Ultimate Value Strategy VS Ultimate Sandwich Strategy

image

Ultimate super sandwich


Menarik sekali artikel dari Mind genesis tentang berbagai strategi menghadapi kompetitor. Dalam hal ini yang jadi aktor utama adalah Vixion, Byson dan si misterius Teralis yang kabarnya segera mengaspal.


Read more »

» Read More...

Artikel Tips dan Trik Otomotif

Tips Otomotif
Tips Otomotif
Otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil dan sepeda motor. Otomotif mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan system dan subsistem. Oleh karena itu, otomotif pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua sistem dan subsistem tersebut.. Untuk menjaga mobil dapat berfungsi dengan baik, dibutuhkan service secara teratur (berkala). Pekerjaan service berkala sebaiknya dilakukan oleh mekanik berpengalaman sesuai standar prosedur yang dilakukan oleh ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) dan sesuai jenis kendaraan yang dirawat serta kilometer yang telah dicapai. Juga diperlukan Spooring yang menggunakan computerized alignment yang sangat akurasi dan didukung oleh operator yang sangat berpengalaman. Tools lain yang digunakan adalah Star Diagnostic dan Multi Scanner yang berfungsi untuk membaca dan melacak aspek kesalahan pada berbagai merk dan jenis kendaraan yang pengoperasiannya didukung oleh operator yang ahli. Pompa bahan bakar atau dikenal juga dengan nama Fuel Pump adalah salah satu komponen dalam sistem bahan bakar pada sebuah kendaraan atau mesin pembakaran dalam lainnya. Sebagian mesin tidak memerlukan pompa bahan bakar karena dari desainnya dan dengan gravitasi, bahan bakar akan mengalir dengan sendirinya dalam sistem bahan bakarnya. Sebagian yang lainnya harus menggunakan pompa untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki bahan bakar. Pada mesin dengan menggunakan karburator, umumnya menggunakan pompa mekanis bertekanan rendah yang terpasang di luar tangki bahan bakar, sedangkan mesin dengan injeksi bahan bakar, sebagian memiliki 2 macam pompa dalam sistem penyaluran bahan bakarnya, Pompa bahan bakar tekanan sedang/volume besar di tangki atau lebih dikenal dengan nama Fuel Pump. Pompa ini berfungsi untuk menyuplai kebutuhan dalam sistem injeksi bahan bakar. Umumnya pompa elektris yang terpasang dalam tangki bahan bakar. Pompa tekanan tinggi/volume rendah atau lebih dikenal dengan nama Fuel Injection Pump (FIP). Pompa ini ada dalam sistem injeksi bahan bahan bakar berfungsi untuk memompa bahan bakar dalam tekanan tinggi untuk suplai ke injektor. Sebagian mesin dengan injeksi bahan bakar tidak memiliki pompa bahan bakar. Sistem injeksi bahan bakar menyedot bahan bakar langsung dari tangki atau FIP memompa bahan bakar dari tangki menuju injektor. Pompa bahan bakar memiliki dua jenis: Pompa bahan bakar mekanis. Pompa bahan bakar elektris. Suspensi adalah kumpulan komponen tertentu yang berfungsi meredam kejutan, getaran yang terjadi pada kendaraan akibat permukaan jalan yang tidak rata yang dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan pengendalian kendaraan. Sistem suspensi kendaraan terletak di antara bodi (kerangka) dengan roda. Ada dua jenis utama suspensi yaitu : Sistem suspensi dependen atau sistem suspensi poros kaku (rigid). Sistem suspensi independen atau sistem suspensi bebas. Roda dalam satu poros dihubungkan dengan poros kaku (rigid), poros kaku tersebut dihubungkan ke bodi dengan menggunakan pegas, peredam kejut dan lengan kontrol (control arm). Awalnya semua kendaraan menggunakan sistem ini. Sampai sekarang sebagian besar kendaraan berat seperti truck, masih menggunakan sistem ini, sedangkan kendaraan niaga umumnya menggunakan sistem ini pada roda belakang. Sistem transmisi, dalam otomotif, adalah sistem yang berfungsi untuk konversi torsi dan kecepatan (putaran) dari mesin menjadi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda untuk diteruskan ke penggerak akhir. Konversi ini mengubah kecepatan putar yang tinggi menjadi lebih rendah tetapi lebih bertenaga, atau sebaliknya. Torsi tertinggi suatu mesin umumnya terjadi pada sekitar pertengahan dari batas putaran mesin yang diijinkan, sedangkan kendaraan memerlukan torsi tertinggi pada saat mulai bergerak. Selain itu, kendaraan yang berjalan pada jalan yang mendaki memerlukan torsi yang lebih tinggi dibandingkan mobil yang berjalan pada jalan yang mendatar. Kendaraan yang berjalan dengan kecepatan rendah memerlukan torsi yang lebih tinggi dibandingkan kecepatan tinggi. Dengan kondisi operasi yang berbeda-beda tersebut maka diperlukan sistem transmisi agar kebutuhan tenaga dapat dipenuhi oleh mesin.

» Read More...

Artikel Otomotif: Mobil

Mobil
Mobil
Mobil (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan Latin 'movére' (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil disebut menyetir. Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa penumpang. Tidak diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak. Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip dengan sebuah kereta salju. Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amerika Serikat. Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya, yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel. Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Karl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart. Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk mesin mobil dua tak. Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS. Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada 1910-an. Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia. Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac pada tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban. Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya "Fardier" dengan tembok pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang dicatat adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13 September 1899 di New York City. Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor). Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun. Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi. Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh. Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan mengurangi bahaya api sistem bahan bakar. Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai pada 1958 di Ford Motor Company. Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada ruang penumpang. Ada tes standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi. Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari kecelakaan mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap tahun, angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka dan cacat.

