Bos Toyota akan diganti

TOKYO, SELASA — Merosotnya penjualan mobil di dunia akibat sengatan krisis ekonomi global tak hanya membuat Toyota Motor Corp (TMC) berancang-ancang mem-PHK sekitar 3.000 karyawan kontrak. Salah satu produsen mobil terbesar di Jepang ini juga berencana merestrukturisasi manajemennya di top levelnya.
TMC akan mempromosikan Akio Toyoda menjadi presiden TMC pada April 2009 menggantikan Katsuaki Watanabe. Calon pemimpin TMC itu sekarang ini menduduki posisi executive vice president dan masih keturunan keluarga pendiri. Demikian harian Jepang Asahi melaporkan, Selasa (23/12).

Laporan penggantian ini, yang tidak mengutip sumber, muncul sehari setelah TMC mengumumkan kerugian operasi tahunan yang pertama kali. Faktor lainnya, menurunnya penjualan yang sangat tajam dan menguatnya yen terhadap dollar AS yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah 70 tahunnya.
Juru bicara Toyota mengatakan belum ada yang diputuskan. Kalau Akio naik, Watanabe yang memimpin Toyota sejak Juni 2005 akan menjadi vice chairman. Akio sendiri merupakan cucu pendiri perusahaan, Kiichiro Toyoda, yang bertanggung jawab atas operasi perusahaan di luar negeri dan di Jepang.
Ini merupakan pertama kalinya dalam hampir 14 tahun bahwa anggota keluarga pendiri Toyoda yang akan menjabat sebagai presiden perusahaan. Akio dijadwalkan akan menghadiri konferensi pers pada Kamis di Tokyo dalam acara peluncuran bersama mobil dengan Daihatsu Motor Co.

sumber : antara

» Read More...

Honda Blade Vs VegaZR

Pada Gelaran JMS 08 di JCC senayan, dua ATPM Raksasa Roda Dua Lokal, AHM dan YMKI sama-sama mengeluarkan dua motor bebek andalan di Kelas Entri Level. AHM mengeluarkan Honda Blade 110 R dan YMKI mengeluarkan Yamaha VegaZR.


Honda Blade 110 yang di gawangi Oleh Mesin baru 110 cc yang awal prototipenya dirancang khusus oleh Honda Jepang. Mesin 110 cc ini diklaim berdurabilitas tinggi dan efesien, tak salah bila mesin 110 cc ini bisa lebih irit 10-20% dari mesin 100 cc honda yang begitu melegenda selama 10 tahun terakhir. Pada Mesin Blade 110, dekompresi akan hilang, akan tetapi tidak serta merta kita akan sulit untuk menyelah motor, Honda telah memikirkan hal ini pada mesin barunya sehingga kita akan tetep mudah slah motor dengan kick start. Sepertinya semua Varian bebek akan mengacu pada spesifikasi Motor yang akan menggantikan posisi Honda Revo yang konon sedang laris-larisnya. Karena kedepan Honda akan mempensiunkan mesin 100 cc, maka Honda Fit juga akan diganti. Penggantinya kemungkinan adalah Varian Speck Down dari Honda Blade ini, hal inilah yang kemungkinan besar dilakukan AHM dalam jangka waktu dekat dengan strategi common parts.


YMKI juga dalam upayanya untuk terus menerus menjaga Rivalitas dan memberi pressure kepada AHM,


http://otomotif.kompas.com


Vega ZR pict : http://otomotif.kompas.com



akhirnya meremajakan Vega Z dengan mengeluarkan Varian Baru Vega ZR. Bebek ini di negara Lain Bernama Yamaha Taurus ini. Strategi yang diterapkan Yamaha adalah seperti biasanya, yaitu memberikan solusi motor berdapur pacu lebih besar dengan harga yang lebih rendah ( Vega ZR 113,7 cc) dari motor pesaingnya. Bila brothers lihat, cukup banyak perubahan yang ditawarkan VegaZR dibandingkan Vega Z. Mesin, letak lampu sign, headlamp, tebeng/sayap depan yang sudah 3D, Lampu belakang, striping, penempatan kunci dibawah lampu belakang, desain panel spedometer baru,. Dan satu lagi yang harus diwaspadai Honda. Motor ini diklaim oleh Yamaha bisa mencatat Mileage 1Liter : 92,9 km pada kecepatan konstan 30 km/jam. Sungguh luar biasa.


