Mobil Hijau Warnai IIMS 2008

IIMS 2008, Jakarta

TOYOTA, Honda, dan Mitsubishi merupakan tiga dari beberapa merk mobil yang memperkenalkan mobil hybrid di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008. Toyota menampilkan I-Real, FT-HS dan Prius.
Honda menampilkan Civic Hybrid sedangkan Mitsubishi memperkanlkan i-MiEV dan Canter Eco-D. Hanya saja, kendaraan ini belum bisa diperoleh dengan mudah. Selain harganya mahal juga dijual terbatas dan bahan bakarnya masih langka.

Mobil hybrid adalah mobil yang menggunakan tenaga penggerak seperti perpaduan antara bahan bakar minyak dan listrik.
Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Joko Trisanyoto, di ajang IIMS 2008 mengatakan, harga mobil Hybrid masih mahal karena tidak mendapat subsidi dari pemerintah. Padahal, mobil hybrid dapat menghemat bahan bakar minyak (BBM).
Kendati demikian, sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) tetap melakukan pengembangan mobil Hybrid. Toyota misalnya, sejak tahun 2007 telah melepas Prius Hybrid di Indonesia.

Marketing PT TAM Achmad Rizal mengatakan, tahun 2007 TAM menawarkan empat unit Prius Hybrid dan tahun ini juga menawarkan empat unit Prius Hybrid. Harganya di atas Rp 400 juta.
I-Real adalah pengembangan dari i-Unit yang diperkenalkan tahun lalu. I-Real dinilai siap dikomersilkan. I-Real terbuat dari tumbuhan kenaf, salah satu jenis tumbuhan dari Indonesia yang kini dikembangkan di Lamongan, Jawa Timur. Bahkan 50 persen interir dan underbody I-Real dari kenaf.
Sementara FT-HS adalah kendaraan sport Toyota yang dibangun dengan kombinasi hybrid powertrain dengan racing car.
Concept Planner FT-HS, Chiharu Tamura, mengatakan, secara sederhana FT-HS serasa mobil Ferrari tapi dengan bahan bakar seirit mobil empat silinder.
Mengandalkan mesin V6 3,5 L yang powerfull, FTHS dilengkapi dengan Toyota Hybrid Synergy Drive hingga menghasilkan tenaga kurang lebih 400 tenaga kuda dan hanya membutuhkan waktu empat detik untuk akselerasi dari nol menuju 60 km.

Didesain dibawah Calty, sebuah pusat riset Toyota yang berbasis di Amerika Utara, juga dengan dukungan kelompok Advanced Product Strategy milik Toyota yang berbasis di California.

Kendaraan dibanderol dengan harga menengah, sehingga diklaim sebagai kendaraan sport paling ideal di abad 21.

Honda
President Director PT Honda Prospect Motor, Yukihiro Aoshima, mengatakan, Honda Civic Hybrid di Indonesia merupakan bentuk dukungan Honda bagi kampanye lingkungan di Indonesia dan apresiasi terhadap kontribusi individu dan organisasi pecinta lingkungan.
Bahkan di ajang IIMS, Honda menyerahkan kunci Civic Hybrid kepada kepada pembeli pertama Civic Hybrid, yaitu PT Borneo Minmet Indonesia dan seorang pelanggan bernama Erick Vincen.
"Kami harap, hadirnya mobil-mobil yang ramah lingkungan membantu memperbaiki kualitas udara, khususnya di daerah perkotaan dan mengifisienkan pengunaan bahan bakar," katanya.
Direktur PT Borneo Minmet Indonesia, Herwan Susanto, mengatakan, kepedulian terhadap lingkungan harus diwujudkan dalam tindakan nyata diantaranya adalah menggunakan produk-produk yang memberikan dampak semininal mungkin pada lingkungan.
"Kami mengharapkan pemerintah Indonesia untuk lebih memperingan biaya masuk kendaraan (hybrid) supaya lebih terjangkau," katanya.
Mitsubishi
Sementara Mitsubishi memperkenalkan i-miEV (Mitsubishi innovative electric vehicle), yaitu kendaraan bertenaga listrik penuh yang merupakan pengembangan dari desain unik Mitsubishi i dengan tujuan mengurangi emisi CO2 dan sebagai kendaraan altenatif yang tidak bergantung pada bahan bakar fosil.
Kejutan Mitsubishi lewat ATPM PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors adalah mendisplai Canter Eco-D. Kendaraan niaga (truk) sebagai kendaraan konsep masa depan.
Truk hybrid ini pertama kali dibuat di dunia untuk menunjukkan penggunaan lebih jauh dari kendaraan hybrid serta teknologi mutakhir yang dapat dikembangkan pada kendaraan niaga masa depan.
Canter Eco-D hybrid adalah kendaraan konsep komersial berbentuk dump truck yang stylish, aman, dan fungsional. Menggunakan tenaga elektrik sistem hybrid Eco-D dengan komponen utama yaitu tiga liter DOHC bermesin diesel 92 KW, generator atau penggerak listrik ultra slim 35 kW, bateraoi lithium (Li)-ion berperforma tinggi, serta transmisi mekanis otomatis Inomat-II.
Canter Eco-D mengadopsi sistem hybrid paralel yang telah ada pada kendaraan produksi massal MItsubishi lainnya, yaitu Canter Eco hybrid light duty truck.