» Read More...

Artikel Sport Otomotif

Sport Otomotif
Sport Otomotif. Artikel Sport Otomotif adalah satu perangkat aturan teknis untuk balap mobil kursi tunggal (single seater) yang diumumkan oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA),lembaga tertinggi yang bertanggung jawab atas segala jenis olahraga otomotif. Aturan tersebut dibuat tahunan serta menjelaskan secara rinci ukuran maksimal dan minimal kapasitas mesin, aturan teknis, dan aturan keselamatan pembalap serta penonton. Mobil yang dibangun dengan aturan ini disebut dengan mobil Sport Otomotif dan perlombaan yang menggunakan mobil tersebut dinamakan balap mobil Sport Otomotif. selain itu ada spesifikasi kelas lainnya dari FIA, seperti F-3 dan F-3000. Namun Sport Otomotif ialah tingkat kompetisi tertinggi yang terdapat di dunia olahraga otomotif. Setiap pembalap yang ikut ambil bagian dalam kompetisi Sport Otomotif, baik sebagai pembalap utama maupun cadangan wajib memiliki super license, sebuah tanda masuk bagi calon pembalap Sport Otomotif yang dikeluarkan FIA. Untuk mendapatkannya seorang calon pembalap diharuskan mengendarai mobil Sport Otomotif sepanjang 300 km dan disaksikan oleh wakil dari FIA. Apabila mereka menilai bahwa pembalap tersebut layak untuk berlomba di Sport Otomotif, FIA akan memberikan super license dan sang pembalap bebas mengikuti lomba Sport Otomotif. Sejak mesin bensin diperkenalkan Nikolaus Otto pada 1876, dinamikanya sangat pesat mengikuti gaya hidup manusia. Salah satunya, keinginan untuk berkompetisi. Sejarah mencatat pada tahun 1894, balapan antar kota Paris ke Rouen menjadi cikal bakal balap F1. Saat itu mobil bisa ditumpangi lebih dari seorang. Aturan tak seketat sekarang, bahkan ada acara untuk makan siang. Hampir seluruh kompetisi dilangsungkan menempuh jarak antarkota. Jalanannya kotor, berdebu dan tanpa fasilitas sama sekali. Pesertanya berasal dari beberapa negara. John Gordon Bennet, seorang raja koran Inggris tercatat sebagai orang pertama yang mempeloporinya. Sirkuitnya mengambil jalan umum yang ditutup. Sejak itu, jumlah sirkuit tertutup yang dibangun semakin banyak bermunculan di Eropa. Pabrikan mobil yang ikut serta juga bukan hanya Peugeot dan Panhard. Mercedes-Benz, Bugatti, Maserati, Auto Union dan Alfa Romeo meramaikan di awal dekade 30-an. Teknologi mesin balap juga semakin meningkat. Dimulai Prof. Ferdinand Porsche, kepala desainer Auto Union, yang menciptakan mesin 4400 cc bertenaga 295 dk. Mercedes ikut bereaksi dengan mesin 4700 cc yang berkemampuan 470 dk. Auto Union menambah kapasitas mesinnya menjadi 6000 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 520 dk. Puncaknya pada 1937 ketika Mercedes merilis W125. kapasitas mesin 8 silinder ini mencapai 5600 cc dan menghasilkan tenaga 580 dk. Supercharger sebagai komponen pendongkrak tenaga sudah lazim dipakai. Kelanjutan balapan ini sempat terhenti saat masa perang dunia I dan II. Baru pada 13 Mei 1950 balap F1 resmi digelar di sirkuit Silverstone, Inggris. Kompetisi dibuka Raja George VI dan Putri Elizabeth. Di lomba ini pula istilah Grand Prix diperkenalkan. Balapan pertama diikuti 21 peserta dengan kendaraan single seater gerak roda depan. Meskipun dilengkapi supercharger, mobil masih sulit dikendalikan di trek. Pembalap legendaris yang muncul adalah Juan Manuel Fangio. Ia menjuarai beberapa kejuaraan memakai Alfa Romeo, Mercedes, Ferrari dan Maserati.Pada tahun ini pula Ferrari sebagai pabrikan asal Italia, menorehkan sejarah. Pembalap Ascari, Fangio dan Hawthorn berhasil menarik perhatian publik dengan menjuarai beberapa GP di rentang 1952-1958. Perubahan mulai muncul di era 1960-an. Salah satunya pergantian gerak roda belakang. Perubahan ini juga membuat keuntungan di titik gravitasi yang lebih rendah. Konsekuensinya posisi pengemudi menjadi lebih rebah. Sasis monokok diperkenalkan Colin Champman pada 1963 di mobil 25/33. kendaraan ini pula yang sempat mendominasi beberapa lomba dengan pembalap Jim Clark. Seperti era sebelumnya, di dekade 1970-an ditandai dengan kemajuan revolusioner teknologi balap. Setidaknya tercatat 3 inovasi baru di bidang ini. Yaitu revolusi aerodinamika, peranti turbo dan siluet sasis.Peran aerodinamika mulai mendapat perhatian di musim 1968. Peran mesin menuntun kemampuan bentuk sasis yang prima. Ketika itu Ferrari mempelopori pemakaian sayap (wing) di mobil 312 pacuannya. Hal ini merupakan perubahan signifikan karena sebelumnya seluruh mobil F1 berbentuk seperti cerutu. Dengan revolusi aerodinamika ini, daya tekan mobil ke aspal bertambah meskipun bergerak pada kecepatan tinggi dan berada di tikungan. Ditambah bagian bawah sasis yang dibentuk sedemikian rupa agar mampu mengalirkan udara lebih lancar.Pada dekade ini Jackie Stewart dan Niki Lauda muncul sebagai penguasa. Keduanya berhasil menjadikan balap F1 makin digemari penduduk dunia. Terbukti pihak sponsor berlomba lomba untuk berpromosi di ajang tersebut.