Pilih Yang mana? Sejujurnya, Blade memiliki kelebihan mesin yang lebih baik bahkan biladibandingkan mesin 100 cc sebelumnya, lebih irit, dengan dipadukan bentuk motor yang ramping dan futuristis. Sedangkan Vega ZR memiliki kelebihan irit dan memiliki Value yang lebih baik karena lebih murah. Silahkan pilih menurut kebutuhan brothers :D


Sumber: Taufik & Motorcycle Blog

» Read More...

Bali One heart modification Contest

Inilah tiga pemenang kontes modifikasi bertajuk Bali one Heart modification yang berlangsung di Area Sentral Parkir Kuta, 6-7 desember 2008.

Bali One Heart Modification Contes,. Itulah nama gelaran acara kontes yang diselenggarakan rumah modifikasi aboben, 6 dan 7 Desember 2008 di Sentral Parkir kuta galleria.
Kontes modifikasi ini digelar untuk memberikan kesempatan pada modifikator di bali untuk unjuk kebolehan dalam berkreatifitas, sekaligus sebagai wadah bagi para penggemar modifikasi untuk saling bertukar ide dan informasi.
Kontes yang mengambil tema ayo bangkit modifikator bali, tunjukkan kebolehanmu ini bisa dibilang sebagi kontes modifikasi terbesar di bali tahun ini.
Bagaimana tidak, tercatat 216 belas peserta dari berbagai daerah di bali turut berpartisipasi dalam ajang kontes yang melombakan 260 kelas ini. Biaya pendaftaran untuk masing-masing kelas sebesar seratus ribu rupiah, setiap peserta bisa mengikuti lebih dari satu kelas.
Kelas-kelas yang dilombakan seperti matic modif, Bebek modif, sport, airbrush, racing look, fashion, low rider dan audio video entertainment. disamping itu juga digelar kelas beginner atau low cost dengan syarat biaya modifikasi kurang dari 3 juta rupiah. yang juga baru pertama kali digelar yakni matic modification contest.Kategori ini melibatkan team yang terdiri dari maksimal lima orang. Masing-masing team diberikan waktu selama delapan jam untuk merakit sebuah motor matic modifikasi langsung di lokasi lomba. Kategori ini diikuti empat team yakni k-c-s-m, moto one, B-Custom dan wolu motor.
Untuk memeriahkan suasana, disela-sela kontes juga diisi hiburan oleh penampilan band indie, fashion show, dan games.Bali one heart modification contest menyediakan berbagai hadiah bagi para pemenang di setiap kelas yang dilombakan.
Disamping itu, peserta terbaik yang dinobatkan sebagai best of the best akan memperoleh piala bergilir, serta uang tunai 1,5 juta rupiah. Sementara itu modifikator terbaik juga akan diberikan piala, dan uang tunai sebesar 3 juta rupiah

Eka_btv

» Read More...

Motor Terbaik 2008

MOTOR PLUS AWARD 2008

Desain terbaik
Bebek 100cc-115cc :Kanzen Taurus 110 cc
Bebek 120cc-130cc :Kanzen Taurus Ultima 120
Bebek sport 125-135cc :Honda CS-1
Skubek 110cc-125cc` :Kymco Libero
Sport 125cc - 160cc :Yamaha V-ixion
Sport 200cc - 250cc :Kawasaki KLX

Teknologi terbaik
Bebek 100cc - 115cc :Suzuki Smash 110 (Night Rider II)
Bebek 120cc - 130cc :Honda Supra X 125
Bebek sport 125cc-135cc :Yamaha Jupiter MX 135
Skubek 110cc - 125cc :Honda Vario
Sport 125cc - 160cc :Yamaha V-ixion
Sport 200cc - 250cc :Kawasaki Ninja 250

Ramah lingkungan terbaik
Bebek 110cc - 115cc :Honda Revo 100
Bebek sport 125cc-135cc :Honda CS 1
Skubek 110cc - 125cc :Honda Vario
Sport 125cc-160cc :Honda Mega Pro

Best Fuel Consumption
Bebek 100cc - 115cc :Honda Revo 100
Bebek 120cc - 130cc :Honda Supra X 125 PGM F1
Bebek sport 125cc-135cc ;Honda CS 1
Sport 125cc - 160cc :Yamaha V-ixion
Sport 200cc-250cc :Honda Tiger
Skubek 110cc - 125cc :Kymco Libero