Harga Daihatsu
Dari ajang IIMS terungkap, untuk memberikan kemudahan mendapatkan mobil bagi konsumen menengah bawah dan menggaet pengguna motor beralih ke mobil maka Daihatsu menggelar program Happy Credit.
Program itu menawarkan kendaraan Daihatsu dengan harga 50 persen saja untuk dicicil dalam tempo tiga tahun.
Sedangkan 50 persen sisanya dapat dilunasi setelah masa tiga tahun kredit pertama atau dicicil kembali selama tiga tahun lagi atau konsumen dapat menukarnya dengan kendaraan Daihatsu baru lainnya.Hanya saja, paket ini masih terbatas di are Jakarta, Bogor,Depok, Tangerang, dan Bekasi.
Executive Coordinatotr Marketing Communication PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rokky Irvayandi, mengungkapkan hal itu di Press Room IIMS, JCC, kemarin.
Katanya, program yang bekerja sama Astra Credit Company kemungkinan akan ditawarkan di berbagai daerah. Hanya saja, ADM akan melakukan evaluasi dulu.
Program juga masih dibatasi untuk pembelian gran max dan New Xenia MI. Kemungkinan akan dibuka diberbagai daerah di Indonesia namun ADM akan melakukan evaluasi dulu.
Dalam pergelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008, ADM mematok target penjulan 350 unit. di IIMS 2007, ADM membukukan penjualan lebih dari 200 unit. Secara nasional penjualan Daihatsu cukup tinggi dengan rata-rata 5.500-6000 unit sebulan.
Daihatsu juga memberikan terobosan baru dengan menawarkan Happy Passport yaitu paket perawatan berkala kendaraan yang terencana dan ekonomis, yang meliputi biaya perawatan, penggantian oli dan suku cadang selama tiga tahun di seluruh bengkel Daihatsu.
Manfaat dari Happy Passport ini adalah pelanggan akan mengeluarkan biaya perawatan yang jauh lebih murah dari kondisi normal dan bebas dari kenaikan harga serta garansi perawatan.
ADM berpartisipasi pada IIMS 2008 yang berlangsung mulai 11-20 Juli 2008 mengusung tema Enricing Yours Precious Life yang tercermin dalam tujuannya memberikan arah untuk kualitas kehidupan yang lebih baik melalui teknologi otomotif yang efisien dan ramah lingkungan.
Diatas lahan 1.008m2, Daihatsu menampilkan 10 kendaraan yang terdiri atas 1 unit model konsep Daihatsu OFC-1, 3 unit kendaraan model model best seller di Jepang (Daihatsu Tanto Custom, Move Custom dan COO), dan 6 unit model domestik yang sebagian besar telah di dressed up. Dalam pameran selama 10 hari ini, Daihatsu menargetkan jumlah penjualan 350 unit.
Sedangkan best seller adalah Daihatsu Tanto Custom, Move Custom, dan Coo. Daihatsu Tanto Custom RS tampil dengan konsep eye catch miracle, yaitu volume interior yang paling lega di kelasnya, sliding door electric tanpa pilar tengah yang memudahkan akses keluar masuk. Menggunakan mesin 660 cc tiga silinder 12 valve.

Kontribusi Makassar
Penjualan mobil nasional semester pertama diperkirakan mencapai angka 290 ribu unit, lebih tinggi dari target awal yang hanya 270-an unit. Pencapaian ini karena dipengaruhi industri otomotif yang produksi mobil hemat energi, seperti Toyota.
Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Bambang Trisulo, mengungkapkan hal itu pada pembukaan IIMS.
Dia menilai bahwa Toyota memberikan kontribusi yang cukup besar dalam penjualan, baik di dunia maupun Indonesia. Pada semester pertama 2008, Toyota Indonesia membukukan penjualan 98.703 unit.
Jika melihat data penjualan mobil di Makassar yang mencapai 5.033 pada semester pertama 2008 maka Makassar memberikan kontribusi 1,7 persen dari total penjualan nasional.
Marketing Communication PT Toyota Astra Motor (TAM), Achmad Rizal, mengatakan, Toyota memperkenalkan mobil-mobil baru yang akan menambah penjualan Toyota.
Buktinya, mobil baru seperti New Alphard yang awalnya ditargetkan terjual 30-an unit, ternyata pengindennya mencapai 50-an unit. New Alphard dibanderol Rp 1,1 miliar. Selisih Rp 400-500 juta dengan Alphar lama.
Selain Alphard, Toyota juga memperkenalkan New Land Cruiser, New Fortuner, dan Toyota Yaris TRD. Sementara merek lainnya, menampilkan produk baru seperti Mazda RX8 dan Mazda CX9, Chery QQ yang mesinnya diupgrade menjadi 1.100 cc Rp 79,5 juta, Nissan Xtrail, Proton Gen2 Persona, dan Ford.


0 comments:

Post a Comment

Blog ini di jual senilai 300k.. minat hub 08562954111

Best Artikel

Blog Archive

Powered by Blogger.