» Read More...

Artikel Otomotif: Sepeda Motor

Sepeda Motor
Sepeda Motor
Sebuah sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang ditenagai oleh sebuah mesin. Rodanya sebaris dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap tidak terbalik dan stabil disebabkan oleh gaya giroskopik; pada kecepatan rendah pengaturan berkelanjutan setangnya oleh pengendara memberikan kestabilan. Motor banyak variasinya: beberapa motor dilengkapi dengan papan kaki dan bukan "gagang injekan", seperti motor Tiongkok, dan mobil samping dan juga beroda tiga, yang biasa disebut sebagai trike. Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk beberapa kalangan dan penggunaan bahan bakarnya irit serta biaya operasionalnya juga sangat rendah. Pada periode lebaran sepeda motor digunakan mudik untuk perjalanan jarak jauh, dari Jakarta sampai ke Jawa Timur, Lampung. Hal ini disebabkan karena dengan menggunakan sepeda motor akan lebih menekan biaya perjalanan, di samping itu bila sudah sampai di kampung halaman dapat digunakan sebagai kendaraan yang efektif. Jenis-jenis sepeda motor: sepeda motor Cruiser, jenis motor ini biasanya memiliki posisi stang yang tinggi, posisi kaki yang relatif ke depan, dan posisi kursi yang rendah.Posisi mengemudi ini menciptakan kenyamanan ergonomika pada pegemudi. Motor Cruiser memiliki daya belok yang terbatas karena desainnya. sepeda motor Dual Sport, memiliki posisi mesin yang tinggi, ban dengan permukaan khusus untuk melewati berbagai macammedan dan posisi stang yang dibuat supaya dapat dikendalikan dengan mudah saat melewati ringtangan. Motor jenis ini memiliki settingan mesin yang berfokus pada tenaga pada putaran bawah dan tenaga mesin difokuskan pada gigi-gigi yang lebih rendah seperti gigi 1 dan 2. Bobot pun dibuat seringan mungkin demi mengembangkan kemampuan menjelajahi berbagai medan. sepeda motor Touring, jenis motor yang digunakan untuk kenyamanan pada perjalanan jauh. Kebanyakan motor touring memiliki fitur-fitur mewah seperti GPS, TV, Radio, kursi penumpang yang besar, dan lemari yang banyak. sepeda motor Skuter, motor berukuran kecil yang memiliki konsumsi bensin yang baik dan kelincahan dalam menyelip lalu lintas. sepeda motor Bebek, atau disebutnya moped, adalah jenis motor yang dahulunya dalah sepeda bertenaga pedal manusia dan setengah listrik, kini menjadi sepeda motor bertenaga bensin. Memiliki pengendalian melebihi skuter namun lebih ekonomis dari motor sport. sepeda motor Motor sport, jenis motor yang memiliki performa dan pengendalian yang lebih.Posisi mengemudi pun difokuskan untuk menjaga titik gravitasi supaya pengendalian lebih terkendali. sepeda motor Sport Touring, Gabungan anatara touring dan sport, motor sport touring adalah motor sport yang masih memiliki faktor-faktor kenyamanan. Sepeda motor listrik, merupakan kendaraan yang sama sekali tidak menggunakan bensin. Beberapa warga negara Indonesia sudah lama menggunakan sepeda motor jenis ini, baik untuk keperluan pribadi maupun usaha. Sepeda motor listrik adalah kendaraan tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Seiring dengan mencuatnya masalah pemanasan global dan kelangkaan BBM maka kini produsen kendaraan berlomba-lomba menciptakan kendaraan hibrida, dan sepeda motor listrik termasuk salah satu di dalamnya. Sampai sekarang di Indonesia telah tersedia tipe dengan kecepatan 60 km/jam, dilengkapi rem cakram, lampu penerangan dekat dan jauh, lampu sein, lampu rem serta klakson. Pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan menegaskan kendaraan ini tidak memerlukan STNK. Disamping itu, Dinas Perhubungan menambahkan pernyataan juga tidak diperlukannya BPKB. Secara umum sumber tenaga sebuah sepeda motor hibrida adalah akumulator, tapi perkembangan dalam sel bahan bakar menyebabkan terciptanya beberapa prototipe menggunakannya. Beberapa contoh misalnya ENV dari Intelligent Energy memanfaatkan proses Fuel Cell hidrogen, pada Honda teknologi ini diberi nama Honda FC Stack, dan FC-AQEL pada Yamaha. Terdapat pula sepeda motor listrik-hibrida berbahan bakar yang sedang dikembangkan. Contoh jenis ini misalnya adalah Ecycle, dan Gen-RYU dari Yamaha. Dan kini banyak dilakukan inovasi dan terobosan baru dalam menciptakan jenis baterai sebagai sumber energi yang dapat menunjang jarak tempuh kendaraan ini. Jarak tempuh terjauh yang dapat dicapai oleh sepeda motor listrik di Indonesia pun telah meningkat secara signifikan menjadi 80km dan untuk jarak tempuh sedemikian hanya perlu mengeluarkan biaya Rp. 900. Sedang untuk jalan menaik kendaraan mampu naik dengan sudut kemiringan sampai 30 derajat. Waktu yang diperlukan untuk mengisi penuh akumulator adalah 8 jam dan akumulator dapat diisi kapan saja tanpa menunggu habis. Dan ini semua terus bergulir seperti yg terangkum dalam uraian sejarah di bawah ini. Sepeda motor listrik ini dapat dipakai melewati jalan yang tergenang air atau dicuci, yang terpenting dinamo tidak tergenang air.