Best Value
Bebek100cc - 115cc :Yamaha vega R
Bebek 120cc - 130cc :Honda Supra X 125 PGM-FI
Bebek sport 125cc-135cc :Honda CS1
Skubek 110cc - 125cc :Honda Vario
Sport 125cc - 160cc :Yamaha V-ixion
Sport 200cc - 250cc :Kawasaki Ninja 250

Best Performance
Bebek 100cc - 115cc :Yamaha Vega R
Bebek 120cc-130cc :Honda Supra X 125 PGM-FI
Bebek Sport 125cc-135cc :Honda CS1
Skubek 110cc - 125cc :Suzuki Skywave 125
Sport 125cc - 160cc :Yamaha V-ixion
Sport 200cc - 250cc :Kawasaki Ninja 250

Respected Bike of the Year : Honda Tiger
Rookie of the Year : Honda CS-1
Bike of the Year : Honda CS-1
Shocking Bike of the Year : Kawassaki Ninja 250


Sumber : motorplus

» Read More...

Kecepatan Honda Blade

Testing Honda Blade

Honda Blade keluaran honda terbaru merupakan senjata AHM dalam persaingan melawan para pesaingnya diujung tahun ini.

Hasil Testing di lokasi Test Course milik AHM di Cakung, Jakarta Timur (04/12) menunjukan hasil sebagai berikut :

Gigi 1 : kecepatan maksimum s/d 35 kmj
Gigi 2 : kecepatan maksimum s/d 65 kmj
Gigi 3 : kecepatan maksimum s/d 95 kmj
Gigi 4 : kecepatan maksimum s/d 110 kmj

Sumber : motorplus

Kecepatan maksimum Honda Blade hanya mencapai 110 kmj, ini disebabkan karena limitter CDI yan ada pada Honda Blade.

Tapi sudah lumayanlah, karena Honda Blade ini tampil dengan mesin berkekuatan 110 cc

» Read More...

Sepeda Motor Listrik Tercepat di Dunia

Sepeda Motor Listrik Tercepat di dunia dipertunjukkan bagi umum dalam International Bike Show di Birmingham.

TTX01, sebutan sepeda motor listrik ini, adalah sepeda motor bebas emisi tercanggih yang akan diproduksi untuk masyarakat umum serta telah legal untuk digunakan pada jalan umum di Inggris. Pembuat sendiri mengklaim kendaraan ini dapat mencapai 60mph hanya dalam waktu 3.5 detik, untuk akhirnya mencapai kecepatan maksimum pada kecepatan 125mph. Ini akan dijual dalam jumlah terbatas tahun depan seharga £20,000.

Sepeda motor ini dirancang oleh teknisi kebangsaan Inggris dan didukung oleh penyelenggara grandpix bebas emisi pertama di dunia, yang akan diselenggarakan di Isle of Man's TT circuit Juni depan.

Penyelenggara TTXGP dan juga pembalap, Azhar Hussain, mengatakan TTX01 adalah sebuah percontohan bagi teknologi kendaraan listrik di masa depan.

"Satu hal penting adalah teknologi telah cukup mendukung bagi balap motor, ditambah tanpa emisi," ujar Hussain. "Ini peluang yang bagus mengedepankan ilmu pengetahuan dan teknologi dan menciptakan perubahan yang begitu berarti dalam waktu yang tepat."

Sepeda motor listrik lain yang mendekati produksi untuk pemakai umum adalah EnertiaBike.com dari produsen Amerika Brammo yang dijadwalkan akan menghantam pasar tahun depan. Hanya saja Enertia didesain hanya dengan kecepatan 50-60mph.

TTX01 bekerja dengan tenaga dua baterai yang masing-masing memiliki berat 11kg yang terletak di pinggi roda. Ini dirancang oleh Agni motors yang bermarkas di Brighton. Kendaraan ini disejajarkan dengan motor balap bertenaga 600cc.

Pada model percontohan yang muncul hari ini mesin dipasangkan pada casis Suzuki motorbike. Tetapi pada produksi nanti akan menggunakan casis yang terbuat dari bahan carbon composite yang ringan tetapi kuat

Desain dari TTX01 juga memberikan ruang bagi sebuah elektrik motor kecil bagi roda depan. Ini membuat sepeda motor menjadi lebih aman untuk dikendarai. Saat roda belakang hilang cengkramannya maka computer dapat memindahkan tenaga ke roda depan agar sepeda motor dapat tetap melaju.

Kendaraan listrik terlihat sangat penting dalam usaha emisi karbon dari kendaraan yang mana menyumbang hingga seperempat dari total emisi di Inggris.

