Toyota Nav1 Lebih Mewah Ketimbang Noah

Toyota Nav1
File foto: Toyota Nav1

Toyota Resmi Luncurkan MPV Nav1

Di penghujung tahun 2012 ini TAM (Toyota Astra Motor) menawarkan mobil MPV varian terbaru untuk mengisi kekosongan pada segmen MPV antara Kijang Innova dengan Alphard. Mobil yang semula bernama Toyota Noah ini diluncurkan di Indonesia dengan nama Toyota Nav1 (Nav-One). Meskipun antara Noah dan Nav1 merupakan varian yang sama, namun keduanya memiliki perbedaan terutama pada bagian entertainment. Pada Nav1 sistem entertainment yang diusungnya jauh lebih lengkap dan lebih mewah ketimbang Noah.

Menurut Presiden Direktur TAM, Johnny Darmawan, diluncurkannya Toyota Nav1 dipicu oleh keinginan konsumen yang menginginkan Kijang Innova dengan sliding door. Hal itu sulit dilakukan karena menurut Johnny, membangun Innova versi pintu geser membutuhkan banyak ubahan dalam struktur kendaraan. Selain itu, tambah Johnny, pimpinan Toyota Jepang Akio Toyoda juga menginginkan varian baru untuk melengkapi line up Toyota di segmen MPV di Indonesia karena melihat pertumbuhan pasarnya yang sangat baik dan terus tumbuh. Oleh karena itu, TAM juga mendapat kehormatan untuk menyematkan nama Nav1 sebagai penghargaa dari Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang selaku pihak prinsipal.

Nama Nav1 sendiri berasal dari Navigator Number One. Kendaraan ini didesain khusus sebagai VIP MPV yang menyuguhkan navigator performance terbaik di kelasnya, sesuai dengan nama yang diusungnya. Bagian interiornya didesain untuk menyajikan kabin yang lapang dengan tiga baris tempat duduk yang sangat fleksibel. Bangku baris kedua dapat dimaju-mundurkan secara ekstrem dan dapat diputar saling berhadapan dengan penumpang belakang, sementara bangku di baris ketiga dapat dilipat ke samping untuk menyajikan ruang bagasi yang lebih lapang.

Di segmen MPV di Indonesia, TAM telah memiliki Avanza, Kijang Innova dan Alphard. Namun dari sisi harga, terdapat celah kosong antara Kijang Innova V dengan Alphard dan celah inilah yang akan diisi oleh Nav1 selain untuk meramaikan pasar MPV yang telah diisi oleh Nissan Serena dan Mazda Biante. Kendaraan yang diproduksi di Indonesia di bawah pengawasan dari Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) ini diluncurkan dalam dua pilihan model yaitu model G yang dijual dengan harga Rp 378 juta dan model V yang dibanderol Rp 398 juta.

Toyota Nav1 mengusung mesin tercanggih di kelasnya yang berasal dari basis mesin Corolla. Bedanya, pada MPV 7 penumpang ini, mesin 3ZR-FAE telah dilengkapi sistem VALVEMATIC yang merupakan pertama kalinya di kendaraan Toyota di Indonesia. Fitur ini mampu mengendalikan volume udara yang masuk ke dalam kerongkongan mesin bekerjasama dengan pengendalian bukaan throttle dan katup intake yang secara terus-menerus menyesuaikan besar dan durasi bukaan katup sesuai kebutuhan mesin secara aktual.

VALVEMATIC sangat bermanfaat khususnya ketika beban mesin rendah dan sedang. Ia akan membuka intakevalve lebih awal dalam proses menghisap udara. Setelah mendapatkan jumlah udara yang dibutuhkan,ia akan menutup intake valve yang fungsinya untuk mengurangi pumping loss. Dampaknya, mesin akan selalu bekerja pada kondisi optimal dan mampu menghasilkan output yang besar tanpa harus diiringi penambahan konsumsi bahan bakar yang sebenarnya tidak dibutuhkan, yang ujung-ujungnya mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sekaligus performanya. Alhasil, mesin empat silinder 16 valve DOHC dengan VALVE MATIC berkapasitas 1.987 cc ini mampu menghasilkan output sebesar 158 PS pada 6.200 rpm dengan torsi maksimal 196 Nm pada 4.200 rpm. Mesin ini dikombinasi dengan transmisi otomatis jenis CVT 7-speed Shiftronic yang memiliki performa perpindahan yang halus dan sangat efisien.

www.mediaindonesia.com

0 comments:

Post a Comment

Blog ini di jual senilai 300k.. minat hub 08562954111

Best Artikel

Blog Archive

Powered by Blogger.