» Read More...

New Ninja 250 Segera Hadir, Takut Lawan CBR Atau Menurunnya Image?

image

Produk unggulan begitu dijaga. Stelah Fu kini giliran ninja 250.
Merasa belum sempurna ketika bertarung dengan CBR, Ninja pun di update.
Sepertinya ninja merasa gatal cbr mampu mengasapi jagoannya.


Read more »

» Read More...

Mengapa APM Begitu Peduli Dengan Internet?

image

Perang spyshot, kontes seo, iklan media online, undangan test ride & lounching produk baru untuk blogger, press release. dll.


Beberapa hari terakhir jagad maya diramaikan dengan perang spyshot dan sketsa antar pabrikan. Kalau kita berfkir sejenak, kenapa ya APM, baik Honda, Yamaha maupun lainnya begitu getol "menyebarkan" berita di dunia maya. Demikian pentingkah internet khususnya blog otomotif di mata produsen roda dua?.


Read more »

» Read More...

Humor; Mengapa Ayam Menyeberang Jalan

Waktu gugling barusan nemu artikel lucu dari. fakta-dan-unik.blogspot.com, Sekedar ingin berbagi langsung di copas cuma ijin di kolom komentar.


Mudah-mudahan yang puny ga tahu marah. :mrgreen:


Mengapa Ayam Menyebrang
Jalan?,


Read more »

» Read More...

Musim Hujan & Turunnya Market Share Sumatera

image

Musim penghujan menyebabkan penghasilan petani karet turun sampai 50%.


Menarik data yang di rilis om Edo tadi malam. Penjualan sepeda motor di sumatera di awal tahun ini terus merosot. Apa penyebabnya?

Read more »

» Read More...

MotoBom #1 Race Terakhir Bulan Mei 2012

image

Setelah melalui 4 Race, akhirnya kita sampai di penghujung senin terakhir bulan mei. Ini artinya senin ini jadi senin terakhir untuk menentukan siapa yang ada di top 15 blogger otomotif versi Motoroda (MotoBom).


Posisi teratas masih didominasi blogger kawakan bro, dan bang Haji Taufik TMCBlog keluar sebagai jawara "Motorcycle Blog Of The Month" edisi pertama.


Tak mengejutkan tentunya, hits yang telah menembus 20jt menadi tolok ukur bagaimana blog TMCBlog menjadi bacaan wajib penggila Roda Dua.


Baiklah tanpa banyak basa basi busuk langsung saja Motoroda tampilkan klasemen akhir MotoBom #1 mei 2012. Selamat menikmati. :D



image

nb:
cara perhitungan poin ada di race #1
motobom race #1 bulan mei
motobom race #2 bulan mei
motobom race #3 bulan mei

» Read More...

Satri FU Pink, Bukti Anomali Di Tubuh Suzuki

image

Suzuki begitu cerdas "membedaki" FU. Tapi kehabisan akal untuk line up lain.


Apa karena seluruh energi dan sumber daya tercurah ke ayago? Rasanya tak mungkin.

Read more »

» Read More...

Delta Box Vs Teralis, Mana Lebih Baik?

image

Saat ini beredar gonjang-ganjing Honda yang berniat membuat produk yang mampu menyaingi atau bahkan menjungkalkan sang raja Motor Sport Yamaha Vixion.

Read more »

» Read More...

Sport Super Sudah, Bebek Super Banyak, Matic Super?

image

Masih berhubungan dengan yang super-super seperti artikel yang lalu bro. Tapi kali ini kita fokus ke roda dua tanpa gigi. :D

Read more »

» Read More...

Satu Artikel Lebih Dekat Dengan Pak RT (Rider Tua)

image

Tak terasa sudah akhir pekan ya bro, berarti ini saatnya Motoroda menyajikan menu rutin di hari sabtu. Satu artikel lebih dekat.

Read more »

» Read More...

Motor Dengan Performa Dahsyat Dipinggirkan, Motor Dengan Tampang Menawan Dipuja

image

Kapan Muncul Lagi Next Ninja Dan Satria FU.?


Akhir-akhir ini hampir setiap motor yang dirilis pabrikan roda dua lebih mengedepankan tampangnya. Tak melulu motor Matic dan Bebek, Motor sport pun memiliki tren serupa. Kalau bukan desain yang di upgrade paling-paling yang mendapat sentuhan besar adalah teknologi kekiniannya seperti Injeksi, SSS, Aho, dsb (dan saya bingung). :D

Read more »

» Read More...

Potret Negara Lebay (Lemah bin Alay)

image

Sungguh menyedihkan nasib negeri ini, Negara yang mengaku besar tapi Pemimpinnya berjiwa kerdil.

Read more »

» Read More...

Harga KTM Duke Yang Dilematis

image

PR besar buat KTM kalau jadi memasukkan Duke.


Setelah KTM (kuang tang motor) Inul jaman ramenya Mocin dulu kini ada lagi Produsen motor Cina yang menggunakan embel-embel KTM, yaitu APP KTM.

Read more »

» Read More...

Honda Di Mata Anak SMP Itu Keren

image

Tadi pagi seperti biasa, Motoroda mengajar di SMP tempat bekerja. Tapi ada yang menarik hari ini.