Tony Bosworth, aktivis senior dari Friends of the Earth, menyambut gembira TTX01. "Sepeda motor listrik memiliki peranan utama dalam memotong emisi dari kendaraan - dengan menggunakan energi yang terbaharui. Produsen kendaraan bertanggungjawab untuk meminimalkan dampak dari produk-produk kendaraan mereka terhadap lingkungan."

Respon yang luar biasa juga datang dari para pembalap. Jeff Stone dari British Motorcyclists Federation mengatakan: "TTX01 adalah sebuah gairah baru. Seperti mobil listrik, tentu akan memerlukan waktu untuk penyesuaian. Seperti kita ketahui perlombahan merangsang teknologi dan TTXGP adalah sebuah ajang yang luar biasa bagi persaingan teknologi bersih."

Setelah uji coba bulan depan, TTX01 akan mulai tur Eropa dengan tenaga baterai melewati Portugal, Perancis, Jerman, Itali dan kembali ke Isle of Man dengan balap bebas emisinya Juni depan. Pada kecepatan sedang, baterai seberat 75kg akan memiliki jarak tempuh hingga 50 mil dan dapat diisi ulang hanya kurang dalam 2 jam.

Ajang balap TTXGP tahun depan diadakan untuk mendukung sepeda motor listrik bebas emisi. Sekitar 50 tim akan bersaing, termasuk sepeda motor yang dibuat oleh tim balap profesional, dari universitas, produsen kendaraan, produsen yang mengedepankan teknologi atau pun para pehobi amatur.

"Tidak ada yang memicu inovasi seperti kompetisi," tambah Hussain. "Perlombaan terbuka memberikan tempat bagi pemikiran-pemikiran baru untuk membuktikan keabsahannya secara langsung."

The TTX01 didukung oleh Departemen Perdagangan dan Investasi Inggris, serta International business Development dari pemerintah, sebagai salah satu langkah Inggris dalam mempromosikan industri teknologi hijau Inggris.

Tetapi mungkin ada satu masalah untuk menjadikan sepeda motor listrik menjadi kendaraan utama. "Sangat sulit untuk membuatnya bersuara," ujar Hussain. "Saat kami mencoba membuat suara, itu membuatnya menjadi tidak efisien. Atau kami mencoba sosialisasikan agar masyarakat mulai membiasakan diri untuk melihat dua sisi saat akan menyebrang jalan"

Sumber : guardian
Gambar : gizmag

» Read More...

Sepeda Motor Listrik

Sepeda motor listrik adalah kendaraan tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Seiring dengan mencuatnya masalah pemanasan global dan kelangkaan BBM maka kini produsen kendaraan berlomba-lomba menciptakan kendaraan hibrida, dan sepeda motor listrik termasuk salah satu di dalamnya. Sampai sekarang di Indonesia telah tersedia tipe dengan kecepatan 60 km/jam, dilengkapi rem cakram, lampu penerangan dekat dan jauh, lampu sein, lampu rem serta klakson.
Pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan menegaskan kendaraan ini tidak memerlukan STNK. Disamping itu, Dinas Perhubungan menambahkan pernyataan juga tidak diperlukannya BPKB.


Sumber tenaga

Sekuter listrik pada pertemuan Vancouver EV tahun 2005
Secara umum sumber tenaga sebuah sepeda motor hibrida adalah akumulator, tapi perkembangan dalam sel bahan bakar menyebabkan terciptanya beberapa prototipe menggunakannya. Beberapa contoh misalnya ENV dari Intelligent Energy memanfaatkan proses Fuel Cell hidrogen, pada Honda teknologi ini diberi nama Honda FC Stack, dan FC-AQELpada Yamaha. Terdapat pula sepeda motor listrik-hibrida berbahan bakar yang sedang dikembangkan. Contoh jenis ini misalnya adalah Ecycle, dan Gen-RYU dari Yamaha.

Kinerja kendaraan
Jarak tempuh terjauh yang dapat dicapai oleh sepeda motor listrik di Indonesia pun telah meningkat secara signifikan menjadi 80km dan untuk jarak tempuh sedemikian hanya perlu mengeluarkan biaya Rp. 900.[4] Sedang untuk jalan menaik kendaraan mampu naik dengan sudut kemiringan sampai 30 derajat. Waktu yang diperlukan untuk mengisi penuh akumulator adalah 8 jam dan akumulator dapat diisi kapan saja tanpa menunggu habis.
Sepeda motor listrik ini dapat dipakai melewati jalan yang tergenang air atau dicuci, yang terpenting dinamo tidak tergenang air.
Sejarah

Akhir 1860: Referensi pertama tentang sepeda motor listrik dipatenkan.

