roda berukuran besar, 22 inci.

Melirik bagian interior, ternyata F-150 tidak mau meninggakan sentuhan krom. Mewakili sifat garang berkewan mewah. Dari pedal set, tuas persneling, sampai pada frame speedometer, semua dipoles dengan krom.

Ford Harley-Davidson F-150 merupakan model ke sembilan hasil kerjasama Ford dan Harley-Davidson. Dengan kualitas unggulan, kendaraan ini dibuka mulai harga USD 37,2 ribu sekitar Rp 336 juta. Tertarik? (car)/ pontianak pos

» Read More...

Blog ini di jual senilai 300k.. minat hub 08562954111

Best Artikel

Blog Archive

Powered by Blogger.