Berhubung materi pelajaran IPA kelas VII sudah habis, Motoroda mencoba mengajak berdiskusi ringan tentang safety riding. Ngelantur kesana-kemari, akhirnya iseng-iseng coba lakukan survey kecil-kecilan. Mencoba mencari tahu apa kuda besi favorit mereka?.

Read more »

» Read More...

Bajaj....WoW... Salute

image

Masih ingat tulisan Motoroda brberapa hari yang lalu tentang bagaimana cerdiknya strategi promosi Bajaj?. Coba lihat disini.


Seolah tak pernah kehilangan ide, lagi-lagi Bajaj menciptakan aebuah promo yang sungguh menarik, bagaimana tidak, siapapun tanpa terkecuali berkesempatan mendapatkan Nissan Juke, P220, sampai Ipad jika mau melakukan test ride lineup produk mereka di deler manapun di seluruh indonesia. wuihhh... asik to.

Read more »

» Read More...

Moge, Di Indonesia Besok Lebih Moncer Dari Pada Di Eropa

image

Penjualan moge diindonesia bisa lebih tinggi dari negara maju


Terinspirasi dari artikel RiderTua.
"Space Perang Motor Sport 250 Seluas Apakah".


Sekalipun saat ini penjualan sepeda motor ber kubikasi besar belum ada apa-apanya di banding negara maju di benua eropa dan amerika tapi market indonesia menyimpan potensi besar untuk suatu saat menyamai bahkan mengalahkan dalam hal penjualan.

Read more »

» Read More...

Upaya TMCI Mengubah Image Lewat Tagline

image

New tvs tagline


Tanggal 20 Kemarin lewat FB TVS mengumumkan perubahan tagline mereka.

Read more »

» Read More...

Sekalipun Dibanderol Sama Pzoons Bukan Tandingan Vixion

image

Sekalipun Dibanderol Sama P200ns Bukan Tandingan Vixion. Sangat sedikit pembeli rasional di negeri ini.

Read more »

» Read More...

MOTOBOM Race 3 Bulan Mei 2012

image

Tak terasa sudah hari senin lagi ya bro. Berarti ini saatnya Race #3 MotoBom Edisi Mei 2012.

Read more »

» Read More...

Lorenzo Juara Le Mans, Rossi Fantastis

image

Sebelumnya maaf bro semua kalau ada yang kurang dalam beberapa artikel terakhir motoroda. Yup, tak ada gambar di tiap artikel yang terbit. Tak tahu apa cuma dialami motoroda, atau oleh semua pengguna wordpress for android. Setiap kali mau upload gambar selalu gagal. :(


Wes. Sudah cukup curcolnya, baru saja moto gp usai. Sungguh kontras dengan seri-seri sebelumnya, balapan kali ini cukup menghibur. Kenapa hanya cukup?

Read more »

» Read More...

Marques Jatuh, Luthi Juara Le Mans Another Moto2 Dramatic Race

image

Marques Jatuh, Luthi Juara Le Mans Another Moto2 Dramatic Race


Mengawali Race dari pole position. Marquez tak mengawali race dengan baik hingga lap 6 melorot sampai posisi 8.

Read more »

» Read More...

Mau Terkenal?, Buat Iklan Fenomenal Macam Bajaj Pulsar

Iklan Negatif, Cuma Menghasilkan Kemenangan Sesaat, Tapi Pemain Baru Wajib Menghadirkan Iklan Sensasional Read more »

» Read More...

Satu Artikel Lebih Dekat Dengan Bang Haji Taufik "TMCBlog"

image

Inilah salah satu inspirator motoroda untuk ngeBlog (mungkin banyak blogger lain juga)

Read more »

» Read More...

Superbike Memiliki Masa Depan Lebih Cerah Dari MotoGp

image

Beberapa hari terakhir sungguh ramai pemberitaan yang menyebutkan "ancaman" kesuraman motogp.


Mulai dari mundurnya pabrikan suzuki (mengikuti jejak kawasaki). Mundurnya Mediaset selaku pemilik hak siar. Wacana kepindahan Rossi ke Superbike, sampai pengumuman pengunduran diri sang juara bertahan Casey Stoner. :(

Read more »

» Read More...

Duel Pabrikan India, Siapa Juara?

image

Duel Pabrikan India, Siapa Juara?


Jelas dari sisi lineup motorsport tvs kalah, tapi untuk akumulasi penjualan. Tunggu dulu.


Seperti data lansiran P2R tahun lalu. Penjualan kedua APM ini sangat berimbang, 11-12. Tapi dibalik itu sebenarnya potensi keduanya untuk merubah keadaan sangat besar.


1. Bajaj Auto


Amunisi Bajaj sungguh lengkap di segmen sport. P135, P180, P220, belum lagi jika melongok ke negeri asalnya, avenger sampai si fenomenal duke siap menebar ancaman bagi APM lain.


Tapi diantara semua itu ada satu kekurangan terbesar Bajaj, apalagi kalau bukan sparepart, Line Up produk yang semuanya diimpor sepertinya turut menjadi biang keladi kurang baiknya layanan purna jual bajaj.


2. TVS


Pabrikan yang tak hanya fokus pada motor batangan sepertii saudaranya ini cukup berpotensi menjadi salah satu APM besar kelak. Meski kalah ketika bertarung dari bajaj di negerinya, terbukti penjualan di negeri ini mampu setidaknya mengimbangi. Kefleksibelan TVS yang mau belajar dan memahami keinginan kpnsumen sungguh patut diacungi jempol. Lahirnya bebek-bebek kuda berlari adalah buktinya, terutama tormax yang merupakan hasil riset dari konsumennya.