1911: Menurut Popular Mechanics article sepeda motor listrik telah tersedia

1920: Perusahaan Ransomes, pembuat forklift, meneliti penggunaan motor
bertenaga listrik

1941: Krisis bahan bakar di Eropa mendorong perusahaan Socovel dari Austrian membuat sepeda motor listrik kecil. Saat itu kendaraan yang dibuat berjumlah sekitar 400 buah.

1946: Terinspirasi oleh kelangkaan BBM dari masa Perang Dunia II, Merle Williams menciptakan kendaraan listrik pertamanya. Kemudian beliau mulai memproduksi kendaraan ini di garasi rumah dan bisnis ini terus bergulir hingga akhirnya menjadi Perusahaan dengan nama Marketeer

1967: Sepeda motor listrik bertenaga surya pertama berhasil dibuat oleh Karl Kordesch

1967: Sepeda motor listrik bertenaga ringan dengan nama "Papoose" dibuat oleh sebuah pabrik sepeda motor suku Indian di Springfield , Massachusetts, dibawah pengarahan Flyod Clymer.

1973: Mike Corbin membuat sepeda motor listrik pertamanya dengan rekor kecepatan 162km/jam.

1974: Corbin-Gentry Inc. memulai penjualan sepeda motor listrik secara legal.

1978: Harley Davidson MK2 bertenaga listrik dibuat oleh Transitron di Honolulu, Hawaii.

1988: Eyeball Engineering membuat sepeda motor listrik KawaSHOCKi and produk ini menghiasi majalah-majalah utama saat itu.

Akhir 1990: Scott Cronk dan EMB membuat sepeda motor listrik dengan nama EMB Lectra VR24. Pelopor untuk jenis variable reluctance motors (VR) dan dijual secara resmi.

2000: Killacycle mencatat rekor 244.62 km/jam pada Woodburn Drags 2000

2004: Tanggal 24 August Honda membuat sebuah percontohan motor hibrida 50cc yang diberi nama Honda Numo. Percontohan ini membawa Honda selangkah lebih dekat kepada jenis sepeda motor hibrida yang dapat diproduksi secara massal

2007: Killacycle membuat sebuah sepeda motor listrik bertenaga Li-Ion dan dengan kecepatan 250.7km/jam di Phoenix, AZ pada AHDRA 2007.

2008: Sebagai komponen utama dari kendaraan listrik, maka prototype Super Charge Ion Battery (SCiB) dari Toshiba merupakan terobosan yang luar biasa. Baterai ini memiliki kemampuan isi ulang di bawah 5 menit serta memiliki umur pakai sampai 10 tahun!

2008: Sepeda motor listrik TTX01 muncul di Birmingham International Motor Show dengan kemampuan mencapai 60 mph hanya dalam waktu 3.5 detik.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

» Read More...

Honda Blade

Honda Blade 110R batal dilaunching pada 30 Agustus lalu. Sudah pasti belum bisa dibeli minggu ini dong. Ini yang bikin penasaran. Secara lekuk bodi sudah bisa dilihat sejak berlangsungnya The 29th Bangkok International Motor Show 2008 lalu. Bahkan ketika launching di Thailand ditulis MOTOR Plus namanya CZ-1, bodinya memang slim.


Tapi, bagaimana teknologi dan gambaran mesinnya? Pihak PT Astra Honda Motor (AHM) yang tidak mau ngetop namanya kasih penjelasan. Katanya secara dapur pacu memang benar-benar baru. Konsep mesinnya punya durabilitas tinggi dan efisien.


Kapasitas 110 cc dan paling efisien dibanding generasi sebelumnya. Tes menguji efisiensi pemakaian bahan bakar belum final. Untuk sementara baru didapat data lebih irit 10-20% dibanding Supra X 125 yang konon motor paling efisien saat ini.


Untuk mendapatkan mesin seperti itu perlu didukung pengurangan gesekan di beberapa komponen. Lebih jelasnya soal reduksi gesekan di dapur pacu baru Honda ini, mari dibedah.



