Tips & Trik : Mengatasi Rem Macet

Rem Cakram

Sistem pengereman yang menggunakan piringan dengan sistem hidroulis/minyak, memang lebih pakem daripada sistem pengereman yang menggunakan kabel. Akan tetapi banyak juga kendala-kendala yang sering terjadi pada sistem pengereman Hiroulis. Diantarannya; macet pada saat berputar ke belakang/mundur, nyeplos(tidak berfungsi/enteng saat rem di tekan), masuk angin(angin masuk ke dalam selang).

Tips & trik mengatasinya; untuk rem yang macet saat berputar berbalik atau ke arah belakang. Hal ini bisa disebabkan karena posisi pad/kampas rem yang tidak rata menyetuh piringan/miring. Cek dan teliti kembali posisi pad dan piringan, apakah posisinya rata. Bisa juga disebabkan penahan kaliper sudah kocak/goglak atau tidak span lagi.

Untuk rem yang nyeplos atau tidak berfungsi ini bisa disebabkan karena terjadi kebocoran pada selang penghantar minyak dari master rem (bagian handle) ke kaliper(tempat kapas rem) untuk mengatasinya bisa mengganti selang rem dan juga seal/karet pada master rem dan kaliper.

Angin yang menelusup kedalam sistem pengereman bisa juga membuat rem cakram tidak pakem lagi! Untuk mengatasi hal ini, cek minyak rem pastikan penuh sampai batas maximal, kemudian kocok-kocok handle rem dan tahan, buka napel yang ada dikaliper, setelah angin keluar, kencangkan kembali napel. Ulangi terus sampai angin hilang dan rem kembali normal.

Apabila minyak rem berkurang, bisa disebabkan karena kampas rem sudah mulai habis/tipis, sehingga piston pada kaliper terdorong dan minyak rem terdorong ke bagian kaliper. Jangan langsung mengisi minyak rem yang berkurang dari batas maximal indikator pada master rem. Karena setelah kampas rem diganti dengan yang baru maka piston akan terdorong lagi kedalam kaliper dan minyak rem kembali naik. Jika minyak rem terlalu penuh maka akan meluap. Hal seperti ini juga bisa menyebabkan rem macet.

gambar dari s

0 comments:

Post a Comment

Blog ini di jual senilai 300k.. minat hub 08562954111

Best Artikel

Blog Archive

Powered by Blogger.