Urusan sparepart pun tak serunyam Bajaj, mungkin karena keberadaan pabrik disini penyebabnya.cmiiw.


Dan ingat kunci sukses jualan motor bukan semata kemampuan meracik motor super tapi lebih dari itu, layanan purna jual, strategi bisnis & promosi yang tepat dan intinya KEPUASAN PELANGGAN. Jangan pernah mencederai konsumen!


Nah, jadi masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Untuk Baja belajarlah cobalah lebih serius berbisnis di negeri ini. Untuk TVS belajarlah dari Bajaj yang mampu melahirkan motor Fenomenal.


Write your mind!

» Read More...

KTM Terjun Ke Segmen Matik, Bahkan Mengadakan Matic Touring

image

KTM Terjun Ke Segmen Matic, Bahkan Mengadakan Matic Touring


Tenang bro ini bukan KTM si empunya duke, tapi KTM Paris "mocin". Setelah lahir di bulan februari kemarin (cmiiw) sepertinya ingin mencoba mengikuti strategi promo yamaha mio. Touring dengan motor matic.


Ga tanggung-tanggung rute yang ditempuh 2000km bro, dengan rute Jakarta-sukabumi-bandung-jakarta. Langkah yang cukup berani tentunya, dan mungkin di harapkan dapat mengikis image ringkih milik motor negeri tirai bambu. :)


Good luck lah buat KTM paris dan milan. Besok-besok ajak blogger juga ya biar tambah rame. :D


Write your mind!

» Read More...

Ketika Vixion Killer Itu Datang Dari Suzuki

image

Harusnya Suzuki Tidak Kesulitan Membuat Vixion Killer


Ketika AHM puyeng memikirkan si vixion killer sebenarnya ada APM lain yang punya potensi untuk menghadirkan kejutan. Yup, Suzuki. Pabrikan no.3 ini sebenarnya bisa saja menciptakan motor sport batangan sekelas atau bahkan lebih baik dari Yamaha vixion.


Lihatlah bagaimana di masa lalu Suzuki mampu menghadirkan FXR yang legendaris. Kalau dari sisi desain tentu tak akan jadi masalah. Tinggal reborn, copot fairing, update beberapa bagian. Jadi.


Untuk bagian mesin pun sepertinya bukan masalah. Jika vixion mengandalkan sohc injeksi, maka New Suzuki 150 cc dapat mencomot si dohc Fu yang tak perlu diragukan lagi kemampuannya. Apalagi jika berani menambah fitur injeksi. Vixion lewaaat.


Bandingkan dengan honda yang masih mumet memikirkan basic engine si teralis, apalagi kalau kode CS2 dari kang haji benar adanya upgrade dari CS1, ya jelas diasapin Fu.


Jadi, Come on Suzuki. You Can Make An Exotic And Extraordinary Bike! We know that.


Write Your Mind!

» Read More...

MotoGp (harus) Direvolusi

image

Bahkan Nonton F1 Kini Lebih Seru


Apa yang anda ingin lihat di motogp? Aksi overtaking? Atau cukup melihat orang touring di sirkuit naik moge?


Jawabannya pastilah lebih memilih menyaksikan balapan yang penuh aksi salip-salipan oleh idola masing-masing. Yang membuat adrenalin terpompa dan jantung berdebar-debar.


Tapi apalah daya. Balapan kini sungguh monoton. Tanpa aksi, minim drama.


Hal yang sama pernah pula dialami f1. Race dapat dipastikan tak berbeda dari awal sampai akhir, jelas, tanpa overtaking.


Tapi FIA tak tinggal diam, berbagai regulasi dibuat agar race semakin berwarna. Tercetuslah Revolusi F1.


Dimulai dengan pembatasan anggaran pertahun, regulasi penggantian mesin, dan tentu penggunaan kers. Awalnya tim mapan tentu tak setuju tapi sekarang lihat hasilnya. Misalnya di gp spanyol kemarin. Siapa sangka maldonado bisa jadi juaranya, berarti ada 5 pembalap berbeda yang juara di 5 race terakhir, juga aksi menawan sebastian vettel masuk 6 besar. Juga jangan remehkan hamilton yang finish di posisi 8 meski harus start dari posisi 24. Balapan pun penuh dengan aksi dan drama. Josss.


Kalau FIA bisa Dorna pun pasti bisa. Ayo Laksanakan Revolusi Motogp!


Write your mind!

» Read More...

Inilah Penyebab Market Share Yamaha Di Sumatra Cukup Baik

image

Mengapa Penjualan Yamaha Di Sumatra Lebih Oke Dari Pada Pulau Jawa?


Pasar sepeda motor pulau jawa memang paling besar di negeri ini. Tapi dari tahun ke tahun persentase distribusi sepeda motor di pulau sumatera terus meningkat dan menipiskan jarak dari pulau jawa.


Yang lebih menarik lagi adalah bagaimana pangsa pasar yamaha pulau sumatra lebih baik ketimbang pulau jawa. Yang babak belur di keroyok jagoan honda.


Apa kira-kira penyebabnya ya?


Menurut Motortoda karaktetistik konsumen roda dua di pulau sumatra  ini agak berbeda dengan pulau jawa. Masih ingat artikel mbah ridertua yang menjelaskan kultur (tradisi) dapat membuat perbedaan kendaraan ideal?


Sepertinya hal serupa terjadi disini. Kultur orang sumatra sungguh berbeda dengan orang jawa.


Seperti misalnya gaya bicara yang umumnya keras dan terbuka, umumnya tak sefanatik orang jawa dalam memilih suatu produk (brand minded).