ROCKER ARM SISTEM ROLLER










Rocker-arm sistem roller

 

Dilihat dari konstruksi kepala silinder, mesin memang tidak meniru Honda Nice 110 atau Supra X125. Head cylinder sudah seperti Vario atau BeAt. Dilengkapi tutup lebar yang mempermudah setel klep. Jika tutup dibuka langsung kelihatan kem, noken as, pegas dan klep.



Untuk mengurangi gesekan antara kem dengan pelatuk, roceker-arm sudah dipasangi roller semacam laher. Permukaan pelatuk yang nempel di kem tidak menimbulkan gesekan besar. Dibantu roller yang licin seperti bearing. Terjadi efisiensi mekanis atau minimalisasi gesekan.



Sistem roller ini juga bikin buka-tutup klep lebih presisi. “Soalnya setelan klep bisa dibikin nol. Misalnya 0,00 mm, ini yang bikin tenaga lebih besar,” jelas sumber terpercaya Em-Plus di PT AHM itu.






TANPA DEKOMPRESI


Sistem dekompresi fungsinya untuk membocorkan tekanan di ruang bakar. Sehingga ketika dislah lebih ringan. Namun secara prinsip kerja, dekompresi lumayan menimbulkan gesekan. Juga bikin boros bensin. Makanya pada mesin tipe baru ini dekompresi dilepas. Tapi, tetap lebih ringan jika dislah. Mungkin secara prinsip kerja sudah meniru kompetitor. Misalnya bebek Yamaha yang rata-rata overstroke namun tidak dilengkapi dekompresi.




PISTON RINGAN DAN RENDAH GESEKAN










Piston lebih pendek dan ringan seperti punya Honda BeAT

Inovasi lain ini bisa dijumpai pada seher atau piston. Untuk memperingan gesekan ditempuh tiga cara. Pertama, piston dibikin offset. Artinya posisi pin piston tidak di tengah. Namun digeser dikit supaya sudut gesek piston terhadap liner jadi berkurang.


Kedua, di piston dilengkapi lubang oli. Oleh pihak Honda, ini biasa disebut oil-jet. Terutama pada alur ring oli. Maksudnya supaya aliran pelumas lancar lewat lubang itu. Ini juga yang bikin piston awet dan licin.


Ketiga, piston dibikin lebih ringan. Caranya dipilih material khusus dan piston lebih pendek. Persis seperti desain seher Honda BeAt. Jadi, gesekan juga ringan dan irit bensin dengan tenaga besar.






CRANKCASE OFFSET










Di Blade 110R ketika piston top, titik tengah pin kruk as dan pin piston tidak sejajar


Maksudnya crank case offset yaitu ketika piston di TMA (Titik Mati Atas), titik tengah pin kruk as dengan titik tengah pin piston tidak sejajar. Fungsinya tentu untuk mengurangi gesekan piston dengan liner ketika naik-turun di dalam silinder.


Terjadinya gesekan sangat besar bila piston menonjok liner pada posisi naik menuju TMA. Di motor dulu yang tidak dilengkapi crankcase offset, liner kerap cekung akibat ditonjok piston berkali-kali. Nah, di Honda Blade 110R itu dieliminir.


Teknologi ini sebenarnya pernah diterapkan di Supra X 125. Kemungkinan hanya beda sudut offset. Efeknya lumayan besar dan mampu meningkatkan efisiensi mekanis.


Konon secara prinsip kerja mesin juga bikin getaran lebih rendah. Selain didapat suara mesin yang halus, rasa tidak nyaman pengendara akibat vibrasi mampu dielimir sistem offset.



KOPLING SISTEM MATAHARI










Rumah kopling model diafragma tanpa jadder spring

Masih dalam rangka memperkecil gesekan, kopling Blade 110R beda sama generasi C-Series. Sistem kampas kopling tidak seperti dulu yang dilengkapi 4 pegas spiral. Sekarang seperti di mobil yang manganut sistem matahari atau pegas diafragma.



Sebenarnya mekanisme seperti ini pernah dipakai motor Suzuki. Terakhir dipakai di Suzuki New Shogun 110. Kehebatan pegas ini juga yang bikin Shogun 110 merajalela di balap. Sanggup menyandang gelar rajanya 4-tak.



Kekerasan pegas diafragma tidak hanya bisa diatur lewat sistem ganjal. Tapi juga sistem press untuk menekan supaya diafragma yang seperti matahari itu mencuat keluar. Selain lentur juga mampu menekan kampas lebih merata.


Termasuk sistem kampas kopling yang ikut dibenahi. Kini hanya memakai tiga lembar. Sehingga tidak menimbulkan banyak selip. Maklum tiga kampas kopling basah lumayan menyumbang terjadinya slipper.


Sistem diafragma juga memungkinan sambungan antara rumah kopling dengan gigi sekunder jadi lebih sempurna. Karer peredam entakan bisa dibuat lebih tebal dan banyak. Diharapkan pengendara tidak merasakan entakan berlebih.




OVERSTROKE TORSI LEBIH GEDE


Secara spek teknis, diameter x stroke yaitu 50 x 55,6 mm. Termasuk mesin overstroke atau lebih panjang langkah piston dibanding diameter. Bahkan lebih tinggi dibanding Honda Vario yaitu 50 x 55 mm.


Overstroke yang lumayan tinggi ini mampu mendongkrak torsi gede pada rpm bawah. Lihat saja dari spesifikasi tekniknya. Torsi 0,86 kgf.m (8,42 Nm) pada 5.500 rpm. Torsi Honda Vario sama tapi di rpm 8.000.


SPESIFIKASI TEKNIK

Tipe mesin : 4 langkah SOHC

Pendingin : Udara

Diameter x stroke : 50 x 55,6 mm

Kapasitas : 109,1 cc

Tenaga maksimum : 8,66 dk/7000 rpm

Torsi : 8,42 Nm/5.500 rpm

Kompresi rasio : 9 : 1

Karburator : Keihin venturi 17

Kopling : Basah, diafragma & sentrifugal

Pengapian : DC CDI



Penulis: Aong/GT&AXL (Motor Plus)

» Read More...

Honda Mundur dari F1

Program Pemangkasan Anggaran Tim Mendapat Amunisi Baru Tokyo, Jumat - Honda menyerah. Raksasa pabrikan mobil ini tidak kuat lagi mengongkosi keikutsertaan mereka di ajang Formula Satu. Pengunduran diri disampaikan dalam jumpa pers yang berlangsung dramatis di Tokyo, Jepang, Jumat (5/12). Kini ada tiga pembeli yang siap menjadi pemilik baru tim F1 Honda.
Selain mengumumkan pengunduran diri Honda, CEO Honda Motor Takeo Fukui juga menyampaikan permohonan maaf kepada penggemar, pebalap, staf tim, serta pengelola F1. ”Keputusan sulit ini dibuat dalam situasi muram yang dihadapi industri otomotif dunia, yang dipicu problem kredit perumahan di Amerika Serikat,” ujar Fukui.
Ia menegaskan, musim 2008 adalah musim terakhir Honda di kancah F1. Selain tidak lagi menjadi pemilik tim, Honda juga tidak lagi menyuplai mesin. ”Lima tahun dari sekarang saya kira sejarah akan menunjukkan bahwa kami telah membuat keputusan yang tepat,” kata Fukui.

Honda pertama kali berlomba di ajang F1 pada 1964. Empat tahun kemudian mereka mundur karena ingin memfokuskan diri pada pengembangan mobil penumpang berukuran kecil. Pada 1983-1992 Honda kembali menggeluti F1 sebagai pemasok mesin. Mesin Honda berada di belakang kemenangan Ayrton Senna serta Alain Prost.
Antara 1993 dan 1998 Honda juga menjadi pemasok mesin, bekerja sama dengan Mugen Motorsports. Pada masa itu Honda mempertimbangkan dengan serius kemungkinan untuk kembali tampil sebagai konstruktor.
Pada 2000 Honda memasok mesin kepada tim BAR dan kepada Jordan Grand Prix. Pada 2004 Honda membeli 45 persen saham tim BAR dari British American Tobacco (BAT). Setahun kemudian Honda membeli 55 persen saham sisa sehingga menjadi pemilik tunggal tim BAR.
Mulai 2006 nama tim berubah menjadi tim F1 Honda. Pada tahun yang sama mereka meraih kemenangan lewat Jenson Button di Hongaria. Pada 2007 kinerja Honda anjlok. Dari semula menempati urutan keempat klasemen konstruktor 2006, Honda menutup 2007 di posisi kedelapan. Pada 2008 Honda berada di urutan kesembilan.