Selain faktor kultur kondisi alam juga tak sama. Jalan tanah atau kerikil bukan hal aneh disini, apalagi kalau hanya aspal berlubang. Ini juga sepertinya memperparah image kap motor honda yang mudah getar (jaman dulu) dan mungkin masih dianggap sama bagi sebagian orang.


Selain itu ada satu lagi yang krusial, yakni biaya hidup disini jauh lebih tinggi dari di jawa (tentuny mencari pekerjaan pun tak sesulit di jawa), sementara itu harga premium nyaris sama. Akibatnya image irit honda sepertinya tak "dipedulikan" konsumen.


Nah apakah berbagai perbedaan tersebut sungguh berpengaruh? Mbuh lah. :)


Nb:gambar di culik dari blog eyang edo


Write your mind!

» Read More...

Apa Alasan Honda Beat Begitu Moncer?

image

Penyebab Honda Beat Laris


Disaat semua produk kompetitor beralih ke injeksi. Honda sepertinya adem ayem saja menanggapi migrasi produk tetangga. Setelah beberapa bulan berlalu ternyata penjualan beat bukannya terkoreksi tapi malah semakin moncer. Data penjualan terakhir tembus 120 rb dari bulan sebelumnya yang sebesar 111 rb. Dahsyat to?



Apa penyebab moncernya penjualan honda beat?


Menurut Motoroda setidaknya ada dua hal yang membuat beat sulit digoyang kompetitor.


1. Desain


Yup, meski sangat subyektif menurut Motoroda desain beat paling ciamik dibanding jagoan kompetitor macam nex ataupun mio j sekalipun. Sepertinya mio j cuma unggul di striping yang lebih fresh saja.


2. Image irit


Honda itu irit dan mio itu buoros. Image tersebut sepertinya belum terhapus benar di benak konsumen, terutama konsumen yang kurang melek teknologi tentunya.


Dengan fakta tersebut bukan berarti peluang yamaha dan suzuki tertutup. Dengan strategi promosi yang tepat yang mampu menonjolkan kelebihan produk mereka bukan mustahil meruntuhkan dominasi si skutik karbu honda.


Tapi, like always ini opini motoroda seorang. Kalau anda berbeda, silahkan :)


Write your mind!

» Read More...

Miungkinkah Astra Dan Honda Bercerai?

image

Mungkinkah Astra Dan Honda Bercerai?


Halo bro bikerz. Kali ini seperti biasa motoroda cuma ingin beropini ria. :)


Sempat gempar beberapa waktu lalu kerja sama 26 tahun antara hero dan honda dalam "hero honda motor ltd." berakhir akibat hero memborong 100% saham  di HHML.


Padahal di tahun yang sama kerjasama.kedua perusahaan tersebut membawa mereka (Hero Honda) menjadi pemimpin penjualan pasar domestik dengan raihan 48%.


Dan ternyata setelah berpisah pun hero masih membuat gebrakan lain yakni "hampir" membeli saham ducati kalau tidak disalip audi. :-)


Nah "kejayaan" yang sama saat ini juga tengah dinikmati Astra dan Honda di Indonesia. Nah mungkinkah perpisahan hero dan honda juga akan dialami astra dan honda?


Tak ada yang tak mungkin bro. Mengingat saat inipun saham astra di AHM ada di angka 51%, karenanya mungkin saja suatu saat diambil alih sepenuhnya oleh Astra.


Last. Like always ini cuma pendapat pribadi bro. Jadi kalau ada yang tak sependapat ya monggo. :)


Write your mind!

» Read More...

Kehilangan C3. Dapet Galaxy Y. Alhamdulillah...

Seperti kata motoroda di artikel kemarin. Hari sabtu lalu motoroda mengalami sesuatu yang ga mengenakkan. Satu-satunya tools untuk ngeblog raib hilang tak tahu dimana.:(


Karenanya aktifitas ngeblog terhenti sampai dapat pengganti. Tapi sukurlah kemarin dapat rezeki sedikit, so bisa cari gadget anyar. Meski ga canggih-canggih amat. Tapi dapat android 2.3.5 pun jadilah.:D


Tapi masalah tak berhenti disitu. Perangkat baru tentu butuh adaptasi lagi. Sempat kesulitan posting terutama upload gambar,sepertinya hari ini mulai terbiasa dengan mainan baru ini. Dan tentu saja mulai selarang blog ini Hidup Kembali. I am back.:D


Nb:sori ya bro semua kalau kemarin menghilang tanpa pamit.:)

» Read More...

MotoBOM Race 2 Bulan Mei

image

Byuhhhhhh.... Gatel rasanya setelah 3 hari absen ngeblog. Sorry ya bro semua, hari sabtu kemarin mendapat ujian ngeblog #1.-nanti tak jelasin di next article-

Seperti senin lalu, malam ini kembali motoroda mengintip botd untuk mengetahui blog mana yang nangkring di posisi 15 besar.

Dan tanpa basa-basi lagi. Inilah top 15 MotoBOM Race #2 bulan mei. Check this out.

» Read More...

Satu artikel lebih dekat dengan Edo Rusyanto "edorusyanto.wordpress.com"



Selamat sore bro semua, kali ini motoroda mencoba memberikan sesuatu yang baru -kayaknya:D- Mulai minggu ini Motoroda akan menghadirkan sebuah artikel yang bertema "satu artikel lebih dekat", nah dalam artikel yang akan hadir setiap hari sabtu ini akan coba Motoroda kupas tuntas dengan Short and Simple Word tentunya satu topik tentang Roda Dua, topik yang di angkat berupa seorang tokoh roda dua -blogger, group/komunitas motor, pembalap, atau siapapun yang "concern"pada roda dua-.
Read more »

» Read More...