Tiga pembeli

CEO Tim F1 Honda Nick Fry optimistis timnya bakal bisa mengikuti musim 2009. ”Dalam 12 jam terakhir, kami memiliki tiga orang yang begitu serius membeli tim,” kata Fry kepada BBC Radio 5.Bos pengelola F1, Bernie Ecclestone, menyatakan, tim Honda adalah tim besar. ”Mereka bakal menembus empat besar pada 2009. Mereka telah menghabiskan banyak uang sehingga bisa mencapai posisi itu. Siapa pun yang ingin terjun ke F1 seharusnya melihat-lihat tim ini untuk dibeli,” katanya.
Mundurnya Honda membuat Federasi Otomobil Internasional (FIA) seperti mendapat amunisi baru dalam menekan tim-tim agar menyetujui usul penyeragaman mesin. Dalam beberapa tahun terakhir, FIA gencar mengusulkan pemangkasan pengeluaran tim. Anggaran tim dinilai terlalu besar dan hampir tidak masuk akal sehingga dapat menjadi bumerang
berupa kebangkrutan tim peserta. (afp/ato)

sumber : KOmpas cetak

» Read More...

Awards 2008 by Mr. Testo

1. The best design kategori sport: Kawasaki Ninja 250
2. The best design kategori bebek: Kanzen Supermoto 120
3. The best design kategori skutik: Suzuki Skywave 125
4. The best performa kategori sport: Yamaha Scorpio Z
5. The best performa kategori bebek: Suzuki Satria F150
6. The best performa kategori skutik: Suzuki Spin 125
7. The best price kategori sport: Suzuki Thunder 125
8. The best price kategori bebek: TVS Neo 110
9. The best price kategori skutik: Kymco Libero
10. The best fitur & teknologi kategori sport: Bajaj Pulsar 180
11. The best fitur & teknologi kategori bebek: Honda Supra X125 PGM-Fi
12. The best fitur & teknologi kategori skutik: Honda Vario
13. The best fuel consumption kategori sport: Honda Megapro
14. The best fuel consumption kategori bebek: Yamaha Vega R
15. The best fuel consumption kategori skutik: Honda Vario
16. Rookie of the Year: Yamaha V-Ixion
17. New Species and Innovative Design: Honda CS-1


sumber : majalah otomotif

» Read More...

Setel Klep Tiger

Alat-alat
1.kunci klep 24 biasa ada 2 ujung, yg gede buat motor sport
2.kunci setelan klep
–>bentuknya L ujungnya ada lubang bentuk kotak tapi ada juga yg pake obeng min buat ngencengin / ngendorin setelan klep
3.kunci ring 10 (buat buka mur pengunci) setelan klep tergantung mur pengunci setelan klep nya pilih yg lekuknya agak dalem biar bisa masuk
4.Feeler Gauge / Puller <15-20rebuan>
Pastikan ini puller buat motor, cek aja, pasti ada ukuran dari 0.03, 0.04, 0.05, ampe 0.10. Klo salah beli suka dapet yg buat mobil, paling kecil 0.05. terus langsung lanjut ke 0.10, 0.15, ga presisi jadinya klo buat motor.
5.Obeng min buat buka tutup magnet n lubang intip klo ga ada bisa pake tank sama ring besi / uang logam
6.Kunci busi buat buka busi
7.Kunci Socket
–> Rata-rata ukuran14
–> buat muter kruk as pas nyari TMA

Langkah-langkah Stel Kelep

1.Pastikan mesin dalam kondisi dingin dan bersihkan dulu bagian yg akan dibuka
2.Buka busi, tutup klep in-out, tutup magnet, tutup lubang intip
3.Cari TMA, putar kruk as berlawanan jarum jam, sambil liat di lubang intip, sesuaiin tanda top di magnet ma di blok mesin. TMA akan dicapai
tepat setelah klep masuk turun sekali, terus pas piston mo naek lagi itu menuju TMA. Buat muter ni kruk as, bisa make kunci socket
4.Ukur renggang klep, coba-coba aja bilah ukur nya. Yg mentok /seret itu dia.
- Klo di luar spek, setel ulang
- Kendorin mur pengunci
- Selipin puller + kencengin / kendorin sesuai keinginan
- Tahan, jangan ampe bergeser, kencengin mur pengunci
- Klo uda, coba ukur lagi, berubah ga? Klo ga berubah
coba diengkol beberapa kali, cari TMA, ukur lagi, harusnya gak berubah, Klo berubah back to step 1.
5.Klo uda semua, pasang balik lagi tutup, dan busi.

sumber : patra.blog.friendster.com

» Read More...

Blog ini di jual senilai 300k.. minat hub 08562954111

Best Artikel

Blog Archive

Powered by Blogger.