Membuat motor super itu sulit, tapi lebih sulit lagi membuat motor yang valuable



Masih ingat pernyataan yamaha yang menyebutkan membuat yamaha mio jauh lebih sulit dari membuat motor balap? Atau anda masih bertanya-tanya kenapa honda yang merupakan pabrikan roda dua terbesar sejagad raya kesulitan melahirkan si Tralis "vixion killer". Atau mengapa hingga saat ini satria FU nyaris tak tersentuh oleh pabrikan-pabrikan top.
Read more »

» Read More...

Pemilihan brand ambasador Honda Yang Terbaik



Sebuah produk selalu biasanya selalu mengusung yang namanya brand ambasador. Entah yang populer, agak populer, ataupun belum populer.:D
Read more »

» Read More...

Berapa tahun motor injeksi yamaha dapat bertahan?



Blackbox atau kotak hitam pada pesawat terbang berfungsi sebagai penyimpan data penerbangan yang sangat berguna pada saat investigasi jika pesawat mengalami hal yang tak diinginkan.
Read more »

» Read More...

Susahnya Upload Gambar Via Opera Mini



Sori bro biker, artikel berikut cuma curhat pribadi saja. :mrgreen:
Read more »

» Read More...

Bajaj Akhirnya Membuat Produk Super Flagship "Bajaj 375"



Tadi pagi baca blog om bons, lumayan tercengang dengan kabar bajaj yang akan menelurkan produk baru dengan tenaga 38 hp, berkubukasi 375 cc twin cilinder. Dengan tenaga yang super tersebut harga yang dibanderol sangat kompetitif yakni Rp.48 juta, bersaing dengan CBR 250 maupun Ninja 250 -padahal di india sono Ninja dijual dengan bendera Bajaj-.
Read more »

» Read More...

Motoroda Mempersembahkan MOTO BOM (motorcycle blog of the moon) dan MOTO BOY (motorcycle blog of the year) AWARD



Halo bro biker semua, motoroda iseng-iseng mencoba memberi apresiasi kecil-kecilan -dan super ga penting:D- pada insan-insan perblogeran otomotif, bukan dalam bentuk materi tentunya :D, tapi dalam bentuk pemberian Award versi motoroda dan link blog tersebut akan terus terpasang di blog abal-abal inisampai periode award berikutnya.
Read more »

» Read More...

Jepun dan Tuan Takur Masih Akan Mengeruk Rupiah Negeri Ini Setidaknya 25 Tahun Lagi



Bisnis otomotif saat ini termasuk yang paling stabil, sekalipun berbagai bisnis perbankan atau pun properti terimbas langsung krisis global, tapi bisnis otomotif tetap maju jaya.
Read more »

» Read More...

Review "CenatCenut" 11 mounth with 160 RTR #1



Racing, Tortle and Respon, itulah tagline dari motor besutan Pabrikan negeri hindustan ini. Motor yang selama sebelas bulan ini -sejak juni 2011- menemani tiap KM perjalanan motoroda, baik kerja, hang out maupun malam mingguan. :D
Read more »

» Read More...

Plus Minus Desain Motor India Yang "One For All"



Pabrikan sepeda motor India saat tak lagi bisa dipandang sebelah mata, gelontoran produk berkelas dan berkualitas mereka cukup diterima pasar, namun dibalik itu ada strategi out of the box yang sama-sama dianut dua pabrikan negeri hindustan. Yakni lineup motor mereka -hanya motor sport pada TVS- semuanya mengambil garis desain dan teknologi seragam, yang membedakan nyaris cuma kubikasi saja yang berbeda.
Read more »

» Read More...

Mengalami yang dialami mastri, artikel yang menjelekkan honda langsung muncul percikan api



Wah, ngeblog masih itungan hari langsung ada percikan api di blog abal-abal ini. Dan tak lain tak bukan penyebabnya adalah artikel pertarungan "khayalan" antara si tralis misterius dan vixion.
Read more »

» Read More...

Ngebut Itu Seperti Makan Pedas



Artikel ini mucul akibat barusan makan nasgor -nasi goreng- super pedas .

Malam sabtu, gerimis ringan, udara dingin, wah kok tiba-tiba pingin makan nasgor. Ya wis langsung request sama ibuk tercinta minta dibuatin nasi goreng yang mak nyos pedesnya.
Read more »

» Read More...

Ketika impian jadi kenyataan (berkat teknologi)



Perkembangan teknologi saat ini sungguh luar biasa, siapa sebelumnya yang mengira orang dapat bertatap muka dalam jarak yang sangat jauh, atau robot dapat melakukan beberapa tugas rumah tangga.
Read more »

» Read More...

Tahun 2020 Penjualan Mobil Mengalahkan Penjualan Motor



Pada tahun-tahun sebelum milenium ke-3 (dibawah tahun 2000) penjualan sepeda motor belum semoncer seperti sekarang. Jumlah pemakainya bahkan lebih sedikit bila dibandingkan dengan sepeda onthel yang kala itu jadi alat transportasi utama sebagian besar penduduk negeri ini. Tapi apa yang terjadi sepuluh tahun kemudian? -2010an-
Read more »

» Read More...

Tralis Datang, Vixion Meradang, Tralis Terbuang



Jagad roda dua tengah heboh akan desas desus kemunculan si anak ajaib "teralis" Honda, gacoan terbaru pabrikan terbesar tanah air.
Read more »

» Read More...

Blog ini di jual senilai 300k.. minat hub 08562954111

Best Artikel

Blog Archive

Powered by Blogger.